10 Manfaat Undang Undang Wajib Belajar

Sebagai salah satu negara yang berdaulat, Indonesia haruslah memiliki aturan-aturan yang berlaku dan digunakan untuk mengatur segala bentuk perilaku dan tindakan, serta hak dan kewajiban yang dimiliki oleh warga negaranya. Segala bentuk aturan mengenai hak, kewajiban dan berbagai macam aturan yang mengikat warga negaranya tertuang dalam apa yang disebut dengan Undang-Undang. Undang-undang berisi kumpulan pasal dan juga ayat, yang mengatur segala bentuk apa yang menjadi hak, kewajiban dan juga aturan serta regulasi mengenai banyak aspek hukum yang ada di Indonesia.

Undang-undang yang paling pertama dibuat dan masih digunakan saat ini di negara kita adalah Undang-undang dasar 1945 atau juga dikenal dengan nama UUD 1945. Secara umum, UUD 1945 menjadi acuan dan landasan hukum, serta juga menjadi acuan bagi lembaga legislatif dalam membuat undang – undang baru.

Undang-undang wajib belajar di Indonesia

Berbicara mengenai undang-undang, salah satu undang-undang yang penting bagi warga negara Indonesia adalah undang-undang mengenai pendidikan, terutama mengenai kebijakan wajib belajar. Undang-Undang Wajib belajar sendiri berada di bawah naungan Undang-undang No. 20 Tahun 2003 mengenai sistem pendidikan nasional. Menurut undang-undang, setiap warga negara Indonesia memilki kewajiban untuk menempuh pendidikan selama 9 tahun, yang berarti dijalani mulai dari sekolah dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, pada intinya adalah, setiap warga Negara wajib mengikuti pendidikan dasar selam 9 tahun.

Berikut ini adalah bunyi Bab VII Pasal 34 UU No.20 Tahun 2003 mengenai wajib belajar :

BAB VIII

WAJIB BELAJAR

Pasal 34

(1) Setiap warga negara yang berusia 6 tahun dapat mengikuti program wajib belajar.

(2) Pemerintah dan pemerintah daerah menjamin terselenggaranya wajib belajar minimal pada jenjang pendidikan dasar tanpa memungut biaya.

(3) Wajib belajar merupakan tanggung jawab negara yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat.

(4) Ketentuan mengenai wajib belajar sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ayat (2), dan ayat (3) diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah.

Manfaat Undang undang wajib Belajar di Indonesia

Undang-undang wajib belajar tentunya memiliki banyak sekali manfaat, terutama bagi masyarakat dan juga sistem pendidikan kita. Apa saja manfaat undang undang wajib belajar? Berikut ini adalah beberapa manfaatnya :

1. Menciptakan warga Negara yang cerdas

Ini merupakan salah satu manfaat utama dari pendidikan. Ya, pendidikan, terutama wajib belajar 9 tahun yang dimulai dari tingkatan SD diharapkan mampu untuk menciptakan warga negara yang cerdas dan juga dapat bersaing di dalam era globalisasi seperti saat ini. Hal ini juga dapat mencegah masyarakat Indonesia menjadi tertinggal dari bangsa lainnya.

2. Menciptakan generasi muda yang memiliki pengetahuan luas

Pengetahuan merupakan salah satu gerbang dari ilmu pengetahuan yang dapat berguna bagi setiap insan bangsa. Dengan adanya undang-undang wajib belajar ini, maka segenap insan bangsa akan memperoleh pengetahuan yang maksimal. Hal ini diberikan pada jenjang Sekolah dasar dan juga sekolah menengah pertama.

3. Sebagai landasan dasar dalam menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi

Pendidikan tidak hanya terbatas pada SD, SMP, dan juga SMA. Namun masih ada jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi, yaitu Sarjana, Magister dan Doktor. Semua jenjang pendidikan itu tidak akan pernah bisa digali apabila kita tidak mengikuti jenjang pendidikan SD dan SMP terlebih dahulu.

4. Sebagai modal untuk melamar pekerjaan

Saat ini banyak perusahaan yang menentukan syarat-syarat utama yaitu ijazah. Siapapun itu yang telah mengenyam pendidikan akan lebih mudah untuk melamar pekerjaan.

5. Agar anak bangsa mampu mengenyam pendidikan sekolah dasar dan menengah pertama

Manfaat undang undang wajib belajar adalah agar setiap anak dapat merasakan tingkatan sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama. Hal ini tentunya sejalan dengan tujuan pendidkan, yaitu mencegah terjadinya kondisi dimana seseorang tidak pernah mengenyam tingkat pendidikan sama sekali, yang tentu saja sangat berdampak buruk bagi perkembangan bangsa.

6. Agar menjadi lebih tertarik dengan dunia pendidikan

Program undang-undang wajib belajar ini juga sangat bermanfaat untuk menarik minat dari anak-anak akan dunia pendidikan. Hal ini dapat memberikan pemahaman penting bagi anak-anak akan pentingnya pendidikan bagi, terutama pada pendidikan dasar.

7. Mencegah tindakan kriminalitas yang dilakukan oleh anak-anak

Manfaat undang undang wajib belajar juga dapat membantu mencegah terjadinya tindakan kriminalitas yang dilakukan oleh anak-anak. Hal ini dapat terjadi karena 2 hal, yang pertama adalah karena jam belajar yang tinggi, sehingga anak-anak tidak memperoleh kesempatan untuk melakukan tindakan kejahatan. Kemudian yang kedua adalah karena dalam pendidikan di sekolah, para siswanya diajarkan mengenai moral dan etika, sehingga dapat efektif untuk mencegah kriminalitas.

8. Untuk memajukan sistem pendidikan Indonesia

Sistem pendidikan di Indonesia haruslah terus berkembang dan maju setiap periodenya. Hal ini pun ditunjukkan dengan adanya perubahan pada sistem kurikulum yang mengatur tentang sistem pendidikan tersebut. Hal ini dilakukan untuk membantu meningkatkan dan memajukan sistem pendidikan di Indonesia, agar menjadi lebih baik lagi.

9. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia

Selain dapat memajukan sistem pendidikan di Indonesia, undang-undang wajib belajar juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Terutama kualitas pendidikan dasar dan juga pendidikan menengah agar menjadi semakin baik lagi.

10. Menciptakan generasi penerus bangsa yang berprestasi, bermoral dan berintegritas tinggi

Ini merupakan salah satu manfaat penting dari undang-undang wajib belajar. Dengan adanya undang-undang wajib belajar ini, maka akan dapat membantu sistem pendidikan dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang berprestasi, bermoral, dan juga berintegritas tinggi, serta dapat memajukan kehidupan bernegara dan berbangsa kelak.

Itulah manfaat dari undang-undang wajib belajar yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semua para pembaca.