6 Manfaat Kecoa Dalam Kehidupan Manusia

Kecoa, siapa yang tidak tahu dengan serangga yang satu ini? Kehadirannya sangat tidak disukai karena dianggap kotor dan menjijikkan. Dan memang kecoa sangat menyukai tempat-tempat kotor dan lembab sehingga jika ada bagian rumah anda yang jarang dibersihkan dan memiliki kelembaban yang tinggi maka jangan heran jika kecoa bersarang di sana. Oleh karena itu kecoa sangat dimusuhi oleh manusia dan dianggap tidak berguna. Namun anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar karena kecoa yang selama ini dipandang sebelah mata ternyata memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Sebagian anda mungkin tidak percaya namun berikut beberapa manfaat kecoa yang telah terbukti memberi manfaat bagi kehidupan manusia:

1. Dijadikan kelinci percobaan

Kecoa dapat dimanfaatkan sebagai kelinci percobaan di laboratorium untuk menguji ketepatan dosis obat serangga. Ya, untuk menguji obat serangga tentu diperlukan serangga pula dan kecoa menjadi pilihan yang tepat karena ia sangat mudah ditemukan dan populasinya sangat banyak.

2. Dijadikan lauk atau camilan

Apa? Dimakan? Melihatnya saja sudah jijik apalagi mau dimakan. Kenyataannya tubuh kecoa memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Ada beberapa jenis kecoa yang boleh dan aman dikonsumsi. Selain itu kecoa juga tidak boleh dimakan mentah, harus diolah dengan benar terlebih dahulu agar tidak justru membahayakan kesehatan. Olahan yang paling populer adalah kecoa goreng yang garing dan renyah sehingga cocok dijadikan camilan. Bisa juga menjadi lauk yang dimakan bersama nasi. Di luar negeri seperti di Cina kecoa goreng adalah jajanan yang lumrah. Selain kecoa serangga lain yang juga dapat dimakan diantaranya belalang dan jangkrik. Selain enak dan garing kedua serangga ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Diketahui ada 5 manfaat belalang goreng dan 8 manfaat daging jangkrik bagi kesehatan tubuh.

3. Dijadikan hewan peliharaan

Kucing, anjing, atau burung adalah hewan yang biasa dan umum dipelihara karena selain menyenangkan ada beberapa manfaat memelihara burung, 15 manfaat memelihara anjing, dan 20 manfaat memelihara kucing. Namun jika anda ingin melakukan hal yang berbeda maka anda dapat memelihara kecoa. Salah satu jenis kecoa yang umum dipelihara adalah kecoa madagaskar yang dihargai cukup mahal hingga 12 ribu rupiah per ekornya. Cukup mahal bukan? Jika kecoa peliharaan anda sudah berkembang maka dapat pula dijadikan ladang bisnis yang menguntungkan.

4. Pupuk alami

Kebiasaan kecoa memakan sisa-sisa makanan dan sampah organik menjadikan tubuh hewan ini memiliki kandungan nitrogen yang cukup tinggi. Dan seperti yang diketahui nitrogen merupakan salah satu unsur yang diperlukan oleh tanaman agar dapat tumbuh dengan baik. Oleh karena itu kecoa dapat dijadikan pupuk alami yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Selain kecoa beberapa hewan dan tumbuhan yang juga dapat dijadikan pupuk alami diantaranya manfaat batang jagung, manfaat kotoran sapi, dan manfaat kotoran kelinci.

5. Bahan pembuatan make up

Manfaat kecoa yang tidak kalah penting adalah sebagai bahan campuran dalam pembuatan make up. Kecoa khususnya kecoa amerika memiliki kandungan manfaat protein yang tinggi yang sangat baik bagi kulit. Dengan dimanfaatkannya kecoa sebagai bahan pembuatan make up dapat menekan biaya produksi sehingga harga jual make up menjadi lebih murah.

6. Bahan pembuatan obat

Selain digunakan sebagai bahan pembuatan make up kecoa juga dimanfaatkan dalam industri farmasi dimana ia dijadikan sumber protein murah yang digunakan dalam obat-obatan.

Itulah diantara manfaat kecoa dalam kehidupan manusia. Kecoa yang selama ini dipandang remeh dan menjijikkan ternyata memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Hal ini tentu semakin meyakinkan kita bahwa tidak ada yang tidak bermanfaat di dunia ini. Seburuk atau seremeh apapun makhluk di bumi ini pasti memiliki manfaat dalam kehidupan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Hewan