6 Manfaat Terapi Sengat Lebah Untuk Kesehatan

Lebah sangat dikenal karena menghasilkan madu. Khasiat madu lebah sangatlah baik untuk menjaga kesehatan. Banyak masyarakat mengkonsumsi madu yang dihasilkan oleh lebah, karena berbagai kandungan di dalam madu sangatlah baik untuk tubuh. Bahkan, kandungan dalam madu juga dipercaya dapat menghilangkan racun dalam tubuh. Selain menghasilkan madu, lebah juga dikenal sebagai hewan yang dapat digunakan untuk terapi beberapa masalah kesehatan yang dialami. Terapi yang dilakukan dengan memanfaatkan sengatan pada lebah, dan disengatkan pada bagian tubuh manusia, dengan tujuan mengatasi masalah kesehatan.

artikel terkait:

Manfaat Terapi Dengan Sengatan Lebah

Ketika tersengat lebah, atau beberapa jenis hewan lainnya yang memiliki kemampuan menyengat, bagian tubuh yang tersengat biasanya akan melepuh, atau bisa jadi membengkak. Hal ini disebabkan karena biasanya, hewan yang memiliki kemampuan untuk menyengat memiliki racun dalam sengatannya. Akan tetapi, sengatan lebah malah digunakan untuk terapi kesehatan. Sengatan lebah dipercaya dapat membantu mengatasi masalah kesehatan. Terapi lebah atau biasa disebut dengan istilah apitherapy, memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, diantaranya:

  1. Merangsang Kerja Jantung

Sengatan lebah memiliki racun di dalamnya, racun yang ada di dalam sengatan lebah yakni avitoksin. Avitoksin sendiri sebenarnya adalah sejenis zat yang dapat memberikan rasa hangat pada pembuluh darah. Kehangatan pada pembulh darah ini dapat menuju pada jantung, dan menjadikan jantung lebih sehat karena memberikan rangsangan kerja pada jantung.

artikel terkait: manfaat lilin

  1. Mencegah Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arhritis juga disebut dengan peradangan kronis pada sendi, terjadi karena adanya masalah pada bagian persendian, yang terjadi karena beberapa faktor. Peradangan yang terjadi pada sendi tidak hanya dapat diatasi dengan obat anti nyeri sendi, akan tetapi juga dapat diatasi dengan terapi sengat lebah.

artikel terkait: manfaat bawang putih tunggal dan jahe merah

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Apabila mengalami tekanan darah tinggi, dan memang memiliki riwayat darah tinggi, beberapa orang biasanya disarankan untuk mengkonsumsi obat secara rutin agar darah tinggi tidak mudah kambuh. Tidak hanya menggunakan obat, mencegah tekanan darah tinggi juga dapat dengan terapi sengatan lebah.

artikel terkait: manfaat susu campur madu

  1. Mengatasi Penyakit Asma

Pertolongan yang biasa diberikan pada penderita asma ketika kambuh biasanya menggunakan tabung oksigen. Akan tetapi, apabila penyakit asma sering kambuh, penderita penyakit asma akan mudah terhambat aktivitasnya. Untuk mengatasi penyakit asma dapat dilakukan dengan terapi sengat lebah. Racun dalam sengatan lebah dapat membantu membersihkan dahak pada saluran bronkus, sehingga penyakit asmadapat dihindari.

artikel terkait: manfaat sarang tawon


  1. Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala yang sering terjadi sangat mengganggu aktivitas dan dapat menyebabkan badan terasa lesu. Meminum obat sakit kepala terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan. cara lain yang dapat dilakukan yakni dengan terapi sengat lebah. Terapi sengat lebah diyakini dapat mengatasi berbagai jenis nyeri, termasuk nyeri kepala dan berbagai jenis nyeri lainnya.

artikel terkait: manfaat madu bagi pria

  1. Mengatasi Insomnia

Penderita insomnia perlu melakukan terapi sengat lebah ini, terapi sengat lebah dapat membantu penderita insomnia agar mudah tertidur dengan nyenyak. Pasien yang telah melakukan terapi sengat lebah akan mudah tertidur lelap setelah melakukan terapi.

artikel terkait: manfaat madu clover honeymanfaat madu ceng

Sengatan beberapa jenis serangga biasanya dapat menimbulkan efek yang buruk karena mengandung racun di dalam sengatan tersebut. Akan tetapi, sengatan lebah berbeda dengan sengatan serangga lainnya. Sengatan lebah pada bagian yang benar tepat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang terjadi. Racun di dalam sengatan lebah tidak berbahaya, namun baik untuk kesehatan.  Oleh karena itu, banyak penyakit dapat disembuhkan melalui terapi sengat lebah, atau apitherapy.

, ,
Post Date: Sunday 09th, July 2017 / 17:04 Oleh :
Kategori : Solusi Kesehatan