8 Manfaat Daun Sirsak Untuk Wanita Baik Penyakit dan Kecantikan

Selain bagian buah yang bisa dikonsumsi, daun sirsak juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh khususnya dalam menyembuhkan penyakit. Dalam daun sirsak mengandung acetoginin seperti asimisin, bulatacin dan squamosin. Daun sirsak yang biasa dikonsumsi dalam bentuk teh ini juga mengandung alkaloid, acetogenins, antioksidan serta beberapa jenis vitamin dan mineral seperti vitamin A, B, C, kalsium, kalium, zat besi, anomol dan juga asam gentis. Dari sekian banyak khasiat darun sirsak seperti manfaat daun sirsak untuk tumor, ada juga beberapa manfaat daun sirsak untuk wanita untuk menyembuhkan penyakit ringan hingga kronis seperti yang akan kami ulas berikut ini.

  1. Mencegah Kanker Payudara dan Leher Rahim

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari daun sirsak adalah sebagai solusi kanker khususnya payudara dan leher rahim. Dalam daun sirsak mengandung acetogenins yakni kelompok antibiotik kuat yang bisa membunuh dan menghentikan produksi sel kanker sehingga mutasi gen nantinya bisa dicegah. Selain bisa dikonsumsi untuk mengatasi dua jenis kanker tersebut, daun sirsak juga bisa digunakan untuk mencegah kanker tenggorokan, prostat dan juga leukemia atau kanker darah.

  1. Menurunkan Berat Badan

Dalam daun sirsak juga mengandung sejumlah vitamin B yang sangat penting untuk mengoptimalkan metabolisme. Dengan mengkonsumsi teh daun sirsak secara teratur, maka pembakaran lebih semakin tinggi sekaligus diubah menjadi sumber energi sehingga bisa membantu dalam program penurunan berat badan.

  1. Merawat Kulit

Daun sirsak juga memiliki sifat astringen yang sangat baik digunakan sebagai solusi kecantikan kulit. Daun sirsak bisa mengencangkan kulit dan membuat tampilan pori pori wajah semakin mengecil. Selain itu, daun sirsak juga sangat ampuh untuk mencegah masalah kulit wajah seperti jerawat dan peradangan pori pori karena mengandung sifat antimikroba dari acetogenins sehingga bisa mencegah infeksi menyerang kulit.

  1. Memiliki Senyawa Anti Aging

Manfaat vitamin C tinggi dalam daun sirsak juga sangat membantu untuk menghasilkan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit seperti tanda penuaan dini diantaranya garis halus, keriput dan pigmentasi. Selain itu, mengaplikasikan ampas dari daun sirsak pada wajah juga sangat baik untuk mengangkat sel sel kulit mati pada wajah untuk tampilan kulit yang lebih sempurna.

  1. Mengatasi Kutu Rambut

Tidak hanya berguna untuk menutrisi rambut dan mengatasi beberapa masalah rambut seperti ketombe, rontok, uban prematur dan juga bercabang, namun mengaplikasikan air rebusan daun sirsak pada rambut juga menjadi cara mudah untuk menghambat pertumbuhan parasit seperti kutu rambut tanpa menimbulkan efek samping karena merupakan bahan bahan alami.

  1. Meredakan Nyeri

Para wanita seringkali mengalami masalah seperti radang sendi dan juga rematik yang disebabkan karena kadar asam urat terlalu tinggi. Daun sirsak ini bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit dengan cara yang sangat mudah yakni dengan menghaluskan beberapa lembar daun sirsak kemudian diaplikasikan pada bagian tubuh yang terkena selama 2 kali sehari hingga rasa nyeri tersebut bisa dihilangkan.


  1. Mengatasi Eksim

Daun sirsak juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit kulit lain seperti eksim. Untuk mengatasi eksim, beberapa helai daun sirsak bisa dihaluskan kemudian digosok pada area yang terkena eksim untuk membantu mempercepat proses penyembuhan sekaligus meminimalisir rasa sakit yang ditimbulkan.

  1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Daun sirsak yang mengandung vitamin, mineral dan senyawa anti inflamasi sangat penting untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti kram saat menstruasi, solusi diare, perut kembung, sembelit dan beberapa gangguan pencernaan lainnya. Kandungan kalsium dalam daun ini akan membantu tubuh dalam memanfaatkan zat besi lebih efektif, sedangkan sifat anti mikroba dalam daun ini akan menyeimbangkan mikroflora usus semakin baik untuk mengatasi berbagai gangguan perut tersebut.

Manfaat daun sirsak untuk wanita yang sudah kami berikan diatas bisa dijadikan solusi perawatan herbal baik penyakit dalam maupun penyakit luar atau kulit. Hal yang harus diperhatikan, gunakan daun sirsak ini sesuai dosis dan hanya untuk menyembuhkan penyakit atau masalah kulit saja dan jangan digunakan dalam jangka panjang untuk menghindari efek samping yang bisa ditimbulkan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal