10 Manfaat Jamu Lungguh, Jamu Tradisional Kaya Khasiat

Jamu merupakan minuman kesehatan herbal khas Indonesia yang sudah diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi dan bahkan sudah terkenal di dunia. Jamu sendiri terbuat dari bahan-bahan alami yang diolah dengan cara alami pula agar dapat diminum dan memberikan banyak sekali manfaat kesehatan. Manfaat jamu tentunya tergantung dengan bahan-bahan jamu yang digunakan.

Apa Itu Jamu Lungguh?

Apa itu jamu lungguh? Saat ini di era modern, pemasaran jamu sudah sangat berkembang dengan pesat. Jika dulu terkenal dengan istilah jamu gendong karena memang cara pemasarannya dengan cara digendong keliling kampung, sekarang ada banyak jenis cara pemasaran. Namun satu yang tak lekang oleh waktu adalah jamu lungguh, yaitu cara menjual jamu dengan penjualnya duduk lungguh yang berasal dari Bahasa jawa, dan biasanya penjualnnya pun mengenakan kebaya tradisional sambil menawarkan dagangannya.

Manfaat Jamu Lungguh

Lalu apa saja manfaat jamu lungguh? Atau setidaknya manfaat kesehatan apa yang bisa didapatkan jika mengkonsumsi jamu tradisional ini? Well, seperti halnya penjual jamu pada umumnya, jamu lungguh juga menjual berbagai macam jenis jamu yang sering dipesan oleh pelanggan.

  1. Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur merupakan salah satu jamu yang paling terkenal di Indonesia. Manfaat jamu beras kencur sangat banyak mulai dari membantu mengatasi masuk angin, beras kencur juga baik untuk anak karena bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta konsentrasi sehingga bisa lebih berprestasi di sekolah.

  1. Jamu Kunyit Asam

Bagi para wanita tentunya sudah tidak asing dengan jamu kunyit asam yang umumnya dikonsumsi sebagai pelancar haid. Manfaat kunyit bagi kesehatan sangat banyak ditambah lagi dengan manfaat asam jawa saat haid yang diramu menjadi minuman yang tak hanya sehat tapi juga menyegarkan.

  1. Jamu Pegal Linu

Jamu pegal linu tradisional biasanya terdiri dari jahe, kencur dan cengkih. Manfaat jahe yang menghangatkan serta manfaat kencur serta cengkih yang sama baiknya untuk kesehatan terbukti dapat menghilangkan pegal linu setelah beraktifitas seharian.

  1. Jamu Pahitan

Jamu pahitan merupakan salah satu jenis jamu yang menjadi bagian dari jamu lungguh. Jamu ini terbuat dari segala jenis rempah-rempah dan bahan herbal yang rasanya pahit. Khasiatnya sangat banyak sekali terutama untuk menyegarkan badan.

  1. Jamu Watukan

Jamu watukan berasal dari Bahasa Jawa sedangkan dalam Bahasa Indonesia, jamu ini memiliki manfaat untuk mengobati batuk.

  1. Jamu Galian Singset

Selain kunyit asem ada juga jamu galian singset yang sangat terkenal di kalangan wanita. Jamu ini dianggap sangat baik untuk kesehatan kewanitaan mulai dari membuat kulit menjadi sehat, terbebas dari jerawat dan noda hitam, mengkonsumsi jamu galian singset juga dipercaya dapat merapatkan organ intim.

  1. Jamu Cabe Puyang

Seperti namanya, jamu cabe puyang terbuat dari campuran ramuan tradisional, cabe jamu dan rimpang lempuyang. Manfaat jamu yang satu ini sangat banyak sekali, mulai dari mengobati demam sampai mengatasi pegal linu terutama pada bagian pinggang.

  1. Jamu Kuat

Bicara soal jamu kuat pasti erat kaitannya dengan stamina pria. Jadi jamu kuat biasanya terbuat dari bahan-bahan herbal yang memang dapat meningkatkan stamina pria seperti halnya manfaat ginseng jawa sampai temulawak yang menjadi campuran alaminya.

  1. Jamu Leruh Kencur

Salah satu manfaat kencur bagi kesehatan adalah dapat sebagai detoks alami begitu juga dengan jamu leruh kencur yang memiliki manfaat sebagai pembersih racun pada tubuh. Mengnkonsumsi jamu ini secara teratur dapat membuat tubuh menjadi terasa lebih segar bahkan dapat pula untuk menurunkan berat badan.

  1. Jamu Uyup-uyup

Bagi para ibu yang baru saja habis melahirkan, biasanya mengkonsumsi jamu merupakan hal yang wajib dan salah satunya adalah jamu uyup-uyup yang dianggap dapat membantu memperlancar ASI. Jamu ini terbuat dari campuran akar-akaran seperti jahe, lengkuas, kencur beserta beberapa ramuan lain seperti manfaat daun katuk, cabe puyang dan temugiring.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis jamu tradisional yang bisa dinikmati di tukang jamu lungguh, namun pada umumnya hanya kesepuluh jenis jamu tersebut yang biasa dijual secara reguler. Tapi biasanya para tukang jamu lungguh akan dengan senang hati menerima pesanan jamu khusus dari pelanggannya.  Manfaat lain dari jamu lungguh adalah jamunya dibuat dari bahan-bahan atau rempah-rempah alami tidak seperti tukang jamu yang biasanya berjualan di toko-toko obat, jamunya dibuat dari jamu kemasan yang tinggal diseduh dan hanya tinggal ditambah telur ayam kampung atau madu. Jadi tentunya manfaat jamu lungguh lebih sehat karena lebih alami dan terbuat dari bahan-bahan herbal yang relatif aman bagi tubuh asal tidak dikonsumsi berlebihan. Walaupun faktor higienis bisa menjadi kendala juga karena biasanya para penjaja jamu lungguh hanya membawa gelas terbatas dan biasanya dicuci seadanya dengan air. Jadi jika ingin berlangganan jamu lungguh usahakan untuk membawa gelas atau tempat minum sendiri.