11 Manfaat Makan Mangga Muda dengan Garam

Sudah menjadi kebiasaan yang lumrah bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati berbagai macam buah mengkal/muda sambil dicocol dengan garam. Salah satu yang menjadi fakvorit adalah makan mangga muda dengan garam. Terlepas dari rasanya yang asam asin ternyata banyak orang yang menyukai cara mengkonsumsi makan seperti ini tanpa mengetahui bahwa ada manfaat makan mangga muda dengan garam.

Manfaat Makan Mangga Muda dengan Garam

Rasa mangga muda yang asam cenderung kelat justru menjadi cita rasa sendiri bagi sebagian orang yang memang penggemar buah mengkal. Ketika dikonsumsi dengan garam rasanya semakin tambah nikmat. Sayangnya tidak banyak orang yang tahu bahwa ternyata juga terdapat manfaat kesehatan dari mengkonsumsi mangga muda dengan garam.

  1. Solusi Alami untuk Diet Penurunan Berat Badan

Jika Anda saat ini sedang menjalani diet penurunan berat badan tidak ada salahnya menambahkan mangga muda sebagai bagian dari cemilan sehat. Karena mangga mengandung kandungan antioksidan, vitamin dan mineral yang baik untuk membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi dan pada waktu yang bersamaan membantu membakar kalori.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Seperti halnya kebanyakan buah-buahan mangga muda juga kaya kandungan vitamin dan sumber antioksidan yang baik. Kombinasi keduanya dapat membantu meningkatkan sistem imun sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit dan ketika sakitpun masa pemulihan bisa dipersingkat.

  1. Baik untuk Kesehatan Hati

Ternyata rasa asam pada mangga muda mengandung zat yang dapat membantu meningkatkan sekresi asam empedu. Hal ini ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan hati.

  1. Kaya Kandungan Vitamin C

Sudah bukan rahasia lagi bahwa mangga sangat kaya manfaat vitamin C. Vitamin C merupakan salah satu vitamin penting bagi tubuh mulai dari meningkatkan sistem imum, mengoptimalkan penyerapan nutrisi sampai membantu menjaga kesehatan kulit.

  1. Mengatasi Masalah Konstipasi

Kandungan serat yang terdapat pada mangga muda lebih tinggi. Jadi tidak heran jika mengkonsumi mangga muda sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah pencernaan diantaranya adalah susah buang air besar atau konstipasi.

  1. Sumber Energi

Mangga selain kaya kandungan vitamin dan manfaat antioksidan juga cukup tinggi kandungan karbohidratnya. Karbohidrat merupakan senyawa penting yang diubah menjadi glukosa yang oleh insulin akan dirubah menjadi sumber energi.

  1. Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Morning sickness bisa sangat menyiksa bagi para ibu yang hamil muda. Mengkonsumi mangga muda yang asam dapat membantu mengatasi rasa mual dan rasa ingin muntah yang lumrah menjadi gejala morning sickness sementara garam membantu untuk menetralisir rasa asam berlebih dari mangga muda.

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Seperti yang sudah disebutkan di atas salah satu manfaat mangga muda untuk kesehatan adalah kaya kandungan vitamin C. Vitamin C membantu mengoptimalkan produksi kolagen yang dapat membantu menjaga elastisitas kulit.

  1. Baik untuk Kesehatan Tulang

Mangga muda menurut penelitian mengandung mineral yang cukup tinggi terutama fosfor dan kalisum. Kombinasi keduanya sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, untuk anak-anak dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan untuk orang dewasa membantu mencegah osteoporosis.

  1. Menjaga Tekanan Darah

Ada beberapa kandungan yang terdapat pada mangga muda yang baik untuk kesehatan jantung. Salah satunya adalah kandungan mineralnya karena ada banyak manfaat kalsium untuk jantung serta kandungan serat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Ketika tekanan darah terjaga pada level normal maka risiko hipertensi dapat diminimalisir seperti serangan jantung dan stroke. Namun yang perlu diperhatikan adalah ketika mengkonsumsi mangga muda dengan garam karena garam dapat meningkatkan risiko hipertensi jika dikonsumsi berlebih.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Mangga muda mengandung kalsium dan fosfor yang tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu ternyata mangga muda juga mengandung zat yang dapat menjaga kesehatan mulut karena dapat membantu mengatasi masalah bau mulut.

Efek Samping dari Makan Mangga Muda dengan Garam

Terlepas dari banyaknya manfaat makan mangga muda dengan garam ternyata ada beberapa efek samping yang perlu Anda waspadai.

  • Mengkonsumsi mangga muda memang baik untuk pencernaan dan dapat mengatasi masalah konstipasi, tapi terlalu banyak mengkonsumi mangga muda dapat menyebabkan diare. Jadi pastikan Anda mengkonsumsinya tidak berlebihan.
  • Walaupun secara umum baik untuk ibu hamil karena dapat mengatasi morning sickness tapi mengkonsumi mangga muda dengan garam bisa menyebabkan diare yang dapat berbahaya bagi ibu hamil. Selain itu kandungan mineral pada garam jika dikonsumsi berlebih dapat menyebabkan inflamasi atau pembengkakan pada kaki.
  • Mengkonsumi mangga memang baik untuk kesehatan tapi terlalu banyak garam juga dapat menyebabkan hipertensi terutama bagi Anda yang memang sudah memiliki masalah darah tinggi.

Selain itu pastikan juga ketika mengkonsumi mangga muda, mangga sudah dipastikan bersih dari kulitnya dan dicuci bersih. Bakteri yang menempel pada mangga muda dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan.