9 Manfaat Jagung Goreng Untuk Kesehatan Tubuh

Bagi masyarakat Indonesia yang sebagian besar mengenal beras sebagai bahan makanan pokoknya, jagung mungkin tidak terlalu dikenal sebagai bahan makanan pokok. Padahal selain gandum dan padi, jagung merupakan tanaman pangan penghasil karbohidrat terpenting di dunia. Jagung juga kerap dikonsumsi sebagai bahan makanan pokok antara lain oleh para penduduk Amerika Tengah dan Selatan, juga Afrika dan beberapa daerah di Indonesia.

Tanaman yang memiliki nama latin Zea Mays ini juga kerap dikonsumsi sebagai makanan pendamping nasi, terutama jagung manis. Bukan hanya manfaat jagung untuk ayam saja.  Manfaat jagung untuk kesehatan sama dengan manfaat jagung muda yang juga sudah banyak diketahui oleh orang bagaimanapun cara pengolahannya. Banyak cara lain untuk mengolah jagung, antara lain dengan cara digoreng. Beberapa hal yang akan Anda dapatkan dari manfaat jagung goreng untuk kesehatan bisa disimak dalam pembahasan berikut.

1. Menyehatkan organ pencernaan

Jagung mengandung serat yang cukup tinggi untuk dapat membantu meningkatkan kesehatan organ pencernaan. Organ pencernaan yang sehat tentunya akan menjamin kelancaran proses pencernaan di tubuh kita juga, dan menghindari timbulnya berbagai masalah kesehatan yang diakibatkan hambatan pada proses pencernaan seperti sembelit, gangguan pencernaan dan sebagainya. Maka dari itu, manfaat jagung manis goreng sangat baik untuk pencernaan tubuh. Menurut penelitian, sebanyak satu porsi jagung saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan serat sebanyak 10 persen per harinya.

2. Menguatkan tulang

Nutrisi yang terkandung di dalam jagung adalah magnesium, mangan, besi, tembaga, juga fosfor. Semuanya dapat membantu asupan nutrisi untuk tulang agar lebih kuat dan kokoh sehingga meminimalkan resiko dari osteoporosis. Osteoporosis adalah kondisi pengeroposan tulang yang disebabkan kurangnya asupan kalsium untuk tubuh, biasanya terjadi pada usia lanjut. Walaupun demikian, asupan kalsium yang buruk bisa saja mengakibatkan osteoporosis yang terjadi pada usia muda. Manfaat jagung goreng dapat mencegah hal tersebut. Ada pula manfaat kulit jagung yang bisa Anda gunakan.

3. Menjadikan kulit awet muda

Sebagaimana organ tubuh lainnya, kulit juga membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk memelihara kondisinya. Manfaat jagung goreng akan memberikan kulit nutrisi yang dibutuhkannya. Antioksidan yang melimpah yang terkandung pada jagung akan membantu untuk menutrisi semua jaringan kulit di tubuh Anda. Dengan nutrisi yang cukup, maka jaringan kulit akan mudah memperbarui dirinya sendiri sehingga kulit akan selalu tampak muda dan segar. Begitu juga dengan manfaat jagung rebus untuk diet.

4. Mencegah anemia

Anemia adalah suatu kondisi yang dialami ketika tubuh mengalami kekurangan sel darah merah, yang ditandai dengan gejala pusing kepala dan bahkan bisa mengalami pingsan. Diperlukan asam folat, zat besi dan vitamin B12 yang terkandung di dalam jagung untuk mencegah seseorang mengalami anemia. Manfaat jagung goreng akan berguna dalam hal ini karena jagung mengandung kedua zat tersebut dalam jumlah yang banyak. Manfaat jagung manis untuk diet akan mendukung kesehatan tubuh selama diet dengan mencegah anemia.

5. Menyehatkan jantung

Kandungan jagung antara lain vitamin C, karotenoid, juga biovflavonoid yang berguna untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan kelancaran peredaran darah di dalam tubuh. Dengan lancarnya peredaran darah maka akan meminimalkan resiko penyakit jantung yang terjadi karena penyumbatan dalam pembuluh darah arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung pada seseorang. Peningkatan asam amino bisa mengakibatkan masalah pada pembuluh darah. Kandungan folat dalam jagung juga akan membantu menurunkan kadar asam amino dalam pembuluh darah yang mempengaruhi jantung.

6. Menyehatkan mata

Manfaat jagung goreng adalah sebagai salah satu sumber betakaroten yang menjadi cikal bakal vitamin A di dalam tubuh manusia. Konsumsi jagung dalam porsi yang normal akan membantu mencukupi kebutuhan vitamin A untuk kesehatan mata Anda. Jagung juga mengandung karotenoid yang akan menurunkan resiko terjadinya kerusakan mata di usia lanjut. Pigmen zeaxanthin yang ada di dalam jagung juga akan melindungi mata dari penyakit misalnya degenerasi makula.


7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jagung manis penuh dengan kandungan protein dan vitamin C, yang sangat baik untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga dapat mencegah penyakit seperti demam, pilek, dan flu. Asupan protein dari manfaat jagung goreng juga akan sangat baik untuk mempertahankan kekuatan tubuh.

8. Mengatasi kanker

Jagung kaya akan antioksidan yang dapat melawan beberapa macam kanker seperti kanker payudara dan kanker hati. Jagung juga dapat membunuh sel – sel kanker tanpa mempengaruhi sel yang sehat dalam tubuh. Zat kimia alami dalam jagung bernama cryptoxanthin yang diserap tubuh dapat berubah menjadi vitamin A, karena itu dapat membantu mencegah kanker paru – paru dan yang lainnya.

9. Meningkatkan daya ingat

Sering melupakan hal – hal yang penting bisa saja menunjukkan bahwa daya ingat Anda sudah menurun. Oleh karena itu, jagung yang mengandung thiamine dan vitamin B1 dapat meningkatkan kemampuan mengingat dan juga mencegah datangnya penyakit yang berhubungan, misalnya mengurangi masalah yang terjadi pada pasien alzheimer.

Manfaat jagung goreng bagi kesehatan memang akan cocok bagi Anda yang menyenangi makanan gorengan. Akan tetapi, kita juga tahu bahwa resiko mengonsumsi makanan yang digoreng terlalu banyak adalah timbulnya masalah kolesterol tinggi. Untuk itu, Anda harus memperhatikan penggunaan minyak untuk menggoreng. Anda bisa menggunakan VCO atau Virgin Coconut Oil yang merupakan jenis minyak paling stabil saat dipanaskan. Begitu juga dengan minyak zaitun jenis extra light olive oil dan juga canola oil. Walaupun menggunakan minyak yang aman untuk menggoreng, Anda juga perlu memperhatikan porsi konsumsi jagung goreng agar tidak berlebihan.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan