6 Manfaat Pangkalan Ojek Pada Kehidupan Sehari-hari

Ojek atau ojeg, sebuah istilah yang sering kita dengar dalam keseharian. Istilah ini mengacu pada sebuah jasa antar jemput atau transporasi dengan menggunakan sepeda motor atau sepeda, namun yang lebih dikenal saat ini adalah sepeda motor. Transportasi seperti ini tidak memerlukan izin khusus sehingga mudah saja anda menawarkan jasa ojek tanpa harus memiliki izin. Sistim yang dipakai hanyalah tawar menawar antara tukang ojek dengan penumpang. Jika harga yang ditentukan sudah disetujui keduanya, maka meluncurlah mereka menuju tujuan. Ojek banyak ditemui di kota-kota besar, kota-kota wisata hingga daerah pegunungan.

baca juga :

Ojek didaerah wisata biasanya memiliki paket khusus untuk berkeliling wisata. Atau mereka memiliki kerja sama dengan beberapa toko penjual oleh-oleh untuk mengantarkan para penumpang yang mencari oleh-oleh agar ditujukan pada tokonya. Selain itu ada juga ojek yang menawarkan untuk mengantarkan ke jasa penginapan, mereka menawarkan mulai dari penginapan murah, dekat keramaian, yang nyaman, atau yang paling mewah. Banyak sekali manfaat yang didapat dari adanya jasa ojek. Jasa ojek banyak diminati karena tarifnya lebih murah dari taksi namun lebih lincah karena motor lebih mudah menyalip-nyalip di jalanan yang macet.

baca juga :

 

Manfaat Pangkalan Ojek

Ojek biasanya terletak mengumpul disuatu tempat yang bernama pangkalan ojek. Disana para ojek berkumpul dan menunggu penumpangnya. Terkadang ada juga yang membuat aturan sehingga distribusi penumpang lebih merata antara tukang ojek satu dengan lainnya. Selain itu biasanya dengan adanya pangkalan ojek ini semua tukang ojek bisa saling mengenal satu sama lain, bisa saling membantu apabilan ada terjadi masalah dengan tukang ojek anggota mereka. Inilah beberapa manfaat pangkalan ojek :

  1. Lebih mudah menemukan tukang ojek, karena biasanya pangkalan ojek diletakkan di tempat yang mudah ditemukan dan di tempat ramai. Pangkalan ojek biasanya terletak di persimpangan jalan sehinga memudahkan orang untuk bisa langsung menggunakan jasa ini.
  2. Tempat berkumpulnya para tukang ojek sehingga tukang ojek tidak usah repot-repot berkeliling dan menawarkan jasanya ke penumpang. Dengan menggunakan pangkalan ojek otomatis para penumpang berdatangan dan langsung mengetahui jika disana adalah tempat berkumpulnya para tukang ojek.
  3. Lebih mudah mendapatkan pelanggan karena terletak di tempat yang sering banyak pengunjung sehingga pangkalan ojek menjadi tempat para tukang ojek untuk mencari pelanggan dan tidak usah capek-capek berkeliling.
  4. Tempat terkumpulnya informasi, dengan adanya pangkalan ojek berbagai informasi bisa didapat karena para tukang ojek biasanya berbagi informasi mereka di pangkalan. Kita bisa mendapatkan mengenai tempat berbelanja, penginapan, wisata dan berbagai tempat lain yang bisa menjadi arah tujuan kita.
  5. Membangun hubungan yang hangat antar tukang ojek. Biasanya dengan adanya tukang ojek yang berkumpul, mereka bisa jadi saling mengenal dan lebih membangun kekeluargaan.
  6. Bisa menjadi penjaga keamanan, karena dengan adanya tukang ojek secara tidak langsung ada orang yang menjaga keamanan wilayah itu. Dengan adanya mereka yang berkumpul akan lebih mudah meminta pertolongan.

artikel terkait:

Itulah beberapa manfaat adanya pangkalan ojek. Namun keberadaan pangkalan ojek kini sudah mulai berkurang. Selain banyaknya masyarakat yang memiliki motor, banyak para tukang ojek yang mulai berpindah dan bergabung dengan ojek online. Mereka merasa lebih menguntungkan bergabung dengan ojek online dibandingkan jika mangkal di tempat ojek. Selain itu semakin maraknya smartfone juga berpengaruh terhadap ramainya ojek online. Jadi semakin banyak tukang ojek yang berpindah dari pangkalan menuju online. Demikian artikel tentang manfaat pangkalan ojek, semoga bermanfaat.