10 Manfaat Jus Mangga Campur Susu bagi Kesehatan

Membuat jus mangga dicampur susu sudah menjadi hal lumrah karena perpaduan buah mangga yang manis serta rasa susu yang gurih sangatlah tepat apalagi jika dinikmati saat dingin. Manfaat jus mangga campur susu juga tidak bisa diabaikan karena keduanya mengandung kandungan vitamin dan mineral esensial yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Jus Mangga Campur Susu

Jika Anda penasaran tentang manfaat jus mangga campur susu berikut adalah beberapa daftar manfaat yang berhasil dirangkum. Secara umum menggabungkan keduanya akan menggabungkan manfaat keduanya juga yaitu manfaat mangga dan manfaat susu. Namun tentunya Anda tahu bahwa mengkonsumsi mangga dengan cara di jus juga berpotensi mengurangi beberapa manfaatnya seperti berkurangnya serat alami tapi bukan berarti manfaat tersebut hilang.

  1. Kaya Kandungan Vitamin C

Walaupun sudah dalam bentuk jus, mangga tetap saja kaya kandungan vitamin C. Manfaat vitamin C sangat banyak bagi tubuh mulai dari menjaga daya tahan tubuh sampai menjaga eksehatan kulit. Selain itu mengkonsumsi 100 gram mangga per hari sudah mencukupi kecukupan gizi sampai 40%.

  1. Solusi Cepat untuk Sarapan Sehat

Bagi Anda yang merasa memiliki waktu terlalu sempit untuk menyiapkan sarapan sebenarnya banyak sekali pilihan sarapan yang cepat dan sehat, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi jus mangga campur susu. Mangga mengandung karbohidrat yang baik sebagai sumber energi begitu juga susu yang tinggi kalori.

  1. Tinggi Kalsium

Manfaat kalsium bagi tubuh sangatlah penting terutama untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan. Kekurangan kalsium tidak akan terlalu dirasa ketika Anda masih muda tapi akan Anda sesali ketika sudah memasuki usia diatas 30 tahunan ketika masalah tulang dan gigi mulai timbul. Jadi pastikan kecukupan asupan kalsium sejak dini.

  1. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Susu mengandung enzim yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan begitu juga dengan mangga yang mengandung serat alami. Kombinasi keduanya akan membantu mengoptimalkan kinerja sistem pencernaan sehingga terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi jus mangga campur susu akan membuat Anda cepat kenyang serta kenyang lebih lama sehingga akan mengurangi frekuensi Anda untuk ngemil. Hal ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang sedang melakukan diet penurunan berat badan.

  1. Sumber Antioksidan yang Baik

Mangga dan susu merupakan sumber antioksidan yang baik. Ada banyak sekali manfaat antioksidan bagi tubuh diantara adalah menangkal radikal bebas, menjaga daya tahan tubuh sampai mengoptimalkan regenerasi sel.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Menurut penelitian ada banyak sekali manfaat kalsium bagi jantung. Dalam penelitian disebutkan mereka yang mengkonsumsi susu secara teratur memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak suka mengkonsumsi susu. Selain itu mangga juga mengandung banyak sekali manfaat antioksidan serta potasium yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke serta serangan jantung.

  1. Membantu Mengoptimalkan Pertumbuhan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa manfaat kalsium adalah baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Oleh karena itu memastikan asupan kalsium untuk anak Anda cukup dapat mencegah stunting dan dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhannya tak hanya fisik tapi juga otak dan mentalnya.

  1. Direkomendasikan untuk Memenuhi Nutrisi Ibu Hamil

Saat hamil seorang ibu harus memastikan bahwa nutrisi yang diterima cukup serta dapat terserap optimal. Kandungan vitamin C dalam mangga dapat membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium yang terdapat pada susu. Hal ini tentunya sangat baik untuk ibu hamil begitu juga untuk calon bayi.

  1. Membantu Mengurangi Stress

Beberapa penelitian menyatakan susu mengandung zat yang dapat berfungsi sebagai penetral stress. Jadi tidak heran mengkonsumsi susu sebelum tidur sangat dianjurkan karena dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mengkonsumsi Jus Mangga Campur Susu

Jika Anda memilih untuk membeli jus mangga dan bukannya membuatnya sendiri terdapat beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda.

  • Kebanyakan masyarakat Indonesia salah kaprah dengan susu kental manis dan sayangnya kebanyakan campuran jus yang banyak dijual menggunakan susu kental manis yang sebenarnya merupakan krimmer dan bukannya susu. Kandungan gula pada susu kental manis sangat tinggi sehingga tidak baik dikonsumsi oleh Anda sedang dalam program menurunkan berat badan.
  • Mangga ketika dijus kandungan seratnya akan berkurang jadi jika Anda ingin mencukupi kebutuhan serat harian pastikan Anda mengkonsumsi makanan lain yang mengandung serat alami yang baik untuk kesehatan Anda.
  • Terdapat banyak sekali varietas mangga, sebaiknya pilih mangga yang memiliki rasa yang manis jika ingin dicampur dengan susu sehingga tidak perlu lagi menambahkan gula yang akan berpotensi meningkatkan asupan kalori Anda.

Untuk mendapatkan manfaat jus mangga campur susu yang optimal memang sebaiknya Anda membuat jus Anda sendiri. Namun penting juga untuk diingat bahwa sebaiknya membuat jus mangga campur susu dengan air dingin atau air es dan jangan sekali-sekali mencampurnya dengan air panas atau memanaskannya karena kandungan yang terdapat pada susu akan hilang jika dipanaskan.