10 Manfaat Sarang Lebah Madu Untuk Kesehatan Tubuh

Berbicara mengenai lebah madu, pasti terdapat beberapa hal yang terlintas di pikiran. Antara sengatan lebah yang menyakitkan dan membuat bengkak ataupun madunya yang manis dan sangat berkhasiat. Pada dasarnya lebah sendiri adalah hewan yang bermanfaat baik dalam menghasilkan madu dan juga sering dimanfaatkan untuk terapi lebah.

Namun tidak hanya sekedar banyaknya manfaat terapi sengat lebah dan madunya untuk kesehatan, ternyata sarang lebah pun memiliki manfaat yang sangat besar. Nah, artikel pada kali ini akan dibahas mengenai manfaat sarang lebah madu untuk kesehatan tubuh. Simak pembahasannya di bawah ini.

Kandungan sarang lebah madu

Di beberapa daerah, sarang lebah sering diolah dan dikonsumsi menjadi bubur yang enak. Di dalam kandungan sarang lebah terdapat kandungan utama yaitu propolis juga kandungan lain seperti vitamin (A, B kompleks, C, D dan E), bioflavonoid, glukosa, zat besi, biotin dan kandungan nutrisi lain. Di mana beberapa kandungan tersebut menandakan bahwa sarang lebah ini memiliki manfaat yang tidak kalah hebat dengan manfaat madu bagi kesehatan tubuh.

Khasiat sarang lebah madu untuk kesehatan

Setelah mengetahui kandungannya di atas, di bawah ini merupakan beberapa manfaat sarang lebah madu untuk kesehatan tubuh:

  • Menjadi sumber antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas dan menetralkannya, yang mana radikal bebas dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan penuaan dini.
  • Memiliki khasiat sebagai anti bakteri, anti virus dan anti jamur sehingga bisa mencegah tubuh terserang infeksi bakteri, virus dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit seperti tipus, influenza, herpes atau lainnya.
  • Dengan kedua manfaat yang telah dijelaskan di atas, khasiat dari sarang lebah madu secara tidak langsung dapat meningkatkan daya tahan tubuh juga dapat memulihkan sistem imun ketika melemah.
  • Seperti halnya dengan manfaat Jelly Gamat, nutrisi di dalam sarang lebah madu dapat mengatasi pengeluaran prostaglandin yang merupakan hormon penyebab terjadinya peradangan.
  • Kandungan propolis di dalamnya dapat meningkatkan regenerasi pada sel hati, juga peningkatan sistem imun yang dapat memakan sel hati yang telah mati untuk menekan terjadinya pembentukan jaringan parut atau ikat.
  • Kadar insulin yang menurun dapat meningkatkan kenaikan gula darah dalam tubuh, sedangkan kandungan propolis pada sarang lebah madu dapat memicu pankreas untuk memproduksi insulin untuk menstabilkan kadar gula darah.
  • Di samping manfaat lebah bagi manusia dapat dipakai sebagai terapi, propolis yang terkandung dalam sarang lebah madu dapat mengatasi gangguan pencernaan, karena propolis bersifat sensitif terhadap senyawa pilori yang dapat menyebabkan gangguan seperti maag atau gangguan pencernaan lain
  • Propolis merupakan salah satu zat penting dalam penyembuhan penyakit pernapasan yang bersifat kronis, misalnya saja TBC atau asma karena dapat melindungi organ paru juga dapat menekan produksi histamin dalam tubuh.
  • Kandungan vitamin dan bioflavonoid di dalam sarang lebah madu memiliki manfaat seperti manfaat brotowali untuk obat tradisional dan kesehatan, yaitu untuk mempercepat pemulihan luka dengan memicu pembentukan jaringan yang baru.
  • Zat propolis dan berbaga kandungan nutrisi pada sarang lebah madu dapat menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan kerja jantung, sehingga jantung dapat terhindar dari penyakit juga dapat bekerja memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik.

Demikian pembahasan mengenai beberapa manfaat sarang lebah madu untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal