8 Manfaat Kuning Telur Bebek Bagi Tubuh

Telur bebek atau telur asin saat ini sedang menjadi makanan yang digemari terutama dalam bentuk saus telur asin  sehingga banyak menu makanan yang menggunakan bahan tersebut. Kandungan gizi telur bebek lebih banyak daripada jenis telur lainnya, sehingga lebih banyak digunakan sebagai bahan makanan dan pengobatan. Kuning telur bebek berukuran lebih besar dari kuning telur ayam dan warnanya juga lebih oranye,  mengandung karotenoid yang bermanfaat bagi kesehatan.

Zat pewarna kuning dalam telur ini dapat melawan pembentukan radikal bebas pada tubuh. Kuning telur bebek juga mengandung vitamin A, B6, B12, D, E, riboflavin, vitamin D dan natrium. Protein pada telur bebek juga sedikit lebih banyak daripada telur ayam, dan mineral berupa zat besi, mangan dan kalium yang lebih sedikit dari telur ayam. Lemak jenuh pada telur bebek dan telur ayam kandungannya hampir sama, sedangkan lemak tak jenuh pada telur bebek lebih banyak, serta 50% kalori lebih banyak daripada telur ayam.

Khasiat Kuning Telur Bebek

Tidak hanya ada manfaat telur rebus, dan manfaat makan telur setiap hari, ada pula manfaat telur bebek bagi kesehatan kecantikan yang berasal dari bagian kuning telurnya, yaitu:

1. Bagus Untuk Kesehatan Mata

Kuning telur dalam manfaat telur mengandung karotenoid dan zeaxanthin yang membantu untuk meningkatkan kesehatan mata. Karotenoid berperan sebagai antioksidan pada mata untuk melindungi dari radikal bebas yang merusak retina, menurunkan resiko katarak dan degenerasi makula yang sering terjadi ketika usia lanjut.


2. Kesehatan Jantung

Manfaat kuning telur bebek bisa berdampak positif pada kesehatan jantung jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai. Kandungan kolin pada kuning telur bisa mengatur fungsi kardiovaskular. Wanita yang mengonsumsi makanan tinggi kandungan kolin akan beresiko lebih sedikit terkena kanker payudara.

3. Memberi Nutrisi Pada Tubuh

Manfaat kuning telur juga bisa berasal dari beberapa nutrisi lain yang ada di dalamnya. Kalsium dan fosfor adalah zat yang sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan tulang. Fosfor tidak hanya bagus untuk tulang, tetapi juga membantu memicu proses yang diperlukan untuk menguraikan dan menyusun kembali tulang – tulang memastikan struktur tulang yang kuat. Sedangkan zat besi bagus untuk proses pembentukan sel darah merah, meningkatkan fungsi otak dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Zat besi akan membantu peredaran oksigen dalam darah ke jaringan – jaringan otot sehingga sangat baik untuk para penderita anemia.

4. Baik Untuk Otak

Kandungan asam lemak omega 3 pada telur yang sama dengan ikan akan sangat bagus untuk kinerja otak dan memori. Asam lemak ini juga dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh dan menurunkan resiko berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Kolesterol dan protein dalam kuning telur bebek juga akan menutrisi otak serta sistem saraf yang sehat, mengembalikan kemampuan fokus, mendukung memori dan proses belajar serta mengurangi dan mencegah kabut pada otak. Vitamin B12 juga berperan dalam melindungi kesehatan myelin yang mengelilingi sel saraf bersama dengan lemak dan kolesterol. Penurunan lapisan myelin beresiko penyakit saraf degeneratif seperti multiple sclerosis.

5. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat kuning telur bebek bisa berasal dari kandungan vitamin B12 didalamnya untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Kekurangan vitamin B12 dapat mempengaruhi kualitas ovum, sehingga kuning telur bebek dapat meningkatkan kesuburan. Kandungan vitamin E didalamnya juga akan mencegah penurunan ovulasi dan memegang peranan penting dalam pembentukan plasenta.

6. Mencegah Cacat Lahir

Kandungan selenium sebagai selenoprotein akan bertindak sebagai antioksidan dan berperan dalam proses pembelahan sel. Selain itu selenium juga dapat mencegah kerusakan kromosom yang dapat menyebabkan keguguran dan cacat lahir pada bayi. Selenium juga akan meningkatkan produksi dan kualitas sperma pada pria. Manfaat telur itik juga dapat Anda pertimbangkan sebagai salah satu sumber gizi untuk tubuh.


7. Sumber Energi

Mengonsumsi kuning telur bebek yang mengandung banyak jenis vitamin B tidak hanya menyuplai kalori untuk meningkatkan energi tetapi juga penting untuk kesehatan pencernaan, membantu sintesis nutrisi dari makanan, mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan membantu tubuh mensintesa vitamin dan neurotransmitter di otak. Dengan demikian, metabolisme tubuh juga dapat bekerja dengan baik.

8. Meningkatkan Massa Otot

Telur bebek menjadi salah satu makanan yang wajib dikonsumsi oleh orang yang sedang berusaha membentuk tubuh dengan cara berolahraga. Kaya akan asam amino yang berfungsi untuk meningkatkan massa otot, maka kuning telur bebek akan sangat membantu agar tubuh terlihat lebih padat dan kencang. Para pelatih pribadiatau instruktur biasanya akan memberi saran berapa banyak tepatnya porsi telur bebek yang harus disantapdan juga manfaat telur setengah matang untuk meningkatkan massa otot.

Kandungan kolesterol telur bebek yang bisa mencapai dua kali lipat dari telur ayam membuat Anda perlu berhati – hati ketika mengonsumsinya. Walaupun manfaat kuning telur bebek memang sangat baik bagi kesehatan, itu tidak berarti bahwa kita bisa mengonsumsinya secara berlebihan atau semaunya hingga melewati batas. Fungsi kolesterol sangat baik untuk kelancaran metabolisme tubuh, menyerap lemak dan kalsium, membantu proses biokimia dalam tubuh, dan mengurangi pembekuan darah. Tetapi bagi orang dewasa dan para manula, kelebihan mengonsumsinya bisa memicu kelebihan kolesterol dan penyakit jantung. Sebagai patokan, jumlah kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh manusia yaitu sebesar 300 sampai 350 mg per hari atau setara dengan dua butir telur perharinya. Sedangkan rata – rata kandungan kolesterol pada sebutir telur adalah sebanyak 180-200mg. Berhati – hatilah juga dalam mengonsumsi kuning telur mentah misalnya dalam manfaat telur ayam kampung mentah, karena bisa mengandung bakteri salmonella, toksoplasma atau cytomegalovirus.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan