8 Manfaat Internet di Bidang Sosial dan Komunikasi

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna internet tertinggi di kawasan Asia. Hal ini justru menimbulkan banyak sekali pro dan kontra dimana banyak pertanyaan bermunculan tentang manfaat internet bagi masyarakat dan kehidupan sosial. Sayangnya penggunaan yang kurang bijak justru menimbulkan banyak sekali permasalahan sosial di masyarakat.

Manfaat Internet di Bidang Sosial

Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang artinya tidak ada seorangpun yang bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Fakta tersebut semakin diperkuat dengan keberadaan internet dimana manfaat internet di bidang sosial memiliki pernanan yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

  1. Tempat Terbentuknya Forum-forum Sosial

Salah satu manfaat internet di bidang sosial yang paling utama adalah mewadahi terbentuknya forum-forum sosial. Setiap kegiatan sosial tak lagi terbatas pada ruang karena hanya lewat media sosial atau internet sudah dapat menjangkau seluruh anggota forum yang tidak berada di satu wilayah. Salah satu manfaat media sosial bagi Pendidikan adalah dimana para ahli bisa berkumpul jadi satu hanya dalam sebuah forum online.

  1. Solusi untuk Memperluas Jaringan secara Global

Jika dulu jaringan dibangun dengan cara door to door sekarang hanya dengan melakukan beberapa klik di kursor sudah dapat mendapatkan akses jaringan ke berbagai media sosial yang tak hanya terbatas pada ruang lingkup tertentu tapi secara global. Jadi tidak heran jika internet merupakan sarana yang paling cocok untuk memperluas jaringan bisnis atau sebagai media promosi.

  1. Sarana Silahturahmi

Secara sosial manusia tak lepas dari manusia lain terutama keluarga, teman bahkan rekan kerja. Oleh karena itu menjalin silahturahmi sangatlah penting selain dapat tetap menjaga komunikasi juga bisa menjaga jaringan tetap erat dan ini merupakan manfaat sosial media. Internet memberi kemudahan karena segalanya bisa terkoneksi tidak perduli dimanapun Anda berada asalkan terkoneksi dengan sinyal internet tentunya.

  1. Memfasilitasi Interaksi Komunikasi

Komunikasi yang baik merupakan kunci dari kehidupan sosial yang baik. Internet saat ini memberikan fasilitas yang berlimpah terkait dengan interaksi komunikasi baik lewat status di facebook, privat message di WA atau hanya sekedar komenter penyemangat lewat status Instagram. Semua itu difasilitasi langsung dan bisa diakses oleh siapa saja secara gratis dan merupakan salah satu dari manfaat IT atau berkembangnya teknologi informasi secara luas.

  1. Dapat Berkomunikasi Dari Mana Saja dan Kapan Saja

Mungkin satu-satunya hal yang dapat membatasi orang dari kebutuhkan berkomunikasi adalah sinyal yang memadai. Namun saat ini hal tersebut pun hanya menjadi masalah di lokasi-lokasi tertentu saja. Internet memberikan keleluasaan kepada siapa saja untuk berkomunikasi kapan saja dan dari mana saja. Jika dulu berkomunikasi hanya lewat media suara sekarang bisa dengan video call yang tentunya sangat cocok bagi mereka yang sedang melepas rindu seperti orangtua yang harus menyekolahkan anak-anak mereka di tempat jauh.

  1. Sumber Informasi bagi Masyarakat Sosial

Mendapatkan informasi yang cepat dan tepat sepertinya sudah menjadi hak mutlak masyarakat sosial saat ini dan internet memberikan segala kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses informasi. Saat ini hanya dengan mengetikkan kata kunci di mesin pencari, langsung muncul rekomendasi artikel-artikel terkait yang bisa dijadikan bacaan. Jika tidak puas dengan artikel tertulis bisa menfaatkan forum-forum untuk bertanya langsung bahkan berkomunikasi langsung dengan pakarnya. Berbeda dengan dulu, walau banyak manfaat membaca buku namun tetap saja informasinya bisa saja ketinggalan jaman.

  1. Meningkatkan Intensitas Interaksi Sosial

Manfaat lain dari internet di bidang sosial adalah dapat membantu meningkatkan intensitas interkasi sosial. Yang jauh bisa diketakan yang tadinya tidak nyaman berkomunikasi langsung bisa dengan mudahnya berkomunikasi secara tertulis lewat pesan singkat. Intensitas interaksi sosial sangatlah penting untuk menjaga kedekatan atau kualitas interkasi. Semakin sering interaksi sosial terjalin semakin dekat koneksi yang terjalin. Begitu juga ketika akan menjaga relasi dengan rekan bisnis, semakin sering interaksi terjalin maka akan semakin baik relasi yang terjalin.

  1. Media Presentasi Identitas Sosial

Saat ini siapa saja bisa memanfaatkan internet untuk mempresentasikan identitas sosial mereka. Tidak sulit memviral sesuatu dengan menggunakan internet dan tidak heran banyak sekali seleb-selebl internet baru yang bermunculan hanya karena konten-konten yang mereka bagikan sangat menarik padahal dibalik itu tidak diketahui prestasi apa saja yang sudah dibuat. Saat ini bertebaran para selebgram dengan jutaan follower yang berhasil memanfaatkan media sosial dan internet untuk membuat diri mereka terkenal. Jika sudah begitu tidak sulit untuk mendapatkan pendapatan lewat internet lewat endorsement, google adsense dan masih banyak lagi.

Tak hanya masyarakat awam saja yang memanfaatkan internet atau media sosial untuk bersosialisasi bahkan seorang Presiden Joko Widodo-pun suka membuat Vlog yang kemudian dibagikan lewat media sosial dengan tujuan dapat selalu bersosialisasi dengan rakyatnya. Hal ini menunjukkan bahwa secara sosial, internet sudah menjangkau segala kalangan. Selama penggunaan internet digunakan secara bijak maka banyak sekali manfaat yang bisa diambil namun sebaliknya jika digunakan dengan salah justru banyak masalah yang akan muncul.