8 Manfaat Ketela Pohon Untuk Asam Lambung yang Aman

Ketela pohon atau ubi kayu atau juga dikenal sebagai singkong bernama Latin Manihot Utilissima merupakan tanaman perdu tropis dan subtropis yang berasal dari suku Euphorbiceae. Umbi dari ketela pohon dikenal luas dapat menghasilkan karbohidrat dan daunnya kerap dimasak sebagai sayuran atau lalapan. Ketela pohon masih dianggap sebagai makanan orang desa oleh sebagian besar orang, karena itu pula tidak banyak yang mengetahui manfaatnya untuk kesehatan terutama bagi orang yang memiliki penyakit asam lambung.  Ketela pohon mengandung kalori hampir dua kali lipat dari kentang dan kemungkinan menjadi salah satu makanan berkalori tinggi untuk jenis umbi – umbian sehingga manfaat singkong untuk kesehatan sangat baik. Akar ketela pohon sebanyak 100 gram dapat menghasilkan 160 kalori, terutama berasal dari sukrosa yang menyumbang lebih dari 69 persen total gula. Sedangkan sumber utama karbohidrat kompleksnya yang lain didapat dari amilosa sebanyak 16 hingga 17 persen.

Manfaat ketela pohon bagi kesehatan tubuh dan pengobatan sangat baik. Begitu juga dengan manfaat daun ketela rambat dan manfaat ubi kuning sebagai bahan pengobatan alami. Dibandingkan kacang – kacangan dan sereal, ketela pohon termasuk sangat rendah lemak namun mengandung lebih banyak protein daripada sumber makanan lain seperti ubi jalar, kentang, pisang raja dan lain sebagainya. Ketela pohon bebas gluten sebagaimana akar – akaran dan umbi lainnya, dan bagus untuk konsumsi pasien penyakit celiac. Daun ketela pohon muda adalah sumber diet dan vitamin K, yang berperan dalam penguatan tulang dan membatasi kerusakan neuron di otak. Ketela pohon juga mengandung beberapa kelompok vitamin B kompleks seperti folat, thiamin, pyridoxine atau vitamin B6, riboflavin dan asam pantotenat. Juga merupakan sumber utama dari berbagai mineral penting seperti seng, magnesium, tembaga, besi dan mangan, juga jumlah potasium yang cukup untuk membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah. [AdSense-B]

Ketela Pohon Untuk Maag

Masalah pada lambung biasanya disebabkan peradangan pada lambung yang muncul karena pola makan tidak teratur dan konsumsi makanan yang tidak sehat. Manfaat ketela pohon untuk asam lambung bisa berasal dari kandungan betakaroten, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium dan kalium yang bisa membantu menjaga kesehatan pada lambung serta usus halus. Sifat anti inflamasi yang dimiliki ketela pohon juga dapat mencegah penumpukan asam lambung yang beresiko menimbulkan penyakit maag kronis dan berbagai penyakit lainnya. Cara mengonsumsi singkong untuk mendapatkan manfaat ketela pohon untuk asam lambung yaitu:

  1. Kupas kulit ketela pohon atau singkong secukupnya dan cuci sampai bersih.
  2. Rendam ketela pohon dalam air selama 48 – 60 jam atau 2 sampai 3 hari sebelum dimasak atau dimakan.
  3. Rebus atau kukus ketela pohon tersebut hingga cukup matang sehingga Anda mendapatkan manfaat dari singkong rebus dan manfaat singkong kukus untuk asam lambung.
  4. Parut sampai halus dan sisihkan pada wadah bersih.
  5. Tambahkan sedikit air pada parutan ketela pohon tersebut
  6. Peras menggunakan saringan, masukkan pada wadah dan biarkan untuk mengendap hingga beberapa menit lalu buang airnya.
  7. Gunakan endapan untuk manfaat ketela pohon untuk asam lambung dan campurkan dengan air hangat.
  8. Anda bisa menambahkan gula aren sesuai selera. Ada juga manfaat konsumsi singkong untuk diabetes.

Manfaat ketela pohon untuk asam lambung sebaiknya dikonsumsi ketika bangun tidur pagi dan sebelum mengonsumsi apapun. Minum air parutan ketela pohon masak secara berkala untuk mengobati masalah lambung Anda. [AdSense-C]

Bahaya Singkong Mentah

Manfaat ketela pohon untuk asam lambung sebenarnya disarankan untuk diparut atau dimakan tanpa dimasak sehingga mendapatkan khasiatnya sebagai manfaat singkong mentah, tetapi mengonsumsi singkong mentah memiliki bahaya yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Ketela pohon bisa berbahaya jika dikonsumsi mentah dan dalam jumlah banyak karena menghasilkan sianida dalam bentuk senyawa glikosida sianogenik bernama linimarin. Kandungan glikosida sianogenik dalam singkong memang terdapat dalam jumlah kecil dan relatif tidak bersifat racun, tetapi melalui proses pencernaan dalam tubuh manusia bisa berubah menjadi hidrogen sianida, salah satu bentuk racun sianida yang berbahaya.

Racun ini dapat menghambat cara kerja enzim yang mengikat oksigen sehingga berdampak buruk pada sistem jantung dan pembuluh darah, termasuk meningkatkan tekanan pembuluh darah di tubuh dan otak, mengganggu sistem pernapasan dan sistem susunan saraf pusat, termasuk sistem endokrin. Resiko keracunan semakin besar jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan cara pengolahan yang tidak benar. Belum lagi di beberapa lokasi di dunia, terbukti bahwa singkong bisa menyerap bahan kimia berbahaya dari tanah seperti arsenik dan kadmium terutama jika ditanam di daerah industri sehingga meningkatkan resiko kanker bagi orang yang mengonsumsinya.

Untuk tetap mendapatkan manfaat ketela pohon untuk asam lambung, Anda perlu melakukan pengolahan yang benar terutama dengan mengupas ketela pohon dengan benar karena sebagian besar kandungan racunnya ada pada kulitnya. Selain itu juga tidak lupa merendam singkong lebih dulu seperti instruksi pada pembuatan ramuan manfaat ketela pohon untuk asam lambung yang sudah disebut di atas. Untuk menghindari kambuhnya asam lambung, Anda juga dapat menjaga kondisi tubuh dengan membatasi asupan makanan yang tidak sehat, menjaga pola tidur dan pola makan, serta mencukupi asupan air putih dan berolahraga secara teratur. Jika memungkinkan, lakukan konsultasi dengan dokter atau praktisi kesehatan tradisional sebelumnya.