9 Manfaat Jagung Bakar Bagi Kesehatan Tubuh

Jagung adalah salah satu makanan pokok orang Indonesia dan banyak digemari karena mengandung karbohidrat tinggi sehingga cepat membuat kenyang.  Jagung yang memiliki nama latin Zea Mays ini mengandung sekitar 69,1 gram karbohidrat per 100 gramnya, 9,8 gram protein, 7,3 gram lemak, dan 2,2 gram serat. Selain itu jagung juga mengandung beragam vitamin dan mineral seperti 30 mg kalsium, 538 mg fosfor, 2,3 mg besi, 79,3 mg kalium dan 3 mg vitamin C. Jagung dapat diolah menjadi beragam variasi masakan untuk mendapatkan manfaatnya baik itu makanan modern seperti pop corn maupun diolah menjadi jagung rebus, perkedel jagung, sayur bening ataupun jagung bakar

Khasiat Jagung Bakar Untuk Tubuh

Jagung bakar merupakan salah satu makanan kegemaran yang kerap dimasak ketika sedang berada di luar ruangan, kemping, atau dimakan ketika cuaca sedang dingin. Tidak hanya ada manfaat jagung untuk ayam, namun makanan ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah manfaat jagung bakar untuk kesehatan tubuh:

1. Menjadi Sumber Energi

Kandungan nutrisi utama yang ada pada jagung adalah karbohidrat yang hampir dapat memenuhi sekitar 6-7 persen dari kebutuhan harian manusia. Karbohidrat pada jagung berupa karbohidrat kompleks, tidak seperti roti atau nasi putih yang cepat menjadi gula dalam tubuh, namun dapat memberikan suplai energi yang stabil dan tahan lama bagi tubuh. Selain itu manfaat jagung manis juga mengandung banyak serat dan protein, yang dicerna lambat pada tubuh sehingga dapat mengendalikan kadar gula darah dengan memperlambat kecepatan pemecahan glukosa ke aliran darah.

2. Berguna Untuk Mata

Kandungan vitamin C sebanyak 8 persen dari kebutuhan harian menjadi manfaat jagung bakar yang lainnya. Vitamin C penting dalam proses perbaikan sel, peningkatan kekebalan tubuh dan anti penuaan. Jagung juga mengandung karotenoid berupa lutein dan zeaxanthin yang dikenal bisa menunjang sistem kekebalan tubuh. Kadar dua jenis karotenoid yang tinggi dalam darah berkaitan dengan penurunan resiko dari penyakit degenerasi makular dan katarak yang umum menjadi penyebab kebutaan. Selain itu jagung juga mengandung vitamin A yang diketahui sangat bagus untuk mata.

3. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Manfaat jagung bakar sebagaimana manfaat jagung muda juga berasal dari kandungan vitamin C, karotenoid dan bioflavonoid dapat menjaga jantung tetap sehat dengan pengendalian kadar kolesterol dalam darah dan mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh. Tidak hanya itu, ada pula manfaat kulit jagung, manfaat jagung putih dan manfaat jagung manis rebus bagi Anda yang tidak menyukai jagung bakar.


4. Mencegah Diabetes dan Darah Tinggi

Jagung mengandung senyawa fitokomia fenolik yang dapat mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh manusia. Dengan demikian memungkinkan penderita diabetes untuk tetap menjalani kehidupan normal. Senyawa ini juga akan membantu mencegah penyakit darah tinggi pada tubuh. Anda juga bisa mencoba manfaat jagung manis untuk diet.

5. Melancarkan Pencernaan

Jagung adalah makanan yang kaya akan kandungan serat baik yang mudah larut dan yang tidak. Serat yang mudah larut akan membantu memblokir penyerapan kolesterol pada tubuh. Mengonsumsi jagung juga akan membuat proses buang air besar lebih lancar, menghindari masalah seperti sembelit, wasir dan kanker usus besar.

6. Mengurangi Resiko Kanker Usus

Kandungan serat pada jagung dapat mencapai 2 hingga 4 gram per 100 gramnya atau sama dengan 9 persen kebutuhan serat harian. Konsumsi manfaat jagung dapat mendukung pertumbuhan bakteri ramah di usus besar yang akan mengubah asam lemak rantai pendek dalam tubuh.

7. Mencegah Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit degeneratif yang ditandai oleh penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan juga kemampuan berbicara. Jagung mengandung vitamin B1 atau Thiamine yang mempunyai peranan penting pada otak agar dapat bekerja secara normal dan mengurangi resiko penyakit Alzheimer.

8. Mencegah Anemia

Kekurangan sel darah merah atau hemoglobin dalam darah merupakan sumber penyakit anemia. Kandungan zat besi dalam jagung adalah mineral yang penting untuk berperan dalam proses pembentukan sel darah merah, maka kekurangan zat besi akan menyebabkan anemia.

9. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi dimana terjadi pengapuran dan pengeroposan tulang. Pencegahan osteoporosis dapat dilakukan dengan banyak mengonsumsi jagung, namun tidak berlebihan. Jagung mengandung fosfor yang sangat baik untuk mencegah pengeroposan tulang dan menjaga agar tulang Anda tetap kuat.


Tips Mengonsumsi  Jagung

Agar mendapatkan manfaat jagung bakar secara maksimal, Anda perlu memilih dan mengonsumsi jagung dengan seksama. Beberapa cara memilih jagung yang aman antara lain:

  • Apabila memungkinkan, pilihlah jagung berkualitas baik berupa jagung organik atau yang ditanam tanpa menggunakan bahan kimia.
  • Pastikan jagung yang akan dikonsumsi sudah dicuci dan dimasak dengan cara yang baik sehingga higienitasnya terjaga.
  • Perhatikan tempat pengolahan jagung tersebut jika Anda membeli untuk dikonsumsi apakah tempat penjualannya bersih dan aman.
  • Usahakan untuk membuang bagian yang gosong ketika dibakar atau membakar jagung tidak sampai gosong.
  • Hindari berbagai bahan tambahan dalam mengolah jagung menjadi makanan yang akan dikonsumsi.
  • Selalu gunakan jagung yang segar dan jangan memilih kulit jagung yang berantakan.

Walaupun manfaat jagung bakar juga sangat bagus bagi tubuh sebagaimana manfaat yang bisa didapatkan dari berbagai makanan olahan jagung lainnya, tetapi Anda tetap hars mengonsumsinya berdasarkan takaran yang aman. Mengonsumsi jagung bakar berlebihan tidak akan membawa manfaat yang positif, justru sebaliknya bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Begitu juga dengan menambahkan banyak perasa tambahan pada jagung bakar Anda seperti gula, saus, mentega atau lainnya yang akan menghilangkan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan