6 Manfaat Jambu Monyet Untuk Lambung dan Pencernaan

Jambu monyer atau jambu mete atau jambu bol merupakan salah satu jenis buah jambu, yang mana secara umum lebih dikenal biji jambunya dibandingkan dengan buahnya. Namun siapa sangka bahwa banyak manfaat jambu monyet pada , daun, batang dan bijinya yang artinya hampir seluruh bagian tanaman jambu monyet berkhasiat untuk manusia, terutama bagi kesehatan. Namun pada artikel kali ini akan dibahas lebih khusus mengenai manfaat jambu monyet untuk lambung beserta dengan bagaimana cara untuk menggunakan jambu monyet. Simak pembahasannya berikut ini ya.

Khasiat jambu monyet untuk kesehatan lambung

Sebelum membahas manfaatnya perlu diketahui bahwa jambu monyet memiliki banyak kandungan bermanfaat seperti serat, vitamin A, vitamin C, tanin, kalsium, protein dan nutrisi bermanfaat lainnya. Dengan beberapa kandungan di dalamnya, buah yang berasal dari daerah tropis ini memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan organ lambung seperti berikut ini:

  • Salah satu manfaat jambu mete atau gangguan lambung adalah untuk mengatasi penyakit maag. Di mana maag merupakan peradangan pada lambung, bisa menimbulkan rasa sakit dan mulas pada perut yang akan kambuh ketika penderitanya telat makan.
  • Serat yang terkandung di dalam jambu monyet bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Di samping itu serat juga bisa membantu menurunkan asam lambung yang tinggi, sehingga buah jambu monyet sangat disarankan untuk dikonsumsi untuk asam lambung.
  • Seperti halnya dengan manfaat temulawak untuk lambung, jambu monyet memiliki kandungan anti bakteri dan vitamin C yang mana dapat menetralisir toksin, menyembuhkan maag dan mengatasi bakteri Helicobacter pylori yang dapat menyebabkan gastritis. Gastritis ini biasanya akan timbul jika maag yang dialami sudah termasuk parah.
  • Manfaat jambu monyet untuk lambung selanjutnya adalah dapat membersihkan toksin atau racun yang menumpuk dan menghambat saluran pencernaan. Sehingga sistem pencernaan bisa berfungsi dengan normal, juga terhindar dari masalah pencernaan seperti mulas atau sembelit.
  • Memiliki gangguan pada sistem pencernaan bisa sangat merepotkan, apalagi jika menyebabkan bolak balik kamar mandi. Salah satu manfaat jambu bol untuk kesehatan pencernaan adalah karena kandungan astringen, yang dapat merangsang enzim yang berhubungan dan bisa mengatasi gangguan pencernaan.
  • Kandungan senyawa antioksidan, anti bakteri, vitamin dan nutrisi lain di dalam jambu monyet dapat menjaga kesehatan lambung dan pencernaan, sehingga dapat mencegahnya terserang penyakit. Misalnya terserang infeksi dari bakteri, mencegah dan membantu pengobatan tumor atau lainnya.

Cara mengolah jambu monyet

Setelah mengetahui berbagai manfaat jambu mete untuk maag di atas, tentunya harus diketahui mengenai bagaimana cara mengolah jambu monyet. Di bawah ini adalah beberapa cara dan langkah yang bisa diikuti:

  • Siapkan 1-2 buah jambu monyet yang telah matang, hilangkan biji metenya.
  • Cuci jambu sampai benar-benar bersih tidak perlu dikupas, lalu potong beberapa bagian kecil.
  • Masukkan potongan jambu monyet ke dalam wadah bersih, hancurkan kasar. Lalu tambahkan garam secukupnya, aduk-aduk sampai merata.
  • Masukkan air hangat sebanyak 1 gelas, lalu aduk sambil ditekan-tekan pada jambu sampai merata.
  • Teakhir, saring airnya lalu minum air saringannya untuk mengatasi gangguan lambung dan pencernaan.

Ramuan dari jambu monyet di atas bisa dikonsumsi 1 kali dalam sehari, setiap pagi secara rutin sampai sakit yang dialami hilang. Demikian pembahasan mengenai beberapa manfaat jambu monyet untuk lambung dan pencernaan, semoga bermanfaat.

,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan