6 Manfaat Laporan Audit Keuangan bagi Perusahaan

Di dalam melakukan sebuah usaha, laporan keuangan sangat diperlukan untuk mengawasi bagaimana keuanganan di dalam perusahaan berjalan. Apalagi pada perusahaan besar di mana perputaran uang perusahaan memiliki skala lebih besar yang memerlukan sistem pengawasan yang jelas. Untuk itu sebuah perusahaan harus menggunakan manfaat laporan keuangan bagi perusahaan, agar informasi mengenai bagaimana sistem keuangan di perusahaan berjalan dan yang terjadi di lapangan sebenarnya.

Di samping itu, untuk memastikan kewajaran pada laporan keuangan perusahaan diperlukan sebuah audit. Audit merupakan sebuah pemeriksaan yang dilakukan secara sistematis yang biasanya akan dilakukan oleh pihak eksternal, untuk memeriksa laporan keuangan yang sudah disusun oleh manajemen perusahaan. Kegiatan ini akan menghasilkan laporan audit yang berisikan evaluasi tentang asersi mengenai bermacam-macam kegiatan ekonomi perusahaan, yang kemudian dibandingkan kesesuaian asersi satu sama lain.

Sehingga setelah artikel sebelumnya membahas tentang manfaat laporan laba rugi bagi perusahaan, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai manfaat laporan audit keuangan bagi perusahaan, seperti berikut ini:

  • Dengan adanya audit menunjukkan bahwa laporan keuangan yang telah disusun sudah diperiksa kewajarannya, sehingga dapat dicegah terjadinya kesalahan atau kecurangan dalam keuangan baik yang disengaja maupun tidak disengaja.
  • Setelah melewati proses audit, bagi pengguna yang membutuhkan laporan keuangan perusahaan akan yakin dan tidak akan meragukan adanya kesalahan dalam penyajian karena telah disesuaikan dengan standar akuntansi.
  • Adanya laporan audit menandakan bahwa perusahaan telah dipercaya dan telah dinilai oleh lembaga pajak maupun perpajakan, jika dibandingkan dengan perusahaan yang belum menggunakan manfaat akuntansi alias belum melakukan audit.
  • Dengan laporan audit terhadap laporan keuangan, para investor maupun kreditor akan menganggap perusahaan memiliki integritas pada laporan keuangannya dengan penyajian yang benar dan mumpuni.
  • Salah satu manfaat laporan audit yang utama adalah untuk dijadikan dasar atau landasan yang dapat dipercaya, digunakan ketika pelaporan pajak maupun laporan mengenai keuangan perusahaan lainnya yang perlu dilaporkan kepada pemerintah.
  • Laporan audit terhadap keuangan perusahaan juga menyediakan informasi mengenai perbandingan antara anggaran perusahaan dengan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan termasuk di dalamnya manfaat biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan.

Beberapa poin yang terurai di atas merupakan beberapa manfaat yang bisa diperoleh perusahaan dengan adanya laporan audit keuangan. Di samping itu, ada beberapa jenis audit lain yang tidak kalah penting untuk perusahaan, antara lain adalah:

  • Audit operasional: merupakan penelaahan yang dilakukan terhadap prosedur hingga metode yang digunakan perusahaan dalam menjalankan usahanya.
  • Audit ketaatan: yang digunakan untuk mengetahui apakah perusahaan telah menerapkan peraturan atau metode tertentu yang telah ditetapkan oleh pihak dengan kewenangan yang lebih tinggi.
  • Audit khusus: adalah audit yang bersifat terbatas dilakukan apabila perusahaan meminta audit khusus misalnya terhadap divisi keuangan khusus yang menangani laporan pengeluaran kas.
  • Audit kinerja: biasanya dilakukan oleh instansi pemerintah untuk mengetahui kegiatan yang ditetapkan apakah telah dijalankan secara ekonomis, efektif dan efisien sesuai dengan peraturan perundangan.

Jadi pada dasarnya laporan audit juga dapat mempengaruhi agar perusahaan memperoleh manfaat membuka usaha untuk mendapatkan keuntungan besar, mencegah terjadinya kecurangan dalam keuangan perusahaan dan juga laporan keuangan telah terjamin kredibilitasnya. Demikian informasi mengenai berbagai manfaat laporan audit terhadap laporan keuangan bagi perusahaan maupun bagi pihak terkait yang membutuhkan laporan tersebut.