5 Manfaat Sapi Perah Bagi Manusia

Sapi merupakan hewan yang sudah umum dikenal oleh masyarakat luas. Daging sapi yang dapat dijadikan berbagai makanan seperti rendang, bakso, abon dan lain sebagainya, membuat hewan herbivora ini populer dan tak ada seorang pun yang tidak mengetahui tentang sapi. Sapi sendiri memiliki banyak jenis, ada sapi jawa, sapi impor dan berbagai jenis sapi lainnya. Ada sapi yang digunakan untuk membajak sawah, dan ada juga sapi yang diternakkan hanya untuk diambil dagingnya. Selain itu, ada sapi yang dikembangbiakkan untuk diambil susunya, atau jenis sapi ini dikenal sebagai sapi perah.

artikel terkait:

Bibit Sapi Perah

Sapi perah yang menghasilkan susu yang baik adalah jenis sapi perah unggul Fries Holland. Sapi Fries Holland memiliki warna putih dan bercak hitam pada tubuhnya. Sapi perah Fries Holland jantan biasanya sangat agresif dan yang betina cenderung lebih tenang. Sapi perah ini biasanya dapat diambil susunya jika sudah berusia 3,5 tahun atau sapi betina yang sudah beranak. Sapi perah yang sudah beranak dapat diperah susunya setiap hari.

artikel terkait: manfaat ayam cemanimanfaat batang jagungmanfaat daging sapi bagi tubuh

Manfaat Sapi Perah

Beternak sapi perah atau memelihara sapi perah, memiliki beberapa manfaat atau keuntungan, diantaranya:

  1. Menghasilkan Susu Segar

Manfaat utama memelihara sapi perah yakni untuk diambil susunya. Sapi perah dapat menghasilkan susu segar yang dapat dikonsumsi langsung tanpa bahan pengawet, pemanis tambaha, dan tanpa tambahan air. Meminum susu segar memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, beberapa diantaranya:

  • Menjaga tekanan darah agar tetap stabil
  • Mencegah penyakit jantung
  • Meringankan kerja otak
  • Baik untuk penderita anemia
  • Menjaga kesehatan kulit, gigi dan tulang
  • Menjaga tubuh agar lebih kuat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit

artikel terkait: manfaat sumber daya alam hewani

  1. Susunya Sebagai Bahan Membuat Sabun Dan Lotion

Selain dapat menghasilkan susu untuk dikonsumsi, susu sapi dapat juga dijadikan sebagai bahan kecantikan. Susu sapi dapat diolah menjadi sabun dan lotion yang dapat menjaga kelembapan kulit agar tidak kering dan tetap ternutrisi. Sabun dan lotion dari susu sapi dapat menjaga kulit agar tetap cantik, terhindar dari flek hitam dan mencegah penuaan dini. Sabun dan lotion yang berasal dari susu sapi ini tidak memiliki efek samping dapat digunakan berbagai umur, mulai dari anak-anak sampai orang lanjut usia.

artikel terkait: manfaat tidak membuang sampah sembarangan

  1. Kotoran Sapi Perah Menghasilkan Biogas

Beternak sapi perah dalam jumlah yang banyak dapat menghasilkan kotoran dalam skala besar. Kotoran sapi ini mengandung zat metana yang dpat digunakan membuat biogas dan menjadi bahan bakar yang dengan proses pengolahannya dapat dialirkan melalui pipa ke rumah warga sehingga tidak memerlukan LPG.

artikel terkait: manfaat tumbuhan putri malu


  1. Kotoran Dapat Dijadikan Pupuk

Kotoran sapi perah sisa dari pembuatan biogas juga dapat dimanfaatkan untuk membuat pupuk. Pupuk organik yang dihasilkan dari sisa pembuatan biogas sangat bagus untuk tanaman dan tetap menjaga tanah karena tidak terkena dengan zat kimia.

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk asam urat

  1. Dapat Dimanfaatkan Dagingnya

Susu perah yang produksi susunya sudah tidak bagus lagi, dapat dimanfaatkan dagingnya dan dikonsumsi. Daging sapi memiliki berbagai manfaat karena tergolong dalam daging merah yang dapat meningkatkan tekanan darah sehingga terhindar dari penyakit anemia dan tekanan darah rendah.

artikel terkait: manfaat bubuk kedelai

Susu perah pada awalnya hanya diketahui manfaatnya sebagai jenis sapi yang menghasilkan susu dalam skala besar dan produknya sebagai susu siap konsumsi. Namun, selain diambil susunya sapi perah juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, dan bermanfaat untuk perekonomian dengan dapat digunakan kotorannya untuk dijadikan biogas dan pupuk. Sehingga tidak ada bagian dari susu perah yang tidak brmanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Hewan