6 Manfaat Seni Tari dalam Kehidupan Manusia

Seni tari adalah salah satu jenis kesenian yang memiliki jenis yang sangat beragam, yang pada umumnya mewakili budaya dari daerah tertentu di dunia. Di Indonesia sendiri banyak sekali jenis tari dari berbagai daerah yang menjadi salah satu contoh dari manfaat keberagaman budaya di Indonesia. Dengan menonton pertunjukan seni tari sendiri banyak manfaat yang bisa didapat, apalagi jika terlibat langsung yaitu dengan melakukan seni tari itu sendiri. Nah, di bawah ini merupakan beberapa manfaat seni tari dalam kehidupan baik untuk diri sendiri maupun dalam hidup bermasyarakat:

1. Menjadi media hiburan

Manfaat utama seni tari adalah sebagai media hiburan untuk penontonnya. Apalagi di Indonesia memiliki banyak jenis tarian yang mewakili daerah seperti tari serimpi, tari jaipong, tari bali, tari saman, tari topeng, tari piring dan lain sebagainya. Sampai saat ini pun pertunjukan tari masih banyak digunakan untuk mengisi acara pentas, dari acara formal sampai non formal dengan tujuan untuk menghibur. Tidak hanya tari tradisional saja, tarian modern seperti balet atau breakdance juga

2. Meningkatkan kesehatan tubuh

Melakukan tarian sama saja dengan menggerakkan seluruh bagian tubuh, sehingga memiliki efek yang sama dengan berolahraga. Contohnya saja manfaat tari perut bagi kesehatan yang memiliki metode atau gerakan tari yang bisa memberikan efek langsing dan membentuk tubuh jika dilakukan secara rutin. Manfaat inilah yang membuat melakukan tarian sama saja menjadi salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap fit dan mengingkatkan kesehatan.

3. Sebagai sarana komunikasi

Manfaat seni tari lainnya dalam kehidupan manusia adalah sebagai sarana komunikasi. Sarana komunikasi di sini artinya adalah sebuah tarian memiliki pesan tertentu untuk penontonnya. Misalnya saja untuk tarian daerah yang penarinya menggunakan busana khas, tariannya memiliki gerakan yang khas atau menggunakan peralatan yang khas dari daerah tersebut. Seperti manfaat pameran seni rupa setiap karya seni tari memiliki pesan seperti budaya daerah asal seni tari tersebut, gerakan atau alur tarian yang menceritakan tentang situasi daerah asal tarian dan lain sebagainya.

4. Meningkatkan keseimbangan dan konsentrasi tubuh

Dari gerakan seni tari, selain dapat menyehatkan tubuh juga dapat meningkatkan kemampuan keseimbangan seseorang. Hal ini sama seperti manfaat latihan kelenturan tubuh karena gerakan tertentu dalam suatu tarian, diperlukan kemampuan keseimbangan bagian-bagian tubuh dan konsentrasi baik pada saat menari sendiri maupun melakukan tarian kelompok yang membutuhkan keseimbangan. Contohnya seperti tari buyung atau tarian modern yang melibatkan atraksi tertentu.

5. Memberikan keterampilan secara khusus

Untuk menghasilkan tarian yang baik dan bagus untuk dilihat, seseorang membutuhkan kemampuan tertentu seperti kelenturan atau kegesitan. Apabila seseorang menguasai tarian dan teknik menari, maka secara otomatis orang tersebut memiliki keterampilan khusus. Biasanya orang yang sudah memiliki keterampilan ini bisa melakukan inovasi tarian dan meningkatkan keterampilannya.

6. Sebagai sarana bersosialisasi

Seni tari juga dapat bermanfaat sebagai sarana untuk bersosialisasi dengan orang lain. Untuk mendapatkan manfaat bersosialisasi dengan orang lain adalah ketika melakukan tarian. Khususnya pada tarian yang berkelompok, pasti dibutuhkan kerjasama setiap orang yang ada dalam kelompok tari tersebut agar tarian kompak dan indah. Selain itu, apabila tarian dilakukan untuk kontes maka dapat menjadi media untuk menambah teman dari penari-penari lain dalam kontes tersebut.

Demikian ulasan mengenai beberapa manfaat seni tari untuk kehidupan manusia, semoga bermanfaat.