5 Manfaat Ubi Kayu Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya akan banyak hal mulai dari kondisi alam yang indah, hasil tambang, hasil laut yang luas dan dapat dimanfaatkan terus menerus serta kondisi kekayaan alam dan hasil buminya. Dengan hasil bumi yang melimpah tersebut tentu ada banyak tanaman yang dapat dimanfaatkan baik sebagai bahan pakan ataupun manfaat lainnya. Ada banyak hasil bumi yang dapat dinikmati oleh penduduk di Indonesia dengan berbagai manfaat dan dampak positifnya bagi kondisi kesehatan tubuh.

Salah satu bentuk hasil bumi yang cukup melimpah dan sudah dimanfaatkan sejak lama adalah ubi kayu. Mudahnya cara penanaman menjadikan ubi kayu dapat melimpah hasilnya di beberapa daerah tertentu. Banyak sekali jenis makanan yang dapat diolah dari bahan dasar ubi kayu. Selain dapat diolah menjadi bahan dasar pada beberapa jenis makanan, ubi kayu ternyata juga memiliki sederet manfaat bagi kondisi kesehatan tubuh. Berik beberapa manfaat ubi kayu bagi kondisi kesehatan tubuh yang perlu diperhatikan dengan baik dalam penjelasan di bawah ini.

Mengenal Ubi Kayu

Sebelum melangkah pada penjelasan mengenai manfaat dari ubi kayu maka mari kita lebih detail mengenai seperti apa tanaman ubi kayu tersebut. Ubi kayu merupakan salah satu sumber karbohidrat yang dijadikan alternatif pangan penganti nasi dengan sebutan yang berbeda beda di setiap daerah mulai dari ketela pohon, hingga singkong. Menurut penjelasan wikipedia, ubi kayu merupakan perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae yang dapat tumbuh awalnya tumbuh di daerah dataran Amerika dan masuk ke Indonesia yang diperkenalkan oleh orang portugis.

Tumbuhan ubi kayu dapat dimanfaatkan pada dua bagiannya yakni akar atau umbinya serta bagian daun. Bagian akar ubi kayu atau sering juga disebut singkong memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga sering dijadikan alternatif penganti nasi namun kandungan proteinnya sangat rendah. Kandungan protein tertinggi pada tumbuhan ubi kayu tersebut justru berasa dari daunnya yang dapat diolah menjadi berbagai macam jenis masakan dengan ciri khas masing masing pada setiap daerah.

Singkong dapat direbus dan dijadikan penganti kentang, kudapan, maupun pelengkap makanan namun bagian umbi tersebut tidak tahan simpan meskipun dimasukkan ke dalam lemari pendingin dan kerusakannya ditandai dengan munculnya bagian yang berwarna kebiruan gelap akibat adanya senyawa asam sianida yang beracun sehingga jangan mengkonsumsi singkong ketika sudah muncul tanda kerusakan tersebut. Beberapa kandungan gizi yang terdapat di dalam ubi kayu diantaranya seperti protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, dan lemak.

Manfaat Ubi Kayu Untuk Kesehatan

Ubi kayu ternyata bukan hanya dimanfaatkan sebagai makanan pelengkap ataupun menjadi pangan alternatif penganti nasi namun juga memiliki dampak positif bagi kesehatan. Beberapa manfaat dari ubi kayu bagi kesehatan tersebut diantaranya seperti :

  1. Membantu mengatasi maag

Manfaat ubi kayu untuk kesehatan yang pertama adalah membantu dalam mengatasi kondisi maag. Ubi kayu atau singkong yang dicampur dengan telur ayam serta madu dapat menetralisir asam lambung sebagai penyebab awal terjadinya penyakit maag. Penderita maag juga dapat menjadikan ubi kayu sebagai kudapan ketika malas mengkonsumsi nasi agar tidak memicu maag kambuh. Efek positif ubi kayu ini sama dengan manfaat kentang rebus untuk maag.

  1. Mengatasi luka bakar

Manfaat kesehatan lain yang juga di dapat dari ubi kayu adalah membantu mengatasi kondis luka bakar pada kulit. Manfaat ubi kayu untuk kesehatan tersebut diperoleh dari sifat ubi kayu yang dingin. Rasa dingin dari ubi kayu tersebut dapat terasa pada saat mengupasnya. Untuk mengatasi luka bakar maka peras ari dari parutan ubi kayu lalu biarkan air tersebut mengendap. Endapan tersebut dapat dioleskan pada bagian yang mengalami luka bakar untuk mengatasinya sama halnya dengan manfaat terigu untuk luka bakar.

  1. Membantu menurunkan demam

Ubi kayu dapat difermentasi untuk menjadi salah satu kudapan khas dari kota bandung yakni peyem. Manfaat tape singkong atau peyem dalam hal membantu menurukan demam atau panas pada anak anak. Namun pemanfaatannya tidak boleh dalam jumlah yang banyak karena kandungan alkohol yang terdapatdi dalam ubi kayu tersebut.

  1. Mencegah terjadinya anemia

Anemia merupakan kondisi pada tubuh yang dapat disebabkan oleh beberapa hal yang salah satu karena kurannya zat besi di dalam tubuh. Kandungan zat besi dan vitamin B1 yang terdapat di dalam ubi kayu tersebutlah yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mencegah terjadinya anemia.

  1. Membantu mengatasi penyakit lainnya

Ubi kayu baik umbi maupun daunnya juga dapat membantu dalam mengatasi beberapa penyakit atau permasalahan kesehatan lainnnya yang sifatnya mendukung. Beberapa permasalahan kesehatan yang dapat dibantu oleh ubi kayu tersebut diantaranya seperti alzheimer yang dapat dikombinasikan dengan manfaat daun ginseng, kanker atau tumor, serta permasalahan pada tekanan darah.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat ubi kayu untuk kesehatan yang dapat diperoleh dari kandungan dan sifat alami tanaman ubi kayu tersebut baik pada bagian umbi maupun daunnya yang perlu untuk diketahui dan dipahami dengan baik.