6 Manfaat Parutan Kelapa untuk Memperlezat Makanan

Selain manfaat daun pandan ada pula Manfaat kelapa untuk kesehatan yang sangatlah banyak, belakangan ini telah banyak olahan kelapa yang kita temui, baik itu olahan kelapa mentah maupun olahan kelapa yang telah dicampur dengan berbagai bahan lain. Bahkan ada pula kelapa yang dibuat untuk minuman, jadi tidak hanya makanan saja yang dapat disajikan dari kelapa, tetapi minuman pula dapat disajikan dari buah kelapa ini.

Saking banyaknya khasiat buah kelapa baik untuk kesehatan maupun kecantikan, kali ini kami akan lebih membahas mengenai manfaat buah kelapa yang telah diparut atau manfaat parutan kelapa. Parutan kelapa dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal terutama dalam mengelola makanan. Diantarnaya adalah.

1. Untuk membuat santan

Para ibu tentu tau, untuk mereka yang membutuhkan santan untuk memberikan rasa lezat pada makanan. Santan selain memberikan rasa lezat pada makanan akan membeirkan pula kemudahan bagi mereka yang hendak mengonsumsi nasi. Karena nasi dengan santan lebih enak ketimbang hanya nasi yang diberikan air saja.

Santan ini memberikan rasa gurih pada setiap makanan, biasanya makanan yang diolah dengan santan parut adalah daun ketela, manfaat daun singkong, manfaat tahu tempe, dan beberapa makanan lainnya. Hanya saja makanan ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Mengonsumsi parutan kelapa maupun santan secara berlebihan dapat menyebabkan kolesterol

2. Untuk memperlezat makanan

Makanan dapat lebih tersa lezat apabila menggunakan santan, ketimbang tidak menggunakan santan, makanan akan memiliki citra rasa yang khas ketika ditabuhi parutan kelapa apda makanan tersebut. Parutan kelapa memang sangat enak apabila dicampur dengan makanan. Bukan hanya sayuran, jika kamu tau, klepon atau makanan “jajanan pasar” juga memanfaatkan parutan kelapa untuk membuat klepon memiliki rasa yang enak.

3. Sebagai Krau makanan

Krau artinya mencampur menjadi rata. Seperi halnya bumbu kacang yang dicampur menjadi satu dengan sayuran yang biasan disebut dengna lotek atau pun gado-gado. Tidak berbeda jauh dengan parutan santan yang digunakan untuk mengkrau. Kraunan pada sayuran ini tentu akan terasa enak dan lezat. Bisanya makanan yang memanfaatkan parutan kelapa adalah karedok.

4. Campuran masakan

Baik untuk dicampur dan diambil airnya saja, atau dicampur dengan makanan semuanya sama-sama memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Pada kelapa atau parutan kelapa mengandung minyak di dalamnya. Pantaslah ketika seorang membuat minyak mereka memanfaatkan daging kelapa untuk membuatnya.

Hal ini tenetu menjadi rambu-rambu bagi kalian yang memiliki penyakit kolesterol tinggi, stroke atau trigeselida, mengonsumsi santan terlalu banyak tidak baik karena dapat menimbulkan lemak pada tubuh.

5. Untuk Makan ayam

Biasanya santan perasan yang sudah diperas habis untuk memasak hanya dibuang begitu saja. Jadi mulai besok jangan membuang sisa parutan kelapa begtu saja, karena sisa parutan kelapa ini bisa dimanfaatkan untuk membeirkan makaan pada ayam.


6. Memberikan rasa gurih pada makanan

Gurih dan lezat adalah makanan idaman setiap orang, kadang kala setiap orang membuat makanana itu menjadi gurih dengan santan. Tetapi adapula yang membuatnya gurih karena memberikan micin pada makanan tersebut.

Itulah 6 Manfaat parutan kelapa untuk makanan, baik makanan untuk manusia ataupun makanan untuk hewan seperti yang dijelaskanan pada point ke-5. Dengan adanya parutan kelapa ini memang  pada dasarnya akan dapat membeirkan manfaat untuk kesehatan. Karena pada satu buah kelapa memiliki banyak kandungan manfaat, hal ini tidak menjadi hilang ketika kelapa tersebut diparut.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan