Manfaat Melinjo Bagi Kehidupan

Melinjo. Siapa yang tak kenal dengan biji – bijian yang satu ini? Ya, melinjo merupakan sallah satu jenis biji – bijian yang sudah tidak asing lagi bagi telinga masyarakat indonesia. Melinjo banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu bahan pembuatan makanan yang biasa kita konsumsi, seperti sayu asem, dan masih banyak lagi.

Melinjo sendiri atau juga sering dikenal dengan nama tangkil dalam bahasa Jawa dapat dimanfaatkan biji dan juga daunnya. Melinjo memiliki nama latin Gnetum Gnemon, yang merupakan salah satu jenis tanaman dengan jenis tanaman berbiji terbuka atau gymnospermae. Tanaman ini banyak tersebar di wilayah Asia tropik, malinesia, dan juga Pasifik Barat, termasuk juga di Indonesia.

Khasiat dalam Melinjo

Melinjo sendiri memiliki banyak manfaat, tidak hanya buah atau bijinya saja, namun demikian kayu yang berasal dari batang melinjo, serta daun melinjo itu sendiri pun memiliki manfaat bagi kita. Apa saja manfaat dari melinjo? Berikut ini adalah beberapa manfaat melinjo :

  1. Daunnya untuk Pembuatan Sayur

Di Indonesia, penggunaan dedaunan sebagai bahan untuk membuat makanan sayuran merupakan suatu hal yang lazim dan juga umum untuk dilakukan. Begitu pula dengan daun melinjo. Daun melinjo atau yang dikenal dengan nama daun so ini merupakan salah satu bahan sayran yang banyak digunakan.

Meskipun memiliki daun yang relatif kecil, mirip sepert daun kemangi, namun demikian daun melinjo dapat menciptakan cita rasa yang sedap dan juga nikmat untuk suatu makanan tertentu. Biasanya daun melinjo sering dimanfaatkan sebagai bahan campuran pada berbagai jenis sayuran, seperti sayur asem, gulai, dan juga opor.

Mengkonsumsi sayuran sangat bagus bagi tubuh, seperti pada manfaat sayur pagoda yang dapat mencegah dari berbagai penyakit, manfaat sayur pakis yang penuh akan kandungan gizi untuk nutrisi tubuh, hingga manfaat sayur kailan yang aman aman untuk tubuh tanpa efek samping.

  1. Biji Melinjo untuk Pembuatan Emping

Emping. Siapa yang tidak kenal dengan salah satu makanan asin, gurih, renyah dan juga memilki rasa yang unik ini? ya, emping merupakan salah satu produk yang diolah dengan menggunakan bahan dasar biji melinjo. Untuk membuat emping ini pun sangat mudah. Anda hanya perlu merebus biji melinjo, lalu kupas dari kulitnya. Setelah itu anda hanya tinggal menumbuk biji melinjo hingga menjadi tipis. Setelah biji melinjo menjadi tipis, lalu kemudian jemur hingga mengering, dan bisa anda goeng.

Emping seringkali dimanfaatkan sebagai teman untuk makan, seperti nasi uduk, soto, bakso, pecel sayuran dan juga sebagai camilan atau kudapan di sore hari. Rasanya yang unik ini merupakan salah satu nilai plus tersendiri dari emping, mekipun dinilai dapat menyebabkan munculnya asam urat, karena melinjo merupakan salah satu biji yang memiliki kandungan purin yang tinggi.

  1. Sebagai Bahan Pembuatan Makanan

Tidak hanya bijinya saja, kulit dari melinjo pun tak luput dari pemanfaatan tangan-tangan kreatifitas masyarakat. Biji melinjo bisa menjadi emping dan juga bahan campuran pada sayur, seperti sayur asem. Kulit melinjo pun tak mau kalah. Kulit melinjo saat ini juga sering dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan sayur tumisan kulit melinjo, dengan rasa yang gurih dan juga pedas.

Selain sebagai sayuran dan juga lauk pauk, ternyata kulit melinjo juga dapat diolah menjadi camilan. Kulit melinjo dijemur hingga kering, lalu setelah kering dan kadar airnya berkurang, kulit melinjo dapat anda goreng dengan minyak panas. Ini akan menghasilkan keripik daun melinjo, dengan tekstur yang garing dan juga renyah, serta sangat cocok untuk camilan di saat bosan dan menonton TV.

  1. Sebagai Peralatan Rumah Tangga Sederhana

Tidak mau kalah dengan buah, biji dan juga daunnya, kayu dari batang pohon melinjo pun juga sering dimanfaatkan sebagai perabotan untuk rumah tangga. Meskipun tidak memiliki kualitas yang sama seperti dari pada kayu dari pohon jati dan juga damar, namun demikian kayu dari pohon melinjo sendiri seringkali dimanfaatkan untuk pembuatan perabotan rumah tangga.

Akan tetapi, memang kualitas kayu yang dihasilkan tidak terlalu unggul, dan biasanya hanya dimanfaatkan untuk peralatan rumah tangga sederhana dan kecil saja, seperti papan kayu yang berguna untuk apa saja dalam keperluan rumah tangga. Tidak seperti manfaat kayu jati dan manfaat pohon damar yang selalu menjadi kayu utama dalam semua pembuatan perabotan rumah tangg, namun kayu ini cukup untuk menggantikan kedua kayu dengan kualitas terbaik itu.

Manfaat Melinju untuk Kesehatan

Selain dapat dimanfaatkan sebagai peralatan rumah tangga dan pembuatan sayur – sayuran, ternyata melinjo juga memilki beberapa manfaat bagi kesehatan, seperti:

  1. Antioksidan

Manfaat melinjo bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah sebagai antioksidan alami bagi tubuh kita. Tubuh kita sangat membutuhkan antioksidan. Antioksidan sendiri paling utama memiliki manfaat yang sangat penting untuk membantu mengankal radikal bebas. Radikal bebas itu sendiri dapat menyebabkan munculnya gangguan kesehatan, seperti gangguan pada kesehatan kulit, penuaan dini, dan yang terparah adalah dapat menyebabkan kanker. Jadi dengan mengkonsumsi melinjo, maka anda dapat terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

Selain dapat menangkal radikal bebas, melinjo sebagai antioksidan juga dapat memberikan manfaat penting lainnya. berikut ini adalah beberapa manfaat penting lainnya dari antioksidan yang dihasilkan oleh melinjo :

  • Sebagai pencegah penuaan dini.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas.
  • Mencega infeksi dan juga sariawan.
  1. Antimikroba

Manfaat melinjo bagi kesehatan yang kedua adalah sebagai salah satu jenis makanan yang memilki kandungan antimikroba. Hal ini berarti, melinjo sangat baik untuk membantu mencangkal mikroba-mikroba yang akan masuk ke dalam tubuh kita. Mikroba – mikroba itu sendiri mirip seperti radikal bebas, yang apabila terlalu banyak masuk kedalam tubuh dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Karena itu, untuk menjaga agar mikroba tidak masuk ke dalam tubuh kita, cobalah untuk mengkonsumsi melinjo dengan rutin agar tubuh tetap sehat dan juga segar setiap saat. Tidak berbeda dengan manfaat kapulaga yang banyak mengandung antimikroba yang baik untuk menghambat pertumbuhan mikroba jahat dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat dari melinjo, mulai dari biji, daun, hingga batang kayunya.Semoga artikel mengenai manfaat dari melinjo ini dapat menambah wawasan anda dan juga dapat memberikan manfaat bagi anda semua. Terima kasih.