13 Manfaat Kurma Muda Busuk bagi Kesuburan dan Kesehatan Tubuh

Kurma Buah dengan rasa manis yang selalu ada dalam hidangan pembuka saat bulan ramadhan merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Kurma yang beredar di indonesia merupakan jenis kurma import dengan beragam jenis kurma dari beberapa negara. Jenis kurma yang populer di masyarakat adalah kurma kering. Kurma kering bisa di dapatkan dengan mudah di pasar atau di toko buah. Di sisi lain ada juga kurma yang dikenal memiliki banyak manfaat yaitu kurma muda.

Kurma muda memiliki ciri buah kurma yang masih segar dan setengah matang. Sehingga dapat terlihat perbedaan warna kurma muda. Secara umum Kurma muda masih belum banyak dikenal karena hanya bisa di temui di toko buah besar maupun toko kurma khusus.

Berikut manfaat yang bisa didapat apabila mengonsumsi kurma muda

  1. Meningkatkan kesuburan

Program hamil atau program khusus dilakukan untuk pasangan suami istri yang mneginginkan momongan akan tetapi memiliki kendala – kendala tertentu sehingga mengikuti program ini. Program hamil  mengharuskan pasangan melakukan kegiatan tertentu maupun mengkonsumsi bahan tertentu salah satunya kurma muda. Kurma muda dikenal dengan manfaat untuk meningkatkan kesuburan reproduksi wanita, sehingga cocok untuk program hamil.

Kurma muda memiliki kandungan Hormon botosin yang memiliki peran penting dalam menaikan gerakan peristaltik di dalam pembuluh darah dan uterus (rahim) pada wanita, sehingga dengan ini  kurma muda dapat meningkatkan kesuburan.

     2. Melancarkan Peredaran darah

manfaat kurma muda selanjutnya yaitu melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar akan membuat tubuh lebih sehat. Kurma muda juga dapat mencegah terjadinya pendarahan pada ibu hamil. Pendarahan sehingga menyebabkan keguguran merupakan resiko yang rentan terjadi pada ibu hamil. konsumsi secara teratur kurma muda saat hamil akan mendatangkan manfaat  saat mengandung dan persalinan.

     3.Memperlancar proses persalinan

Masih dalam manfaat yang sama Kurma muda memiliki kandungan oksitosin yang dapat memicu kontraksi pada dinding rahim sehingga proses persalinan dapat berjalan lancar serta membantu proses pemberhentian pendarahan saat persalinan.

      4. Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang ganas apabila tidak ditangani dengan serius. Pertumbuhan kanker bisa dihambat dengan mengonsumsi kurma muda busuk. Kurma muda mengandung Vitamin A yang tinggi serta sumber antioksidan kedua zat inilah yang dapat membuat pertumbuhan sel kanker terhambat. Alternatif pencegahan kanker dengan kurma muda ini merupakan cara yang mudah dan efisien, selain itu rasa dari kurma muda juga enak.

      5. Meredakan Sembelit

Sembelit sering membuat tubuh menjadi tidak enak sebab kotoran di dalam tubuh tidak dapat dikeluarkan dengan baik. Sembelit ditandai dengan susah buang air besar. Sembelit akibat konsumsi makanan kurang serat dapat diatasi dengan memakan kurma muda busuk. Kurma muda ini mengandung manfaat serat yang tinggi sehingga akan membantu pencernaan bekerja dengan baik. Kebutuhan serat juga akan terpenuhi serta membantu proses detoksifikasi tubuh sebab kurma muda busuk kaya akan antioksidan.

       6. Mengontrol Tekanan darah

Tekanan darah apabila tidak normal maka akan membuat gejala gangguan kesehatan seperti Tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi  Terkadang gangguan pada tekanan darah tidak terasa akan tetapi bila tidak di cegah dengan pola hidup sehat dapat menyebabkan penyakit yang parah. Konsumsi buah kurma muda akan membantu dalam mengontrol tekanan darah, anda bisa mengganti camilan dengan menggunakan kurma muda.

      7. Menjaga Kesehatan kulit

Kulit yang sehat terawat terlihat halus dan cerah merupakan dambaan setiap orang. Keadaan iklim tropis indonesia dengan sinar matahari yang selalu ada sepanjang tahun terkadang membuat maslah pada kulit seperti kulit kering dan kusam. Kulit yang sering terpapar sinar matahari akan cenderung terbakar dan akan berubah menjadi kusam akibat kegiatan pigmentasi kulit serta paparan sinar matahari yang mengandung sinar Ultraviolet. Apabila terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan masalah kulit akibat radiasi sinar UV yang bisa memicu timbulnya kanker. Mengonsumsi kurma muda busuk secara rutin dapat menjaga kesehatan kulit dari dalam.

8. Mengatasi Anemia

Anemia sebagai gangguan kekurangan darah merah pada tubuh yang membuat penderitanya mengalami tanda – tanda lemah, lesu, lunglai, letih,lalai, atau 5L. Kurangnya supply darah keotak merupakan alasan mengapa penderita anemia akan mengalami gejala 5L. Kurma muda busuk yang memiliki sifat yang dapat memperlancar peredaran darah juga memiliki manfaat dalam mengatasi anemia sebab kurma muda ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Apabila tubuh telah cukup mendapat zat besi maka tanda anemia sudah tak lagi muncul.

9. Mencegah Stroke

Stroke terjadi akibat kurangnya supply darah ke otak sebab terjadi penyumbatan pada peredaran darah karena penumpukan lemak dalam darah serta terdapat pembuluh darah yang pecah. Kurma muda dapat membantu mencegah terjadinya stroke sebab kurma muda busuk membantu memperlancar peredaran darah sehingga aliran darah tetap lancar dan supply darah ke otak menjadi normal.

  10. Menjaga kesehatan Mata

Kesehatan Mata adalah aset yang berharga sebab mata yang sehat dapat melakukan penglihatan objek jauh dengan baik hingga batas pembesaran normal, akan tetapi jika mengalami rabun jauh jarak penglihatan akan pendek dan objek jauh akan terlihat blur. Gangguan penglihatan umumnya dialami oleh faktor kebiasan buruk serta kurangnya asupan gizi dalam makanan untuk kesehatan mata. Kekurangan Vitamin a juga mempengaruhi kesehatan mata sehingga mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan seperti kurma muda. Kurma muda memiliki kandungan vitamin A dan antioksidan yang baik untuk kesehatan mata dan terapi penyembuhan gangguan penglihatan.

11. Menjaga Kesehatan Tulang

Kurma muda mengandung banyak vitamin dan mineral. Kandungan mineral yang ada pada kurma muda membuatnya bagus untuk menjaga kesehatan serta memperkuat tulang. Kurma muda juga dapat membantu untuk melemahkan penyakit osteoporosis. Kandungan mangan,  selenium, tembaga, dan magnesium pada kurma yang menjadikan buah ini baik untuk tulang. Apabila kesehatan tulang terawat sejak dini maka dapat mencegah gangguan tulang osteoporosis di masa mendatang dan menjadikan anda orang yang lebih aktif bergerak sebab tidak ada masalah dengan tulang anda.

  12. Menambah energi

Kurma muda dan kurma kering biasa memiliki kandungan gula alami, kandungan gula pada kurma dapat menambah energi dalam tubuh. Kurma mengandung gula alami. Hal ini bisa menjadi referensi bagi anda yang terkadang merasa lelah namun tidak ingin makan banyak atau hanya ingin memakan camilan, maka jadikanlah kurma muda sebagai camilan.

  13. Memperlancar ASI

Kurma muda memiliki banyak khasiat untuk ibu hamil hingga menyusui, jika sebelumnya kurma muda memiliki manfaat untuk melancarkan proses persalinan dan membantu menghentikan pendarahan kurma muda juga dipercaya dapat memperlancar keluarnya Air susu ibu. Kurma muda dapat digunakan sebagai pengganti jamu daun kathuk karena kandungan oksitosin yang membantu pelancaran air susu ibu.

Demikian manfaat kurma muda busuk bagi kesehatan. Jangan ragu untuk menggunakan kurma muda sebagai camilan kesehatan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan