5 Manfaat Labu Siam untuk Kolesterol yang Belum Diketahui

Bagi anda yang menggemari masakan tradisional Indonesia pastinya tahu dengan salah satu bahan makanan yang satu ini. yaitu labu siam yang berbeda jika anda melihat manfaat buah xiang li, biasanya di pasaran labu siam digolongkan dalam jenis sayur- sayuran. Di pasaran sendiri banyak orang mengenal labu siam dengan berbagai nama mulai dari gondes hingga manisah. Labu siam sendiri merupakan salah satu jenis labu- Labuan walaupun bisa dibilang sangat berbeda dengan labu jenis lainnya. Tidak hanya dilihat dari segi bentuknya begitupun dengan rasanya.

Jika biasanya anda menjumpai labu yang cenderung berbentuk bulat menyerupai bola, berbeda dengan labu siam yang memiliki bentuk lebih lonjog walaupun memang unjungnya cenderung membulat dan lebih besar disbanding dengan pangkalnya. Di Indonesia sendiri labu siam memiliki harga yang terbilang sangat ekonomis namun banyak sekali penggemarnya, karena ini pula banyak sekali orang lebih suka menanam labu siam dan menjualnya dipasar. Tidak hanya bisa dijumpai di pasar tradisional saja, labu siam nyatanya banyak juga ditemui di supermarket hingga mall.

Tidak hanya karena harga yang ekonomis saja berbeda jika anda melihat manfaat labu siam untuk diet, labu siam memiliki rasa yang lezat. Banyak orang lebih suka mengolahnya menjadi aneka menu berupa sayur pedas, sebagai pemanis tak jarang orang menambahkan potongan daging ataupun udang. Selain itu, ternyata labu siam memiliki banyak sekali kandungan nutrisi. Dan bisa dibilang bahwa kandungan nutrisi labu siam sangat lengkap sehingga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anda sehari- hari. Adapun rincian mengenai kandungan nutrisi dari labu siam.

Kandungan Nutrisi Labu Siam

  • Kalori
  • Natrium
  • Kalium
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Glukosa
  • Protein
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Vitamin A, B6, B12, C dan D

Dengan banyaknya kandungan nutrisi dari labu siam di atas maka tak heran jika jenis labu yang satu ini selain banyak digemari juga menyimpan banyak sekali manfaat. Bagi anda yang belum tahu mengenai labu siam, labu siam memiliki ciri berwarna hijau tua saat muda dan akan berwarna hijau muda atau hijau terang saat siap panen. Salah satu manfaat dari labu siam yaitu untuk kolesterol. Bagi anda yang penasaran mengenai apa saja manfaat labu siam bagi orang yang memiliki riwayat gangguan kolesterol berbeda dengan manfaat labu putih untuk tipes, berikut penjelasannya.

Manfaat Labu Siam untuk Kolesterol

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Tingginya kadar kolesterol tentunya sangat berbahaya terlebih bagi anda yang sering mengkonsumsi makanan berlemak. Tingginya kadar kolesterol jika tidak diatasi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Tidak hanya itu biasanya kadar kolesterol tinggi dapat menimbulkan pusing, untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi labu siam. Anda bisa membuatnya menjadi jus dan minum sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

  1. Menjaga Kestabilan Kadar Kolesterol

Tidak hanya dapat menurunkan kadar kolesterol dengan efektif berbeda dengan manfaat full day school, labu siam juga dapat membuat kadar kolesterol dalam tubuh menjadi lebih stabil. Ini tentunya sangat bermanfaat bagi anda yang sering mengalami ketidakstabilan kadar kolesterol. Anda dapat minum jus labu siam atau perasan air labu siam secara berkala selain dapat menjaga kestabilan juga mencegah tingginya kadar kolesterol anda.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Tingginya kadar kolesterol dalam darah juga mampu membuat peredaran darah anda jadi tidak lancar. Sehingga tak jarang juga ketika anda mengalami tingginya kadar kolesterol anda sering merasa kesemutan ataupun kram. Tentunya ini sangat berbahaya jika dibiarkan rasa kram juga dapat menimbnulkan nyeri. Untuk itu anda bisa mengatasinya dengan minum jus labu siam, agar rasanya tidak tawar anda bisa menambahkan sedikit madu sebagai penambah rasa.

  1. Mencegah Jantung koroner

Salah satu penyakit yang dihasilkan oleh sering naiknya kadar kolesterol dalam tubuh yaitu jantung koroner. Tentunya ini bukan penyakit ringan, jantung koroner merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang sering dialami orang pengidap kolesterol akut. Untuk itu anda bisa melakukan pencegahan dengan mengkonsumsi labu siam secara rutin, ada berbagai cara untuk mengkonsumsinya. adan tidak harus minum jus labu siam ataupun air perasan labu siam. Anda bisa mengolahnya menjadi masakan yang tidak digoreng berbeda dengan manfaat filsafat ilmu, akan lebih sehat jika anda mengukusnya.

  1. Membersihkan Darah Dari Lemak

Dalam kasusnya jika kadar kolesterol anda tinggi dan dibiarkan begitu saja, tidak hanya dapat membuat peredaran darah jadi tidak lancar. Pada beberapakasus darah akan terkontaminasi oleh lemak yang dapat menjadi kerak di dalam darah sehingga dapat menyumbat beberapa saluran darah. Tentunya jika ini dibiarkan begitu saja, darah dapat tersumbat di beberapa titik tertentu dan ini sangat berbahaya. Untuk itu anda bisa mengkonsumsi labu siam secara rutin.

Itulah berbagai manfaat dari labu siam yang sangat baik untuk kesehatan anda terutama bagi anda yang memiliki masalah dengan kadar kolesterol. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda.