8 Manfaat Kayu Lemo Bagi Kehidupan Manusia

Lemo atau juga disebut dengan Ki Lemo merupakan jenis tanaman yang banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri tanaman ini paling sering ditemukan di daerah lereng gunung, namun saat ini semakin sulit untuk ditemui karena populasinya yang terus berkurang. Pada umumnya kayu lemo dijual dalam bentuk yang sudah dikeringkan, yang bersamaan dengan rempah herbal lainnya.

Untuk pemanfaatannya sendiri, kayu lemo sering digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan seperti halnya dengan manfaat kayu secang untuk kesehatan. Bahkan oleh pendaki gunung yang telah senior, kayu Lemo sering dianggap sebagai tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk bertahan hidup. Terbayang bukan seberapa besar manfaat dari tanaman ini? Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai khasiat kayu Lemo bagi manusia juga khasiatnya untuk kesehatan tubuh, seperti berikut ini:

  • Paling dikenal sebagai kayu yang bisa menaklukan jenis hewan yang berbahaya ataupun berbisa seperti ular dan kalajengking. Di mana ketika hewan tersebut didekatkan kayu lemo akan berubah menjadi lemas dan tidak bisa mengeluarkan serangan.
  • Tidak jauh berbeda dengan manfaat getah jarak untuk obat sakit gigi, kayu lemo juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati gigi yang sakit. Cara menggunakannya adalah dengan mengikis sedikit bagian kayu lemo, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit dengan menggunakan bantuan kapas.
  • Membantu mengatasi gangguan lambung seperti maag, juga bisa meredakan sakit perut yang dialami. Untuk mendapatkan khasiat kayu lemo ini, kayu lemo bisa diolah menjadi ramuan herbal dengan merebusnya lalu diminum air rebusannya.
  • Kayu lemo menghasilkan minyak atsiri, yang mana juga dihasilkan oleh bagian daun ataupun buahnya. Manfaat minyak atsiri untuk kesehatan dari kayu lemo ini bisa membantu penyembuhan berbagai macam penyakit, juga bisa berkhasiat sebagai anti kanker.
  • Minyak atsiri yang dihasilkan oleh kayu lemo selain bermanfaat untuk kesehatan juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam industri. Misalnya dalam industri obat obatan, kosmetik, aromaterapi, parfum dan lain sebagainya.
  • Salah satu khasiat lain dari penggunaan kayu lemo sebagai pengobatan herbal adalah untuk mengatasi lemah syahwat. Karena seperti halnya dengan manfaat daun kelor kering untuk kesehatan, ramuan kayu lemo dapat membantu dalam menambah stamina terutama pada kaum pria.
  • Khasiat kayu lemo juga bisa membantu mengatasi rasa pegal linu ataupun panas dingin, yang pada umumnya akan dirasakan seseorang ketika dalam kondisi kelelahan. Ramuan kayu lemo bisa memberikan efek rileks dan nyaman bagi tubuh yang lelah, sehingga dapat segar dan bersemangat kembali.
  • Di samping bisa mengatasi serangan binatang berbisa ataupun berbahaya, kayu lemo juga berkhasiat untuk mencegah serangan hama yang bisa merusak tanaman di sawah ataupun di pekarangan rumah seperti halnya pada manfaat kulit jengkol untuk kesehatan dan pertanian.

Banyak sekali bukan manfaat dan khasiat kayu lemo? Untuk penggunaan kayu lemo ini dengan lebih tepat, sebaiknya dipastikan terlebih dahulu dengan penjual kayu lemo agar tidak salah penggunaan. Selain itu jika ingin memanfaatkan kayu lemo sebagai pengobatan, konsultasikan kondisi tubuh terlebih dahulu apalagi jika sedang mengkonsumsi jenis obat obatan lainnya, sehingga tidak akan menimbulkan efek samping tertentu yang bisa muncul. Demikian pembahasan tentang berbagai macam manfaat kayu Lemo untuk kehidupan manusia juga untuk kesehatan. Semoga bermanfaat ya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan