Inilah 5 Manfaat Tanah Berpasir Bagi Kehidupan

Tanah merupakan lapisan bumi paling luar yang berasal dari suatu proses pelapukan yang berjalan berjuta juta tahun lamanya. Tanah memiliki bermacam-macam tekstur maupun kepadatan karena memiliki perbedaan kombinasi bahan dan mineral di dalamnya, sehingga dengan ini tanah juga memiliki berbagai macam jenis dan peruntukan.

Ada beberapa jenis tanah yaitu tanah liat, tanah humus, tanah berpasir, tanah kapur dan lain sebagainya yang memiliki manfaat berbeda satu sama lain. Jika sebelumnya sudah dibahas mengenai manfaat tanah kapur, pada kali ini akan dibahas mengenai manfaat dari tanah berpasir beserta penjelasannya.

Tanah berpasir merupakan jenis tanah berpatikel besar, yang memiliki komposisi batuan beku dan batuan sedimen dengan tekstur kasar yang menyerupai kerikil. Di Indonesia, tanah berpasir biasanya ada di daerah pegunungan bercampur dengan abu vulkanik dan di daerah pantai. Nah, di bawah ini adalah beberapa manfaat tanah berpasir yang bisa diperoleh, antara lain:

1. Digunakan sebagai lahan pertanian

Pada dasarnya, tanah berpasir adalah tanah yang kurang cocok untuk ditanami tumbuhan karena memiliki kesuburan yang rendah. Namun tanah berpasir yang berada di daerah pegunungan biasanya memiliki manfaat tanah subur karena telah bercampur dengan abu vulkanik, cocok untuk lahan pertanian. Biasanya tanah berpasir akan diolah dengan teknik pengolahan untuk meningkatkan kesuburannya agar bisa dipakai menjadi lahan pertanian yang produktif.

2. Dimanfaatkan untuk tanah urugan

Di samping dapat diolah dan dimanfaatkan seperti manfaat tanah gambut untuk pertanian, tanah berpasir juga sering digunakan sebagai tanah urugan. Tanah urugan adalah tanah yang dipindahkan dan dari satu tempat ke tempat lain yang perlu diurug. Hal ini biasanya dilakukan untuk meninggikan posisi tanah termasuk di dalamnya pertanian, pembangunan dan lainnya.

3. Dipakai sebagai campuran membuat pondasi

Dengan tekstur tanah berpasir yang mirip dengan kerikil, salah satu manfaat tanah berpasir yang bisa diperoleh lainnya adalah digunakan campuran ke dalam adonan pembuatan pondasi bangunan. Hal ini disebabkan karena tanah berpasir dapat bercampur secara merata dengan adonan semen yang digunakan, sehingga tanah berpasir menjadi salah satu bahan tambahan adonan yang efektif.

4. Meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir

Jika pada umumnya masyarakat pesisir memanfaatkan kekayaan laut sebagai sumber mata pencaharian, masyarakat bisa memaksimalkan potensi tanah berpasir dengan mengolah tanah berpasir melalui penambahan kondisioner. Dengan begitu tanah berpasir dapat mendapatkan lahan pertanian baru karena telah ditambahkan manfaat unsur hara bagi tanaman, sehingga pemanfaatannya bisa semakin efektif dan efisien.

5. Digunakan untuk budidaya ikan

Di samping dioptimalkan sebagai lahan pertanian, area tanah berpasir di sekitar pesisir pantai biasanya juga dimanfaatkan untuk beternak ikan atau udang. Pada umumnya masyarakat pesisir pantai akan membuat kolam untuk budidaya ikan atau tambak untuk membudidayakan ikan. Sehingga untuk mendapatkan sumber daya laut lebih tidak hanya melaut setiap hari, namun juga bisa dengan membuat tambak atau kolam agar panen yang diperoleh lebih maksimal.

Jadi dapat disimpulkan untuk menggunakan tanah pasir agar lebih bermanfaat, bisa ditambahkan zat-zat tertentu untuk membenahi struktur tanah agar kesuburannya semakin meningkat. Dengan begitu tanah pasir bisa dioptimalkan dengan baik, juga meningkatkan manfaat tanah bagi . Demikian informasi mengenai beberapa manfaat tanah berpasir di dalam kehidupan manusia yang perlu diketahui, semoga bermanfaat.