9 Manfaat Minum Teh Sebelum Tidur Untuk Kesehatan

Kebiasaan orang sebelum tidur malam hari berbeda – beda. Ada yang senang membaca buku, menonton televisi, mendengarkan lagu, berolah raga, meneruskan pekerjaan kantor bahkan mengonsumsi berbagai minuman sebelum tidur, salah satunya teh. Banyak orang yang menghindari minum teh sebelum tidur karena takut kandungan kafein didalamnya membuat sulit tidur.

Bagi beberapa orang yang sensitif terhadap kafein atau yang jarang mengonsumsi kafein, hal tersebut bisa jadi benar adanya. Tetapi juga ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa konsumsi teh sebelum tidur justru dapat membuat tidur menjadi  semakin nyenyaksebagai salah satu manfaat teh. Agar tidak menyebabkan sulit tidur, teh yang dikonsumsi sebelum tidur seharusnya memang bukan jenis teh yang mengandung kafein tinggi.

Khasiat Teh Sebelum Tidur

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat minum teh sebelum tidur, maka Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi teh yang rendah kandungan kafeinnya. Contohnya, teh yang berjenis herbal seperti teh hijau. Manfaat minum teh sebelum tidur antara lain:

1. Membuat Anda merasa santai

Teh hijau mengandung asam amino dan L-theanine yang akan membuat otak menjadi rileks dan santai sehingga Anda dapat tidur lebih nyenyak. Senyawa tersebut akan mengurangi kecemasan dan melawan gejala depresi. Anda bisa mencoba manfaat teh barley, manfaat teh asam dan manfaat teh sari murni untuk keseharian.

2. Membasmi kuman

Senyawa katekin yang terkandung dalam teh hijau akan berperan sebagai antioksidan yang kuat. Sehingga semua kuman dan bakteri yang terkandung dalam tubuh bisa dibasmi dengan asupan katekin. Ada juga manfaat teh untuk mata, manfaat teh serai dan manfaat teh daun manggis


3. Meningkatkan metabolisme

Jika metabolisme tubuh meningkat dan berjalan lancar maka akan membantu kita untuk tidur lebih nyenyak. Teh hijau telah dibuktikan dapat meningkatkan metabolisme tubuh jika dikonsumsi secara teratur.

4. Memperkuat daya tahan tubuh

Kandungan polifenol yang didapatkan dari mencoba manfaat teh sebelum tidur dapat mencegah serangan virus yang berbahaya dan mengurangi resiko terkena penyakit flu hingga 75 persen. Polifenol memiliki manfaat anti inflamasi yang tinggi sehingga dapat melawan peradangan pada organ tubuh.

5. Baik untuk pencernaan

Manfaat minum teh hijau sebelum tidur dapat meningkatkan pergerakan usus di pagi hari. Dengan begitu, semua kotoran di usus akan segera dihilangkan sehingga sistem pencernaan menjadi lebih sehat.

6. Menurunkan resiko kanker

Ada satu komponen penting yang terdapat pada teh hijau yaitu EGCG atau epigallocatechin -3-gallate. Senyawa ini dipercaya sangat efektif dalam pencegahan flu dan kanker. Selain itu juga mampu mencegah penyebaran tumor dan angiogenesis  atau penyebaran sel kanker pada pembuluh darah sehingga resiko kanker dapat menurun secara signifikan. Kandungan antioksidan pada teh hijau juga dapat memperbaiki sel tubuh yang rusak sehingga dapat melawan kanker.

7. Meningkatkan fungsi otak

Mengonsumsi teh hijau sebelum tidur akan membantu meningkatkan fungsi otak dan mencegah penyakit demensia serta alzheimer. Penelitian lain mengungkapkan bahwa orang yang minum teh hijau sebelum tidur menunjukkan penurunan signifikan terhadap resiko alzheimer dan parkinson. Kandungan L-Theanine terbukti dapat menurunkan resiko demensia menurut sebuah studi yang dilakukan di Jepang.

8. Mencegah penuaan dini

Mengonsumsi teh hijau akan meningkatkan produksi kolagen sehingga akan memudarkan garis – garis halus dan keriput pada kulit wajah. Teh hijau juga akan membantu dalam proses degenerasi sel – sel kulit sehingga menjadi lebih lambat yang berasal dari kandungan vitamin E didalamnya.

9. Menurunkan resiko penyakit mulut

Manfaat minum teh sebelum tidur berasal dari kandungan katekin yang sangat baik menjaga kesehatan mulut dan mencegah serangan bakteri pada mulut. Selain itu juga dapat mencegah peradangan pada mulut sehingga menurunkan resiko penyakit pada mulut seperti sakit gigi dan penyakit pada gusi.


Jenis Teh Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Selain teh hijau, manfaat minum teh sebelum tidur juga bisa Anda dapatkan dari beberapa jenis teh berikut:

  • Teh Oolong – Teh Oolong dapat membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan kemampuan metabolisme tubuh yang akan memudahkan penguraian lemak. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa konsumsi teh oolong secara teratur akan menurunkan berat badan sebanyak 3 kilogram selama enam minggu.
  • Teh Blueberry – Teh ini dapat menurunkan kadar gula darah dan membantu tubuh untuk beristirahat.
  • Teh Mawar – Teh mawar konon mengandung antioksidan lebih tinggi daripada teh hijau dan bagus untuk dikonsumsi pada malam hari karena tidak mengandung kafein. Selain itu juga bisa membantu melawan masalah sembelit dan peradangan pada perut.
  • Teh Chamomile – Teh chamomile dikaitkan dengan peningkatan kontrol gula darah dan penurunan berat badan, serta membantu tidur agar lebih nyenyak karena dapat meningkatkan kadar glisin pada tubuh.
  • Teh Mint – Komposisi utama dari teh ini adalah daun mint yang dikeringkan sehingga sama sekali tidak mengandung kafein. Rasanya segar dan sedikit manis jika diminum, berguna untuk meredakan sakit perut tetapi bagi Anda yang memiliki penyakit asam lambung maka jangan mengonsumsi teh mint di malam hari.

Untuk mendapatkan manfaat minum teh sebelum tidur, Anda bisa melakukannya sebanyak satu cangkir satu jam sebelum tidur malam. Jangan menambahkan gula pada teh Anda, karena gula tidak akan dicerna dengan baik oleh tubuh jika menjelang tidur malam. Imbangi dengan kebiasaan – kebiasaan sebelum tidur lainnya yang juga dapat menunjang tidur yang lebih nyenyak dan juga asupan makanan bergizi serta manajemen stres yang baik untuk menjaga pikiran tetap santai.

, ,
Oleh :
Kategori : Minuman