7 Manfaat Makan Kurma Ganjil Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Kurma merupakan salah satu jenis kudapan yang cukup populer saat memasuki bulan puasa. Kurma bahkan menjadi salah satu menu favorit dikala berbuka maupun sahur saat menjalani ibadah puasa. Karena kebutuhannya yang tinggi dimasyarakat menjadikan buah kurma dapat dengan mudah dijumpai dalam jumlah yang cukup banyak diberbagai tempat seperti pusat pusat perbelanjaan meskipun secara normal buah kurma juga dapat dijumpai pada bulan bulan selain bulan puasa.

Kurma merupakan salah satu buah khas dari timur tengah dengan rasa yang sangat manis sehingga menjadi salah satu menu yang baik dalam berbuka puasa. Sebagai menu favorit saat bulan puasa, kurma merupakan salah satu buah yang ternyata memiliki banyak manfaat bagi kondisi kesehatan bahkan ada banyak keyakinan masyarakat yang menyebutkan bahwa konsumsi kurma dengan jumlah ganjil dapat membantu memberika manfaat yang lebih. Berikut beberapa manfaat makan kurma ganjil yang dijelaskan dalam ulasan di bawah ini.

1. Membantu memberikan energi pada tubuh

Kandungan gula sehat pada buah kurma dapat membantu dalam memberikan kebutuhan energi bagi tubuh selepas menjalani ibadah puasa seharian penuh. Buah kurma yang memiliki rasa manis memang akan membantu tubuh lebih berenergi setelah berpuasa dengan tidak mengkonsumsi makanan maupun minuman apapun. Berbuka puasa menggunakan tiga buah kurma juga menjadi salah satu contoh sunnah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW yang tentunya banyak diikuti oleh kaum muslimin. Meskipun ada manfaat kurma mentah namun jenis kurma yang dikonsumsi untuk buka puasa sebaiknya kurma yang matang.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat makan kurma ganjil baik saat bulan puasa maupun tidak lainnya adalah membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan. Kesehatan pencernaan menjadi point penting yang harus diperhatikan selama menjalani bulan puasa karena tidak adanya makanan dan minuman yang masuk kedalam saluran pencernaan menjadi salah satu hal yang dapat menimbulkan kondisi bermasalah. Dengan mengkonsumsi buah kurma dalam jumlah ganjil pada saat berbuka maupun sahur akan tetap membantu menjaga kesehatan pencernaan dalam tubuh demi ibadah bulan puasa yang berjalan dengan baik.

3. Mengurangi resiko kanker usus besar

Manfaat lainnya dari konsumsi kurma dengan jumlah ganjil adalah membantu mengurangi resiko terjadinya kanker usus besar. Kurma membantu dalam menyehatkan usus besar karena terbukti meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam tubuh dan mencegah munculnya sel kanker sehingga resiko terjadinya kanker pada usus besar dapat dihindari. Kurma juga dipercaya membantu agar setiap sistem pencernaan di dalam tubuh dapat berfungsi dengan normal dan optimal. Dampak positif ini sama halnya dengan manfaat kurma muda.

4. Mengatasi wasir sebagai masalah pada pencernaan

Selain membantu dalam menjaga kondisi kesehatan dan kinerja saluran pencernaan dalam keadaan yang optimal, konsumsi buah kurma ganjil juga dipercaya dapat membantu dalam mengatasi adanya permasalahan pada saluran pencernaan yang salah satunya adalah wasir. Wasir atau ambein merupakan kondisi peradangan pada bagian vena di anus dan dubur yang membengkak. Kurma merupakan salah satu makanan dengan kandungan serat yang tinggi sehingga kerap kali direkomendasikan tenaga medis untuk membantu mengatasi kondisi wasir.

5. Menjaga kesehatan organ penting tubuh

Manfaat lain dari kurma yang dimakan dalam jumlah ganjil secara konsisten lainnya adalah membantu dalam menjaga kondisi kesehatan organ penting tubuh manusia dan mencegah terjadinya berbagai macam penyakit yang dapat berbahaya. Organ penting yang dijaga kesehatannya dengan mengkonsumsi buah kurama adalah jantung sebagai pusat kendali sistem peredaran darah serta otak yang merupakan pusat sistem saraf dan kendali dari tubuh manusia. Selain menjaga kondisi kesehatannya, pencegahan terhadap penyakit berbahaya pada kedua organ penting tersebut juga merupakan dampak positif dari kurma. Penyakit yang dapat dicegah dengan mengonsumsi kurma diantaranya seperti penyakit jantung koroner hingga stroke. Dampak positif tersebut dapat diperoleh dari manfaat rendaman air kurma.


6. Baik untuk proses kehamilan dan persalinan

Selain beberapa manfaat yang disebutkan diatas, dampak positif lain dari konsumsi buah kurma ganjil adalah baik untuk proses kehamilan dan persiapan persalinan. Daam sebuah penelitian menunjukan bahwa konsumsi buah kurma pada 4 minggu terakhir sebelum persalinan terjadi akan membantu mengurangi resiko induksi dan augmentasi persalinan pada ibu hamil maupun mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat saat persalinan. Mengkonsumsi kurma saat hamil juga membantu memenuhi nutrisi selama proses kehamilan. Dampak positif kehamilan dan persalinan dapat diperoleh juga dari manfaat kurma merah.

7. Manfaat kurma lainnya

Beberapa manfaat makan kurma ganjil lainnya yang dapat diperoleh jika melakukannya secara konsisten setiap hari selain manfaat yang disebutkan diatas diantaranya seperti membantu meningkatkan kesehatan otak dan mencerdaskan otak, membantu mengatasi inflamasi, mengurangi tekanan darah, membantu dalam menurunkan berat badan, mencegah impotensi, manfaat kurma untuk anemia, serta meningkatkan kondisi kesehatan pernafasan dan juga mengatasi sembelit pada saluran pencernaan.

Itulah beberapa manfaat makan kurma ganjil yang perlu diperhatikan dengan baik dan benar karena adanya banyak dampak positif bagi kesehatan. Kurma memang merupakan salah satu buah dengan kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan sehingga dapat dikonsumsi sepanjang hari untuk mendapatkan manfaatnya.

 

 

, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan