9 Manfaat Sabut Kelapa Bagi Manusia

Siapa tak mengenal kelapa? Pohon yang menjulang tinggi dan juga memiliki buah yang besar-besar ini merupakan salah satu jenis pohon yang banyak dimanfaatkan. Terutama bagi mereka yang tinggal di daerah tropis yang cenderung lebih panas. Pohon kelapa atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama coconut ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan kita.

Berikut ini adalah beberapa bagian-bagian dari pohon kelapa yang sering dimanfaatkan, selain bagian air dan daging buahnya :

manfaat sabut kelapa

  1. Batok klapa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan arang batok kelapa.
  2. Daun kelapa sering dimanfaatkan sebagai salah satu jenis daun pembungkus makanan
  3. Batang atau ruas dari jari-jari daun kelapa sering dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dasar dalam pembuatan sapu lidi

Tidak hanya manfaat bagian kelapa tersebut, ternyata masih ada satu lagi bagian dari kelapa yang bisa dimanfaatkan, yaitu sabut kelapa. Meskipun merupakan salah satu jenis limbah, namun demikian, manfaat sabut kelapa ternyata digunakan menjadi banyak hal. Apa saja manfaat dari sabut kelapa? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Pembuatan sapu ijuk

Sapu ijuk sepertinya meruapakn salah satu jenis peralatan rumah tangga yang tidak dapat lepas dari kehidupan bersih-bersih dari ibu rumah tangga atapun asisten rumah tangga. Ya, sapu ijuk merupakan salah satu jenis sapu yang salah satunya dibuat dengan menggunakan limbah dari pengolahan kelapa, yaitu sabut kelapa.

Manfaat sabut kelapa yang sudah kering biasanya akan diolah sedemikian rupa. Pada akhirnya nanti akan terbentuk menjadi serabut-serabut tipis, yang diikat dan dijadikan satu menjadi bentuk sapu ijuk, yang sering kita gunakan sehari-harinya.

2. Media pembakaran pengganti kertas

Bagi yang sering membuat arang dari batok kelapa, pasti juga sering memanfaatkan sabut kelapa sebagai salah satu media untuk membakar batok kelapa tersebut. Anda juga dapat melihat kegiatan pemanfaatan sabut kelapa sebagai alat pembakaran ini pada restoran restoran padang sebagai pengganti kertas. Hal ini disebabkan oleh sifat alami dari sabut kelapa itu sendiri yang mudah terbakar dan dapat menghasilkan api yang baik.

3, Pembuatan pupuk organik

Siapa sangka, ternyata manfaat sabut kelapa pun dapat diolah dan juga dimanfaatkan menjadi salah satu jenis pupuk organik. Pupuk organik yang dibuat dengan menggunakan sabut kelapa ini mampu untuk menyimpang air 60% lebih banyak dibandingkan pupuk biasa. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi daerah yang memiliki curah hujan yang rendah atau daerah yang sedang mengalami kekeringan.

Selain itu, sabut kelapa juga emiliki kandungan unsur hara dan juga mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan dari tanaman, sehingga memang sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai salah satu bahan pembuatan pupuk organic.

4. Menetralisir air dan bau semen pada kolam ikan yang bar dibuat

Bagi para pengusaha ikan, baik itu ikan hias maupun ikan ternak yang ditempatkan pada kolam-kolam semen, pastinya sabut kelapa sudah tidak asing lagi di telinga anda. Ya, sabut kelapa sering dimanfaatkan untuk menetralisir kandungan air yang ada pada kolam yang baru selesai dibuat, dan juga digunakan untuk menghilangkan bau semen dari kolam tersebut.

Mengapa? Karena ikan yang langsung dimasukkan ke dalam kolam yang baru dibuat kemungkinan akan mati. Hal ini dikarenakan ikan tidak tahan dengan campuran air dan juga bau semen yang baru.

5. Pembuatan briket ramah lingkungan

Ternyata, sabut kelapa juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk pembuatan briket. Selama ini, yang kita kenal, briket hanyalah terbuat dari batubara, namun demikian, ternyata briket juga dapat diolah da dibuat dari limbah, salah satunya adalah sabut kelapa.

Hal ini tentu saja merupakan suatu penemuan yang menarik, karena selain ramah lingkungan, biaya produksi dari pembuatan briket pun akan jauh lebih murah dibandingkan menggunakan batbara.

6. Pembuatan kerajinan tangan

Indonesia merupakan salah satu Negara dengan berbagai macam suku bangsa. Dengan berbagai macam suku bangsa ini pulalah, Indonesia juga memiliki berbagai macam jenis kerajinan tangan yang unuik dan juga menarik. Salah satu kerajinan tangan yang menarik adalah pemanfaatkan sabut kelapa yang dibuat menjadi bentuk tas, dompet, dan juga bentuk – bentuk hiasan dan pajangan.

7. Pembuatan coco net

Coco net merupakan salah satu bentuk olahan dari manfaat sabut kelapa yang berbentuk seperti jaring-jaring. Coco net ini biasanya dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya longsor pada daerah yang memiliki undakan, sehingga dapat meminimalisir terjadinya bencana longsor pada suatu daerah.

8. Sebagai bahan baki spring bed dan juga jok

Bagi anda yang mungkin belum tahu, beberapa jenis jok dan juga spring bed alias tempat tidur dibuat dengan menggunakan bahan dasar yang diolah dari sabut kelapa. Ya, sabut kelapa terlebiih dahulu diolah menjadi coco fiber yang berupa serat-serat sabut kelapa.

Kemudian menjadi satu dengan bentuk lembaran, untuk kemudian disupplai ke pabrik jok mobil ataupun pabrik spring bed untuk kemudian dijual ke pasaran.

9. Pembuatan keset

Manfaat lainnya dari sabut kelapa yang perlu anda ketahui, dan mungkin juga sudah anda ketahui adalah dimanfaatkan sebagai pembuatan keset. Keset ini memilikki bahan baku yang hampir sama dengan sapu ijuk dan juga coco fiber. Biasanya keset dari sabut kelapa ii diletakkan diluar rumah.

Kelapa merupakan salah satu jenis buah-buahan tropis yang sangat terkenal akan manfaatnya bagi manusia dan juga hewan. Air dari buah kelapa dapat bermanfaat sebagai salah satu media penyegaran, dan dapat mengganti cairan dalam tubuh yang telah hilang akibat beraktivitas seharian. Hampir semua bagian dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan oleh keperluan tertentu, karena itu, kelapa merupakan salah satu jenis pohon yang multi fungsi. Hal ini tidak pernah lepas dari kehidupan masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal di pesisir pantai.

Nah, itulah beberapa manfaat sabut kelapa yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan