9 Manfaat Susu Kental Manis Dibalik Rasanya yang Nikmat

Ada banyak makanan yang sangat lezat dan praktis untuk dikonsumsi langsung memakai sendok seperti madu, selai kacang dan juga susu kental manis. Banyak orang yang beranggapan jika susu kental manis mengandung kadar gula berlebih sehingga tidak boleh dikonsumsi terlalu sering. Mengkonsumsi susu kental manis dengan cara menghabiskan 1 kaleng langsung memang tidak dianjurkan. Namun minuman yang bisa dicampur dengan kopi, kue dan berbagai jenis hidangan ini ternyata juga memiliki beberapa khasiat untuk tubuh meski tidak sebanyak manfaat susu beruang. Selain rasanya yang manis dan gurih serta disukai mulai anak anak dan orang dewasa, ternyata ada beberapa manfaat susu kental manis yang mungkin belum anda ketahui selama ini.

  1. Mendukung Kebutuhan Gizi

Tidak hanya memiliki manfaat kalsium, namun kandungan dalam susu kental manis juga terdiri dari gizi makro serta mikro yang sangat penting untuk tubuh. Gizi makro dalam susu kental manis ini adalah karbohidrat, lemak dan protein. Sedangkan untuk gizi mikro terdiri dari mineral dan vitamin yang bisa anda dapatkan dalam susu kental manis.

  1. Memperbaiki Kualitas Tidur

Mengkonsumsi segala jenis susu sudah dikenal manfaatnya untuk membantu kualitas tidur khususnya jika dikonsumsi malam hari termasuk juga susu kental manis. Kandungan asam amino dalam susu ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh sekaligus efeknya yang bisa dicampurkan dengan berbagai makanan atau minuman.

  1. Mencerahkan Kulit Wajah

Susu kental manis yang digunakan sebagai masker juga sangat baik untuk mencerahkan kulit wajah dan cara penggunaannya juga sangat mudah. Anda hanya perlu membersihkan wajah dan mengoleskan susu kental manis secara merata ke wajah dan didiamkan selama 30 menit. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali seminggu untuk hasil terbaik sebagai salah satu solusi kecantikan kulit.

  1. Mengandung Kalori

Karena susu kental manis mengandung kalori yang sangat tinggi sebab mengandung glukosa. Ternyata susu kental manis juga baik dikonsumsi untuk menambah sumber energi secara instan.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Meski kandungan kalsium dalam susu kental manis tidak sebanyak susu murni atau bubuk, namun kandungan kalsium dalam susu kental manis sudah cukup baik dalam mencerahkan dan menambah nutrisi pada anak.

  1. Mempercepat Regenerasi

Susu kental manis memiliki kandungan protein tinggi yang sangat penting untuk sel sel tubuh. Ini sangat dibutuhkan bagi seseorang yang memiliki regenerasi lambat sehingga dengan minum susu kental manis bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

  1. Mencegah Gangguan Mata

Susu kental manis juga mengandung vitamin A dalam jumlah cukup dimana manfaat vitamin A ini sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit mata seperti miopi hingga penyakit mata serius seperti katarak dan glaukoma.


  1. Mendukung Masa Kehamilan

Susu kental manis mengandung kalsium tinggi yang sangat dibutuhkan dalam masa kehamilan. Selain penting untuk kesehatan tulang dan gigi, kalsium juga sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut dan kuku ibu selama masa kehamilan. Susu kental manis juga mengandung garam fosfat yang penting untuk menstimulasi pembentukan otak janin serta vitamin A dan D yang penting untuk kesehatan pencernaan dan mata janin.

  1. Mengandung Karbohidrat

Karbohidrat tidak hanya bisa didapatkan dari mengkonsumsi nasi putih, roti dan pasta saja, namun juga bisa didapat dengan cara minum susu kental manis. Meski jika terlalu berlebihan tidak baik, namun karbohidrat tetap dibutuhkan tubuh yang nantinya akan diubah menjadi glukosa kemudian diubah kembali menjadi sumber energi agar bisa beraktivitas secara rutin setiap hari.

Meski susu kental manis sebaiknya tidak diberikan pada bayi sebagai pengganti ASI atau susu formula lain, namun tetap ada banyak manfaat susu kental manis bagi orang dewasa jika dikonsumsi tidak berlebihan sebab susu kental manis juga mengandung banyak mineral dan vitamin yang penting bagi tubuh.

, , ,
Oleh :
Kategori : Minuman