9 Manfaat Jambu Air Dalhari Untuk Kesehatan

Jambu air Dalhari bernama Latin Syzygium Samaragense memiliki warna yang menarik dengan daging buahnya yang berwarna merah hati. Dagingnya juga tebal dan bertekstur renyah, rasanya sangat manis dan jarang berbiji. Jambu air ini berasal dari Yogyakarta dan sangat terkenal akan tekstur buah yang kenyal dan segar sehingga menjadi salah satu jambu varietas unggul di Indonesia. Sentra penghasil jambu air Dalhari saat ini terletak di Dusun Krasaan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah. Pada tahun 1980, salah satu warga dari dusun tersebut bernama Dalhari mencangkok pohon jambu yang berasal dari dusun Candibang karena tertarik melihat pohon jambu yang buahnya besar dan rasanya manis. Pohon induk jambu tersebut kemudian mati, namun pohon cangkokan Dalhari tumbuh subur. Sejak itu dilakukan pencangkokan baru yang dibagikan kepada para tetangganya, hingga dusun tersebut terkenal sebagai sentra produksi jambu air Dalhari. Perawatannya juga termasuk mudah sama dengan jenis jambu air lainnya, bisa tumbuh subur di dataran rendah hingga ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Masa produksinya berjarak 3 hingga 5 tahun dari proses penanamannya, dan termasuk tanaman yang mudah berbuah.

Khasiat Jambu Air

Masa panen jambu air biasanya terjadi setiap bulan Juli hingga September dengan puncak panen pada bulan Agustus. Dengan suplai air yang cukup, jambu air ini bisa tumbuh optimal. Jambu air kaya akan nutrisi antara lain berupa protein, serat, kalsium, zat besi, vitamin A ,vitamin C, zat besi, kalsium, potasium, magnesium, fosfor, asam sitrat, tembaga, asam sulfurik dan natrium. Manfaat jambu air Dalhari seperti juga jambu air lainnya yaitu:

1. Bagus untuk gula darah

Kulitnya mengandung senyawa alkaloid jambosine yang bersifat terapeutik untuk para penderita diabetes. Jambosine adalah alkaloid yang mengontrol konversi pati, menjaga gula dan mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Kadar indeks glikemik rendahnya dari jambu air juga dapat memberikan manfaat jambu air Dalhari untuk menurunkan kadar gula dalam darah. [AdSense-B]

2. Membersihkan organ dalam

Jambu air bersifat diuretik sehingga dengan mengonsumsi rebusan atau jus jambu air akan berguna membersihkan organ hati dan ginjal dari zat beracun. Dengan demikian, manfaat jambu air Dalhari akan berguna untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan meningkatkan fungsi organ.

3. Menjaga pencernaan

Jambu air mengandung sera yang bisa mencegah terjadinya sembelit dan kembung dalam pencernaan. Bijinya juga bagus untuk digunakan dalam pengobatan diare. Seratnya juga dapat membantu mengontrol berat badan sehingga dapat menghindari obesitas.Begitu juga dengan manfaat jambu air darsono, manfaat jambu klutuk dan manfaat jambu biji.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Terkait dengan kandungan sejumlah besar vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya maka jambu air dapat meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan vitamin C dapat melindungi dari infeksi mikroba dan vitamin A juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan efektif. Zat besi dan kalsium didalamnya juga dapat menjaga tubuh tetap sehat serta melindungi dari berbagai penyakit menular.

5. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C didalam jambu air dapat menjaga sel – sel tubuh agar tetap sehat dengan cara melindungi sel dan jaringan dari kerusakan oksidatif. Selain itu juga melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan jamur, termasuk infeksi pada kulit.

6. Menjaga kesehatan jantung

Jambu air kaya akan berbagai nutrisi dan mengandung antioksidan serta kalium yang bisa membantu mengatur kadar kolesterol sehingga bisa mencegah resiko dari berbagai penyakit seperti serangan jantung, stroke dan lainnya. serat dan nutrisi dalam jambu air dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam pembuluh darah sehingga mencegah pembentukan plak pada pembuluh yang akan mengurangi beban kerja jantung serta mencegah komplikasi penyakit kardiovaskular yang lain. [AdSense-C]

7. Mencegah kanker

Manfaat jambu air Dalhari yang mengandung vitamin A dan C dapat melindungi tubuh dari penyakit kanker seperti kanker payudara dan kanker prostat, dan secara efektif melawan perkembangan tumor serta sel – sel kanker. Anda juga bisa mencoba manfaat jambu susu, manfaat jambu madu dan manfaat jambu biji kuning.

8. Menyehatkan tulang

Jambu air mengandung kalsium sebagai senyawa yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang agar tetap kuat dan sehat. Mengonsumsi buah jambu air dalam porsi yang cukup akan membuat tulang kita menjadi lebih kuat dan tidak mudah mengalami osteoporosis.

9. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dalam jambu air bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan membantu memelihara penglihatan yang lebih tajam sehingga kondisi mata Anda tetap prima dan sehat tanpa bantuan kacamata atau mengalami rabun.

Melalui Keputusan Menteri Pertanian nomor 121/KPS/LB240/2/2005, varietas jambu air Dalhari ditetapkan sebagai salah satu varietas unggul dan diberi nama jambu air Dalhari sesuai dengan nama orang yang melestarikannya. Sebelum dipatenkan, harga jambu air Dalhari hanya sebesar 2000 rupiah per kilogram, sedangkan harga setelah dipatenkan mencapai 10 ribu rupiah per kilogramnya. Untuk mendapatkan manfaat jambu air Dalhari, bisa dilakukan dengan cara pencangkokan. Pemupukannya juga dapat dilakukan sebelum dan sesudah berbuah, setelah penyiangan. Pemangkasan untuk pemeliharaan dapat dilakukan setiap saat kecuali ketika tanaman sedang berbunga dengan memangkas dahan yang sudah tua, yang mati karena kering, tidak sempurna, tidak produktif atau karena diserang hama untuk mempermudah pemeliharaan jambu tersebut.