Manfaat Hewan Harimau yang Terancam Punah

Harimau Sumatera atau Panthera tigris sumatrae merupakan satwa endemik Indonesia. Perlu diketahui jika populasi harimau saat ini hanya tinggal sedikit. sehingga jika tanpa konservasi, maka harimau akan terancam punah untuk 20 tahun ke depan. Harimau merupakan jenis kucing terbesar dalam spesiesnya yang bahkan juga lebih besar jika dibandingkan dengan singa. Selain cetah, harimau juga bisa berlari sangat cepat dan menjadi urutan karnivora ketiga sesudah beruang kutub dan beruang coklat. Berbeda dengan hewan predator atau pemangsa lain, harimau umumnya akan memburu mangsa dengan ukuran yang besar seperti babi, rusa, kijang dan juga kancil. Akan tetapi harimau juga memburu hewan kecil seperti landak jika memang tidak ada mangsa besar yang bisa diburu. Meski harimau adalah hewan predator yang sering dianggap menyeramkan oleh manusia, namun sebenarnya ada manfaat hewan harimau yang sangat penting sebab secara tidak langsung juga akan berpengaruh pada kehidupan manusia.

  1. Sebagai Predator Utama

Harimau merupakan salah satu predator utama yang mengartikan jika harimau juga akan membangun ekosistem di tempat mereka tinggal. Harimau akan memangsa hewan herbivora atau pemakan tanaman yang sekaligus juga mencegah kerusakan hutan. Jika hariamu tidak ada, maka hewan herbivora akan berkembangbiak tanpa kendali yang artinya akan merusak tanaman dalam hutan. Untuk itulah, harimau juga memiliki andil untuk menjaga keseimbangan ekosistem sekaligus ada juga manfaat hewan untuk manusia dalam hal ini adalah harimau.

  1. Melindungi Hutan

Keberadaan harimau juga secara tidak langsung memiliki manfaat untuk hutan. Karena harimau sudah terancam punah, maka pemerintah juga akan membantu untuk melindungi hutan sebagai tempat tinggal tersebut. Pohon dan tanaman tempat dimana harimau tinggal akan menyerap karbondioksida sehingga juga berkontribusi terhadap pengurangan pemanasan global. Melindungi lanskap harimau berarti juga melindungi hutan yang sangat penting untuk mengurangi karbondioksida sekaligus menghasilkan oksigen.

  1. Menjaga Ekosistem

Dengan menyelamatkan harimau, sebenarnya secara tidak langsung kita juga membantu dalam menyelamatkan ekosistem dan juga habitat hutan yang sangat besar. Sebagai predator puncak pada rantai makanan di habitatnya, maka jika populasi harimau terus menurun, maka kestabilan rantai makanan juga akan ikut terganggu dan akhirnya perubahan ekosistem akan terjadi. Untuk itulah menjaga harimau agar tidak punah menjadi hal penting untuk dilakukan agar keadaan hutan bisa selalu terjaga dan juga seimbang dimana harimau juga akan membantu terjaganya kesehatan dari sistem ekologi dan menjaga manfaat rantai makanan dalam ekosistem.

  1. Sebagai Puncak Rantai Makanan

Harimau adalah hewan yang berada dalam puncak rantai makanan dalam hutan sehingga memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem hutan. Apabila harimau sampai punah, maka salah satu bagian dari rantai makanan akan punah dan ekosistem pada hutan juga ikut terganggu.

Manfaat Harimau Lainnya

Selain penting bagi ekosistem dan juga rantai makanan,manfaat sumber daya alam hewani yakni harimau pada bagian tubuh dari harimau juga bisa dimanfaatkan kembali dalam manusia. Namun dalam manfaat ini, hal penting yang harus diingat adalah harimau bukanlah hewan yang bisa diburu hanya karena keserakahan namun ketika harimau tersebut mati, maka beberapa bagian tubuh dari harimau tersebut baru bisa digunakan. Berikut adalah manfaat harimau yang bisa digunakan oleh manusia.

  1. Sebagai Perhiasan

Seperti yang kita ketahui jika harimau merupakan hewan yang sangat cantik dan beberapa bagian tubuhnya yang sangat kuta bisa digunakan sebagai perhiasan seperti khasiat taring macan asli. Kuku dan taring dari harimau bisa digunakan baik untuk perhiasan yang bisa dipakai seperti liontin dan juga bisa dijadikan hiasan atau pajangan dalam rumah karena bentuknya yang memang sangat indah.

  1. Untuk Pakaian

Salah satu alasan mengapa harimau yang merupakan hewan dilindungi ini semakin banyak diburu dan terancam punah adalah karena banyak orang yang ingin memiliki bagian kulit harimau. Kulit harimau tersebut seringkali digunakan untuk banyak kebutuhan mulai dari pembuatan mantel, karpet, tas dan berbagai kebutuhan komersil manusia lainnya seperti manfaat bulu domba.

  1. Pengobatan

Masyarakat China terkenal dengan berbagai macam pengobatan tradisional alami yang biasanya memanfaatkan tanaman untuk dijadikan obat tersebut. Akan tetapi ternyata, ada beberapa bagian hewan yang juga dipergunakan masyarakat China sebagai pengobatan dan salah satunya adalah tulang harimau yang dianggap bisa mengobati berbagai macam penyakit.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Hewan