7 Manfaat Buah Mahoni untuk Diabetes dalam Menjaga Gula Darah

Dibetes merupakan kondisi dimana seseorang memiliki kadar gula yang tinggi di dalam darahnya. Jika hal ini terjadi aka nada banyak sekali gangguan kesehatan yang akan muncul karena kadar gula yang tinggi dalam darah akan mempengaruhi dan menganggu sistem metabolisme. Jika seseorang sudah didiagnosa menderita diabetes baik itu diabetes tipe 1 atau tipe 2 tidak ada obat yang dapat menyembuhkan kondisi itu kecuali menata ulang gaya hidup untuk menjadi lebih sehat.

Manfaat Buah Mahoni untuk Diabetes

Salah satu terapi herbal yang kebanyakan dilakukan oleh para penderita diabetes adalah dengan cara mengkonsumsi buah mahoni secara teratur. Biasanya buah mahoni dibuat menjadi bubuk yang nantinya akan dikonsumsi sebagai teh herbal. Namun apakah benar manfaat biji buah mahoni memiliki dampak yang positif bagi penderita diabetes?

  1. Buah Mahoni Tinggi Kandungan Antioksidan

Menurut penelitian buah mahoni mengandung flavonoid yang cukup tinggi. Flavonoid merupakan salah satu jenis antioksidan yang memang banyak ditemui pada jenis tanaman herbal termasuk pada biji mahoni. Manfaat antikosidan sendiri yang paling utama adalah untuk menangkan radikal bebas dan pada kasus diabetes, antioksidan membantu mengoptimalkan sistem imun sehingga tidak mudah terkena komplikasi.

  1. Mengandung Anti Inflamasi

Pada penderita diabetes sangat rentan terkena komplikasi dan hal ini biasanya disebabkan oleh peradangan yang muncul akibat tingginya level gula darah. Sebagai sumber antioksidan seperti flavonoid, buah mahoni juga dapat berfungsi sebagai anti inflamasi yang dapat mencegah terjadinya peradangan. Inflamasi juga merupakan salah satu penyebab utama beberapa penyakit kronis.

  1. Dapat Membantu Menjaga Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian sudah menyebutkan bahwa beberapa kandungan aktif yang terkandung dalam biji mahoni dapat membantu menjaga kadar gula darah. Seperti yang disebutkan di atas, tidak ada obat yang dapat menyembuhkan diabetes namun kondisi ini bisa diatasi dengan senantiasa memastikan kadar gula darah tetap normal.

  1. Membantu Menyeimbangkan pH Tubuh

pH tubuh yang tidak seimbang, entah itu terlalu tinggi atau terlalu rendah membuat tubuh menjadi sangat rentan terkena penyakit. Bagi para penderita diabetes memastikan tubuh tidak mudah terkena penyakti dapat mengurangi risiko munculnya masalah komplikasi. Buah mahoni mengandung kandungan alkali tinggi yang dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh secara alami.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Obat-obatan yang dikonsumsi oleh para penderita diabetes untuk memastikan kadar gula darah tetap pada batas normal seringkali menyebabkan seseorang kehilangan nafsu makan. Padahal memastikan tubuh tetap mendapatkan asupan gizi yang seimbang merupakan kunci utama agar sistem imum bekerja optimal. Konsumsilah biji mahoni secara teratur untuk membantu meningkatkan nafsu makan.

  1. Membantu Menjaga Kadar Kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu komplikasi yang seringkali diderita oleh para penderita diabetes. Kondisi ini seperti paket lengkap dimana para penderita diabetes sangar rentan untuk terkena kolesterol. Mengkonsumsi buah mahoni dapat membantu mengurangi risiko terkena kolesterol tinggi.

  1. Mengoptimalkan Peredaran Darah

Selain kolesterol masalah jantung akibat tingginya kadar gula dalam darah juga menjadi komplikasi lanjutan. Jadi tidak heran jika para penderita diabetes sering dikaitkan dengan masalah penyakit jantung. Buah mahoni yang kaya kandungan flavonoid mampu mengoptimalkan peredaran darah dan membantu memaksimalkan fungsi dan kinerja jantung untuk mengurangi risko stroke dan serangan jantung.

Efek Samping dari Buah Mahoni

Secara umum mengkonsumsi buah mahoni secara teratur dengan dosis yang tepat tidak akan menimbulkan efek samping namun ada beberapa poin penting yang juga harus Anda perhatikan jika ingin menambahkan buah mahoni sebagai bagian dari terapi herbal untuk mengatasi masalah diabetes.

  • Rasanya yang pahit bisa membuat mual dan biasanya beberapa orang lebih memilih menambahkan pemanis. Untuk penderita diabetes sebaiknya tidak menambahkan pemanis apapun terutama gula karena akan mengurangi fungsinya. Boleh juga ditambah dengan madu tapi juga tidak boleh terlalu banyak karena walaupun madu merupakan pemanis alami tapi kandungan sukrosanya juga masih dapat memicu naiknya gula darah.
  • Untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil memang dianjurkan untuk mengkonsumsi teh herbal dari biji mahoni secara teratur namun biji mahoni sangat tinggi kandungan saponinnya dan terlalu banyak saponin dapat menyebabkan masalah pada ginjal. Jadi sebaiknya tetap memperhatikan dosisnya agar tidak berlebihan.
  • Kondisi setiap orang berbeda-beda namun di banyak kasus buah mahoni memang terbukti ampuh untuk menurunkan kadar gula darah. Hal ini bisa berbahaya jika Anda mengkonsumsinya bersamaan dengan obat penurun kadar gula darah karena dapat menyebabkan gula darah Anda drop terlalu rendah.

Jika Anda ingin mengoptimalkan manfaat buah mahoni untuk membantu Anda menjaga kadar gula darah Anda sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kondisi Anda dengan dokter untuk memastikan bahwa mengkonsumsi buah mahoni tidak akan membahayakan atau menyebabkan komplikasi tambahan pada kesehatan Anda.