14 Manfaat Jus Mangga Campur Jeruk – Menyegarkan dan Menyehatkan

Saat ini sudah tidak jamannya mengkonsumsi jus buah tanpa campuran. Trendnya saat ini adalah mencampur beberapa jenis buah-buahan untuk menghasilkan jus buah yang lebih kaya rasa serta mengandung lebih banyak manfaat seperti manfaat jus mangga campur jeruk yang harus Anda coba.

Manfaat Jus Mangga Campur Jeruk

Mangga dan jeruk sebenarnya memiliki karakteristik rasa yang hampir sama yaitu manis segar dan sedikit rasa asam. Namun kedua buah tersebut memiliki karakteristik tekstur buah yang sangat berbeda dimana mangga teksturnya berserat sementara jeruk berbulir. Kombinasi keduanya bisa menghasilkan rasa jus buah yang unik dan berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi jus mangga campur jeruk secara teratur.

  1. Kaya Kandungan Antioksidan

Bicara soal manfaat antioksidan selain untuk menangkan radikal bebas, antioksidan berfungsi untuk mengoptimalkan proses regenerasi sel, meningkatkan daya tahan tubuh serta memastikan metabolisme tubuh bekerja secara optimal.

  1. Sumber Vitamin C Alami

Selain sebagai sumber antioksidan, mangga dan jeruk merupakan sumber vitamin C yang alami. Tahukan Anda apa saja manfaat vitamin c bagi kesehatan? Vitamin C selain dapat mengoptimalkan penyerapan nutrisi juga dapat menjaga daya tahan tubuh.

  1. Kaya Serat

Tidak perlu diragunkan lagi bahwa mangga dan jeruk merupakan jenis buah-buahan yang kaya kandungan seratnya. Serat dapat membantu melancarkan pencernaan, mengikat kolesterol jahat dan mengeluarkannya bersama kotoran.

  1. Baik untuk Pencernaan

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, mangga dan jeruk kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan. Serat akan memastikan bahwa sistem pencernaan bekerja optimal, mengikat zat-zat yang tidak penting untuk kemudian dikeluarkan, melancarkan sistem pencernaan sehingga Anda dapat terhindar dari masalah konstipasi.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang baik akan membuat Anda tidak mudah terserang penyakit. Salah satu manfaat jus mangga campur jeruk ketika dikonsumsi saat sakit adalah dapat mempercepat proses pemulihan, terutama bagi Anda yang selalu kehilangan nafsu makan ketika jatuh sakit.

  1. Solusi Sarapan Sehat

Tidak memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan sarapan sehat setiap pagi bukan lagi alasan karena saat ini ada banyak sekali kombinasi buah-buahan yang bisa Anda blender dan konsumsi. Mangga dan jeruk merupakan sumber karbohidrat yang baik sehingga dapat digunakan sebagai sumber energi namun sebagai sumber karbohidrat yang kompleks, mengkonsumsi jus mangga dan jeruk di pagi hari tidak akan membuat ngantuk.

  1. Cocok Bagi Anak yang Tidak Suka Buah

Bagi orang tua yang saat ini memiliki anak yang tidak suka mengkonsumsi buah-buahan mencapur mangga dan jeruk menjadi jus bisa menjadi ide yang cemerlang. Rasa manis dan jeruk tidak akan ditolak oleh anak, teksturnya yang cair juga membuat anak lebih mudah mencernanya, terlebih lagi jika disajikan dengan yogurt kesukaan anak dan dalam keadaan dingin. Orang tua tak perlu lagi cemas mengenai kecukupan nutrisi anak karena mangga dan jeruk sangat kaya akan nutrisi.

  1. Kaya Kandunga Beta Karoten

Warna orange pada mangga dan jeruk merupakan indikator kuat buah kedua jenis buah-buahan tersebut kaya kandungan beta karoten.

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Salah satu manfaat mangga dan jeruk untuk kulit adalah kandungan vitamin C-nya. Vitamin C yang terkandung dalam mangga dan jeruk dapat membantu mengoptimalkan produksi kolagen. Fungsi kolagen sendiri akan senantiasa menjaga kulit tetap terlihat elastis dan jauh lebih mudah.

  1. Mencegah Dehidrasi

Baik mangga atau jeruk memiliki kadar air yang tinggi. Jika dikonsumsi secara teratur terutama di siang hari dapat membantu mencegah dehidrasi. Jika tubuh mengalami dehidrasi, kondisi kelelahan dan mudah pingsan bisa saja terjadi.

  1. Mengoptimalkan Pembakaran Kalori

Mangga dan jeruk mengandung senyawa atau zat yang sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang melakukan diet penurunan berat badan karena kedua jenis buah-buahan tersebut dapat mengoptimalkan pembakaran kalori.

  1. Mencegah Penyakti Kanker

Salah satu manfaat utama antioksidan yang banyak terkandung pada mangga dan jeruk adalah dapat mencegah penyakit kanker dengan cara menangkal radikal bebas yang merupakan faktor utama penyebab terbentuknya sel kanker.

  1. Tinggi Kandungan Zat Besi

Salah satu manfaat mangga bagi kesehatan adalah kandungan zat besinya yang tinggi. Ada banyak sekali manfaat zat besi bagi tubuh diantaranya adalah mengoptimalkan produksi sel darah merah serta mencegah anemia.

  1. Baik untuk Jantung

Serat pada mangga dan jeruk dapat menurunkan level kolesterol darah sehingga dapat menunjang kesehatan jantung karena dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Keuntungan mencampurkan mangga dengan jeruk adalah Anda tidak perlu menambahkan air lagi karena jeruk sudah tinggi kadar airnya. Untuk mengoptimalkan manfaat jus mangga campur jeruk sebaiknya jangan menggunakan air gula ataupun susu kental manis seperti kebanyakan orang ketika membuat jus, sebagai gantinya bisa diganti dengan yoghurt plain yang memiliki manfaat lebih banyak bagi kesehatan.