5 Manfaat Kencur untuk Nyeri Sendi dan Peradangan

Masyarakat Indonesia sudah sangat familiar sekali dengan kencur karena selain dimanfaatkan sebagai bahan campuran masakan terutama menu-menu tradisional seperti pecal atau lotek, kencur juga sering dimanfaatkan sebagai campuran minuman herbal khas Indonesia seperti jamu. Selain dikonsumsi, ternyata kencur juga dapat dimanfaatkan untuk pemakaian luar seperti digunakan untuk tapal atau obat gosok.

Apa Itu Kencur?
Bagi Anda yang terbiasa di dapur pasti mudah sekali membedakan antara kencur, jahe, kunyit atau lengkuas walaupun kebanyakan orang masih terbingung-bingung membedakannya. Karena memang secara penampilan, kencur memang sangat mirip dengan jahe tapi memiliki aroma yang sangat berbeda. Rasanyapun lebih pedar dibandingkan dengan jahe. Kencur merupakan jenis tanaman dari suku temu-temuan dengan nama ilmiah Kaempferia galanga L. Di Indonesia sendiri kencur dapat tumbuh dengan subur dan lumrah ditemukan di pekarangan rumah karena memang mudah dirawat

Manfaat Kencur untuk Nyeri Sendi

Bicara soal manfaat kencur untuk kesehatan sangat banyak sekali namun ternyata beberapa orang juga mengatakan bahwa kencur sangat efektif untuk mengatasi nyeri sendi. Lalu bagaimana kencur bisa membantu mengatasi masalah sendi?

  1. Mengandung Anti Inflamasi

Salah satu manfaat kencur bagi kesehatan adalah karena tanaman ini mengandung anti inflamasi atau anti peradangan yang sangat efektif. Perdangan pada sendi bisa menjadi salah satu pemicu munculnya rasa nyeri pada sendi dan mengoleskan kencur yang sudah ditumbuk pada bagian yang nyeri bisa membantu mengatasi rasa sakitnya dan sekaligus mengurangi peradangan yang muncul. Tentunya Anda tahu manfaat kencur untuk batuk, ketika mengkonsumsi kencur biasanya batuk akan reda hal ini dikarenakan kencur mengandung anti infalamasi yang dapat mengatasi peradangan secara alami dan efektif.

  1. Membantu Mengurangi Pembekakan

Peradangan pada persendian biasanya juga disertai dengan pembengkakak. Zat aktif yang terkandung pada kencur ternyata juga mampu untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi sekaligus menghilangkan rasa nyeri serta mengatasi peradangannya. Oleh karena itu, selain untuk mengatasi masalah nyeri pada sendi, kencur juga seringkali digunakan sebagai solusi alami bagian tubuh yang keseleo.

  1. Dapat Mengatasi Rasa Nyeri Pada Persendian

Ketika sendi terasa nyeri pasti terdapat faktor penyebabnya entah itu karena adanya penumpukan racun pada persendian, asam urat atau hal lainnya. Tentunya kebanyakan orang segera bertemu dengan dokter untuk mengetahui penyebab sebenarnya namun sebelum itu untuk mengatasi rasa nyerinya bisa menggunakan kencur yang ditumbuh kemudian ditapal pada bagian sendi yang terasa nyeri. Akan ada sensai hangat yang menyerap pada bagian persendian dan rasa nyerinyapun berkurang. Walaupun tentu saja penyebab utama terjadinya nyeri pada sendi harus diobati kemudian.

  1. Tinggi Kandungan Antioksidan

Kencur juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Tentunya Anda tahu bahwa antioksidan sangat baik untuk kesehatan dan salah satunya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apa hubungannya manfaat antioksidan, daya tahan tubuh dan nyeri pada persendian? Well, secara tidak langsung jika Anda dalam kondisi fit atau daya tahan tubuh Anda baik maka akan memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap nyeri yang mungkin timbul.

  1. Menurunkan Risiko Osteoarthritis

Ada banyak sekali kondisi yang berhubungan dengan sendi dan tulang dan salah satunya adalah osteoarthritis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang didiagnosa terkena osteoarthritis diberikan ekstrak kencur yang dimasukkan ke dalam kapsul ternyata terbukti dapat menurunkan risikonya. Rasa nyeri berkurang dan frekuensi kambuhannya pun ikut berkurang. Walaupun masih dibutuhkan penelitian lanjutan mengenai hal ini namun sudah banyak yang mengklaim bahwa ekstrak kencur memang efektif untuk menurunkan risiko osteoarthritis.

Walaupun saat ini sudah banyak obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol atau ibuprofen namun pemakaian dalam jangka Panjang tentunya tidak baik bagi kesehatan karena dapat mengancam fungsi ginjal.

Penyebab Munculnya Nyeri Pada Sendi

Penting juga untuk diingat bahwa penggunaan kencur baik dalam bentuk ekstrak untuk dikonsumsi atau untuk penggunaan eksternal hanyalah sebagai solusi penghilang rasa nyeri jadi tetap harus dicarikan inti dari masalah penyebab nyeri sendi tersebut. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan nyeri sendi:

  • Jika Anda memiliki masalah dengan asam urat maka bisa saja salah satu gejalanya ada munculnya rasa nyeri pada persendian.
  • Tak hanya asam urat, rematik juga dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri pada persendian.
  • Terjadinya peradangan sendi karena adanya penumpukan racun dalam tubuh juga merupakan salah satu pemicu munculnya nyeri pada sendi.
  • Tentunya Anda tahu pentingnya manfaat vitamin B bagi tubuh dan kesehatan dan defisiensi vitamin B ternyata juga dapat menyebabkan nyeri pada persendian.

Jika nyeri pada sendi berlanjut, cobalah konsultasikan pada dokter dan temukan penyebab utamanya. Kencur mungkin berkhasiat untuk mengatasi nyeri sendi tapi bukan untuk mengobati walaupun mengkonsumsi ekstrak kencur secara teratur dapat mengurangi risiko osteoarthritis.