8 Manfaat Makanan Bergizi Untuk Tubuh – Kesehatan – Kecantikan

Mengkonsumsi makanan bergizi dan terus berkomitmen dengan diet sehat menjadi keputusan paling pintar yang harus dilakukan setiap orang. Tidak hanya bisa membuat perut terasa kenyang, namun makanan bergizi akan membuat seseorang lebih baik sekaligus menghemat biaya kesehatan di masa yang akan datang. Ada banyak makanan bergizi yang bisa dikonsumsi seperti telur, daging tanpa lemak, sayuran, gandum utuh, buah dan juga produk susu. Mengkonsumsi makanan bergizi juga berarti mengurangi makanan yang tinggi akan gula tambahan, lemak jenuh dan juga sodium termasuk seperti makanan cepat saji, soda tinggi kalori, camilan olahan seperti kerupuk dan keripik dan berbagai makanan kurang sehat lainnya. Berikut ini akan kami berikan beberapa manfaat makanan bergizi yang bisa dijadikan alasan tepat untuk mulai menjalani diet yang sehat.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Seperti layaknya kendaraan, otak membutuhkan sumber energi yang berkualitas agar bisa berfungsi secara optimal. Pekerja nantinya bisa meningkatkan fokus saat bekerja ketika memperbaiki pola makan dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi sehingga promosi dan kenaikan gizi juga bisa didapatkan lebih mudah.

  1. Menghemat Uang Untuk Asuransi Kesehatan

Sebenarnya, asuransi kesehatan bukanlah jaminan kesehatan dan tingkat asuransi jiwa atau kesehatan juga sebagian besar didasarkan dengan usia dan juga kesehatan seseorang. Saat anda ingin mendaftarkan asuransi jiwa, maka petugas nantinya juga akan meminta catatan medis dan harus melewati pemeriksaan medis asuransi tersebut. Saat tubuh tidak sehat, maka nantinya biaya yang dibutuhkan juga meningkat menjadi 2 kali lipat. Untuk itu, mengkonsumsi makanan bergizi menjadi jalan terbaik untuk mempertahankan berat badan sebelum anda mendaftarkan asuransi jiwa tersebut.

  1. Meningkatkan Mood

Semua yang dikonsumsi akan berdampak pada otak termasuk bagian yang mengatur suasana hati. Meski memang tidak ada makanan pasti yang berguna sebagai antidepresan, namun mempertahankan gula darah agar tetap stabil dengan mengkonsumsi makanan bergizi akan sangat membantu untuk meningkatkan mood sekaligus juga mengatasi lelah saat beraktivitas. Makanan bergizi seperti biji bijian, sayuran dan buah buahan dihubungkan dengan risiko depresi lebih rendah secara menyeluruh.

  1. Mengatur Berat Badan

Mulai mengkonsumsi makanan bergizi sederhana seperti mengganti soda dengan air putih, memilih sayuran untuk mengganti keripik, mengganti kentang goreng dengan salad tidak hanya bisa menurunkan berat badan namun sekaligus juga menghemat uang. Untuk itu, mengkonsumsi makanan bergizi sebenarnya tidak hanya baik untuk mengontrol berat badan namun juga menghemat pengeluaran anda sehari hari dan bahkan menjadi solusi kecantikan kulit karena semua kandungan baik dalam makanan bergizi.

  1. Meningkatkan Kesehatan

Makan dengan baik yakni mengkonsumsi makanan bergizi sangat baik untuk meningkatkan kesehatan secara menyeluruh dan mengurangi keinginan untuk makan makanan tidak sehat seperti junk food yang rendah akan mikronutrien seperti mineral dan vitamin. Untuk itulah, mengkonsumsi makanan bergizi bisa meningkatkan kesehatan tubuh sekaligus menurunkan risiko rendah terhadap kematian dengan cara mengeluarkan racun dalam tubuh lebih banyak.

  1. Mengurangi Stres

Makan makanan bergizi tertentu seperti makanan yang tinggi protein sangat penting untuk menurunkan tingkat kortisol yang merupakan hormon stres. Untuk itu, mengkonsumsi makanan bergizi bisa memberikan manfaat berbeda baik untuk tubuh dan juga otak sebagai cara untuk mengurangi stress dalam tubuh.


  1. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Insulin merupakan hormon penting yang dibutuhkan untuk metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Penentu dari kadar gula darah paling utama adalah respon indeksi glikemik dari makanan yang dikonsumsi. Untuk itu, mengkonsumsi makanan bergizi sangat baik dilakukan untuk menjaga kestabilan gula darah yang berarti juga sangat baik dilakukan bagi penderita diabetes.

  1. Melindungi Kesehatan Jantung

Makanan bergizi juga berarti menurunkan risiko beberapa jenis penyakit jantung. Mengganti makanan tinggi akan karbohidrat dan lemak jenuh akan menurunkan kadar kolesterol tinggi sehingga nantinya juga bisa menyeimbangkan gula darah sekaligus membantu untuk mencegah berbagai penyakit jantung termasuk obesitas.

Manfaat makanan bergizi akan terus menjadi pilihan makanan terbaik untuk dikonsumsi karena tidak hanya bisa mengenyangkan namun juga mengandung berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh baik pada anak anak atau orang dewasa setiap hari.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.