17 Manfaat Jamu Kunyit Tawar bagi Kesehatan dan Kecantikan

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah alami yang memang sudah sangat terkenal khasiatnya. Di Indonesia sendiri kunyit memiliki fungsi lebih dari sekedar rempah untuk masakan atau pewarna makanan alami tapi juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu-jamuan atau obat-obatan tradisional.

Apa itu Jamu Kunyit?

Jamu kunyit adalah sejenis minuman kesehatan yang resepnya sudah turun temurun diwariskan yang dibuat dengan bahan dasar kunyit yang diparut dan diseduh dengan air panas. Dalam perkembangannya banyak sekali variasi jamu kunyit mulai dari kunyit asem sampai ramuan kunyit beras kencur yang mengandung banyak sekali khasiat kesehatan.

Manfaat Jamu kunyit Tawar

Namun ternyata, dibandingkan banyak sekali varian rasa jamu kunyit, ada juga manfaat jamu kunyit tawar karena pada dasarnya kunyit sendiri mengandung banyak sekali manfaat kesehatan.

  1. Mengandung Anti Inflamasi

Salah satu kandungan alami yang terdapat dalam kunyit adalah kandungan anti-inflamasinya. Mengkonsumsi jamu kunyit tawar dapat mengatasi berbagai macam masalah kesehatan yang disebabkan oleh inflamasi.

  1. Membantu Meredakan Radang Sendi secara Alami

Salah satu kondisi kesehatan yang disebabkan oleh terjadinya inflamasi adalah radang sendi yang membuat penderitanya sering mengalami rasa ngilu di sendi. Mengkonsumsi jamu kunyit tawar secara teratur dapat membantu meredakan rasa sakit yang diakibatkan terjadinya peradangan di sendi.

  1. Membantu Menjaga Berat Badan

Jika saat ini Anda sedang kewalahan dalam menjaga berat badan cobalah untuk mengkonsumsi jamu kunyit tawar secara teratur. Kunyit mengandung zat aktif yang dapat meminimalisir pembentukan lemak dalam tubuh dan mengurangi stok lemah pada sel kulit.

  1. Mencegah Diabetes Tipe 2

Salah satu penyebab diabetes tipe 2 adalah kegemukan dimana tubuh menjadi resisten terhadap insulin sehingga gula darah tidak dapat diubah menjadi senyawa glikogen yang nantinya akan diubah menjadi energi. Kunyit dapat meningkatkan sensitifitas insulin sehingga dapat digunakan untuk mencegah meningkatkan level gula darah dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Salah satu kandungan utama kunyit adalah kandungan anti bakterinya yang alami dan ampuh mengatasi berbagai macam masalah pencernaan. Akibatnya sistem pencernaan akan dapat berfungsi secara optimal.

  1. Mengatasi Diare Secara Alami

Sebagian orang menganggap bahwa diare adalah masalah kesehatan biasa padahal diare bisa menjadi sangat serius karena dapat menyebabkan dehidrasi parah. Ketika tubuh mengalami dehidrasi sistem metabolisme akan terganggu. Jamu kunyit tawar dapat mengatasi diare secara alami karena kandungan anti bakterinya yang dapat membunuh bakteri yang menginfeksi sistem pencernaan secara lebih efektif.

  1. Mengandung Antioksidan

Zat pewarna kuning pada kunyit merupakan indikasi kuat bahwa rempah alami ini mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan sendiri memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh karena mampu menangkal efek buruk radikal bebas.

  1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Kemampuan kognitif erat kaitannya dengan kesehatan otak dan fungi saraf. Mengkonsumsi jamu kunyit tawar secara teratur terbukti dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa salah satu manfaat jamu kunyit tawar adalah baik untuk kesehatan jantung karena mengandung mineral penting yang dapat membantu mengoptimalkan kesehatan jantung seperti zat besi dan potassium.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu fungsi vitamin C dan antioksidan serta beta karoten yang terkandung dalam kunyit adalah dapat mencegah penuaan dini sehingga Anda dapat mengucapkan selamat tinggal kepada noda hitam serta kerutan yang seharusnya belum timbul di kulit Anda.

  1. Dapat Mencegah Kanker

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kunyit mengandung kandungan anti kanker yang efektif selain kandungan antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu mengoptimalkan regenerasi sel.

  1. Mengobati Penyakit Asam Lambung

Salah satu masalah pencernaan yang dapat diatasi dengan hanya minum segelas jamu kunyit tawar secara teratur adalah penyakit asam lambung walaupun dosis hariannya tetap harus diperhatikan.

  1. Mengurangi Mual

Ada banyak sekali penyebab mual. Namun apapun penyebabnya Anda tidak perlu khawatir karena hanya dengan segelas jamu kunyit tawar Anda dapat mengurangi efek mual yang timbul.

  1. Mencegah Infeksi

Fakta bahwa kunyit mengandung anti bakteri yang juga dapat mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri sudah dibuktikan secara klinis lewat penelitian yang intensif.

  1. Menjaga Kecantikan Kulit

Ingin memiliki kulit cantik, cerah, muda secara alami haruslah sering-sering mengkonsumsi jamu kunyit tawar karena sudah terbukti secara efektif dapat menjaga kecantikan kulit.

  1. Sebagai Antiseptik Alami

Jamu kunyit tawar yang biasanya dibuat dari bubuk kunyit yang diseduh dengan air panas atau air hangat juga dapat digunakan sebagai antiseptik alami membantu penyembuhan luka.

  1. Menghilangkan Keputihan

Untuk wanita yang mengalami masalah keputihan juga dianjurkan untuk mengkonsumsi jamu kunyit tawar secara teratur.

Manfaat jamu kunyit tawar ternyata sangat beragam mulai dari menjaga kesehatan pencernaan sampai menjaga kesehatan kewanitaan. Kunyit juga baik untuk kulit sehingga tidak jarang kunyit digunakan sebagai salah satu bahan utama kosmetik atau produk perawatan kecantikan kulit.

, ,
Oleh :
Kategori : Minuman