Manfaat Palladium Untuk Berbagai Peralatan Sehari hari

Palladium merupakan unsur kimia pada tabel periodik yang mempunyai lambang Pd. Palladium adalah logam langka berwarna putih berkilauan serta keperakan yang ditemukan William Hyde Wollaston pada tahun 1803. Palladium ini seringkali digunakan dalam elektronik, kedokteran, kedokteran gigi, aplikasi kimia, pemulihan air tanah, perhiasaan dan masih banyak lagi. Palladium adalah logam lunak yang menyerupai platina dengan titik leleh terendah dalam kelompok platina. Palladium ini bersifat lunak dan ulet ketika dipanaskan namun akan menjadi sangat kuat ketika didinginkan. Ada banyak manfaat palladium yang bisa digunakan manusia untuk berbagai kebutuhan dan beberapa diantaranya akan kami jelaskan dalam artikel berikut ini.

  1. Sebagai Perhiasan

Palladium bukan merupakan logam yang padat seperti platinum sehingga perhiasan yang terbuat dari palladium akan lebih ringan hingga 40% dan membuat palladium ini bisa dibentuk dengan pola yang lebih rumit dibandingkan logam lainnya. Cincin yang terbuat dari palladium akan lebih nyaman digunakan dan tidak akan terasa berat jika dibandingkan dengan manfaat emas dan perak.

  1. Sebagai Pelapis

Tidak seperti manfaat emas putih, palladium bisa menciptakan warna putih yang sangat alami. Emas putih terdiri dari nikel, emas dan rhodium plating yang biasa digunakan untuk menutupi logam dengan kilau putih. Namun seiring pemakaian, logam tersebut akan berubah menjadi kuning. Sedangkan palladium bisa mempertahankan warna putih sehingga tidak mudah ternoda.

  1. Tidak Menyebabkan Reaksi Alergi

Pemilik kulit sensitif juga sangat aman menggunakan palladium  karena tidak akan menyebabkan reaksi alergi. Untuk itulah, cincin berbahan dasar palladium banyak dipilih sebagai cincin nikah atau kebutuhan perhiasan lainnya.

  1. Mengurangi Emisi

Di sekitar tahun 1990-an, palladium juga digunakan dalam konverter katalitik untuk mengurangi emisi yang dihasilkan knalpot mobil. Palladium dijadikan sebagai bahan utama sebab lebih efisien untuk menghilangkan hidrokarbon yang tidak terbakar dan sebagian lagi juga dibakar bersama bahan bakar sehingga manfaat kendaraan bermotor bisa digunakan tanpa mencemari lingkungan.

  1. Untuk Peralatan Listrik

Palladium saat ini sudah sangat banyak digunakan untuk berbagai peralatan listrik seperti televisi flat screen atau layar datar, ponsel dan juga komputer. Palladium dibuat dalam bentuk kapasitor keramik multi player kecil yang sudah lebih dari 400 miliar kali dibuat untuk setiap tahunnya.

  1. Sebagai Alat Kedokteran Gigi

Penggunaan palladium tidak hanya sebatas perhiasan saja namun juga digunakan dalam kedokteran gigi seperti untuk pembuatan instrumen bedah. Palladium akan dicampur bersama emas, manfaat perak dan juga tembaga yang bahkan garam palladium juga dipakai dalam elektriolating.

  1. Cracking Minyak Bumi

Dalam bentuk halus seperti yang ada pada palladium karbon, palladium ini bisa membentuk sebuah katalis serbaguna sekaligus mempercepat reaksi dehidrogenasi dan juga hidrogenasi seperti yang ada dalam cracking minyak bumi. Sebagian besar reaksi pembentukan ikatan karbon tersebut dalam minyak organik akan dikatalisis dengan senyawa palladium.

  1. Untuk Bahan Pelapis

Palladium juga sering digunakan dalam bidang elektronika yakni fabrikasi kapasitor keramik multilapisan yang akan menggunakan palladium tersebut untuk elektrode. Palladium yang terkadang dipadukan bersama manfaat nikel juga digunakan untuk menyepuh konektor dalam beberapa produk elektronik dan juga sebagai bahan solder.

  1. Untuk Mengoksidasi Karbon Monoksida

Hidrogen sangat mudah berdifusi dengan palladium yang sudah dipanaskan dimana ada lebih dari 8 manfaat hidrogen bagi kebutuhan sehari hari. Untuk itu palladium bisa digunakan untuk memurnikan gas. Reaktor membran pada palladium akan dipakai dalam produksi hidrogen dengan kemurnian tinggi dan juga menjadi bagian dari elektrode palladium hidrogen dalam studi elektrokimia sekaligus untuk mengoksidasi karbon monoksida dalam jumlah yang besar sehingga dipakai sebagai detektor karbon monoksida.

  1. Untuk Bidang Fotografi

Palladium atau garam platina juga akan digunakan dalam bidang fotografi yakni ketika proses percetakan platinotype untuk membuat cetakan hitam putih yang artistik. Selain itu, palladium juga sering digunakan pada platina untuk menyajikan alternatif perak.

, , ,
Oleh :
Kategori : Hasil Bumi