10 Manfaat Clean Master pada HP Android

Pernahkan anda merasa bahwa smartphone yang biasa digunakan, mengalami gangguan seperti :

  • Kinerja ponsel yang menjadi lambat?
  • Kapasitas ponsel yang tidak mencukupi lagi untuk menginstal aplikasi atau menyimpan foto-foto atau video?
  • Baterai yang mudah sekali habis meskipun baru saja digunakan?
  • Perangkat ponsel pintar Anda menjadi terlalu panas?
  • Atau Anda kesulitan untuk menjaga privacy beberapa aplikasi dari orang lain?

Jika benar demikian, maka sudah saatnya Anda untuk mulai mencoba menginstal sebuah aplikasi yang dapat membantu anda untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Aplikasi tersebut dinamakan “Clean Master.”

Apa Itu Clean Master ??

manfaat clean masterClean Master adalah alat utilitas yang berguna untuk membantu pengguna ponsel pintar dalam membersihkan perangkat tersebut. Dengan menginstal aplikasi ini maka akan membantu untuk mengumpulkan file-file yang tidak perlu yang membebani perangkat ponsel serta memakan ruang dalam ponsel yang cukup besar yang pada akhirnya dapat mengganggu kinerja perangkat ponsel menjadi lelet atau lambat. Selain memiliki desain yang mudah dimengerti, aplikasi Clean Master juga sangat mudah untuk digunakan. Setelah memasang aplikasi ini, ponsel dijamin akan berjalan lebih cepat dan optimal.

Fitur-fitur serta manfaat yang terdapat pada aplikasi ini antara lain adalah :

1. Application Lock

Application Lock dapat membantu pengguna ponsel untuk mengunci beberapa aplikasi seperti Facebook, SMS, Kontak, Galeri, maupun aplikasi-aplikasi lainnya sesuai pilihan pengguna.  Dengan demikian, manfaat clean master ini akan memudahkan pengguna ponsel dalam menjaga privacy data-data yang mereka inginkan.

2. Duplicate photo remover

Aplikasi Clean Master memungkinkan seorang pengguna ponsel dalam mengidentifikasi gambar-gambar atau foto secara otomatis. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memberikan pilihan bagi pengguna untuk tetap menyimpan atau menghapus gambar-gambar tersebut.

3. Junk File Cleaning

Ini merupakan sebuah fitur yang ditawarkan aplikasi Clean Master dimana fungsinya adalah untuk menghapus cache dan residual files untuk menambah ruang atau kapasitas dari Micro SD. Selain itu, fiture ini juga dapat meningkatkan kecepatan serta untuk meningkatkan performa ponsel secara keseluruhan. Sebagai contoh adalah pada saat saat pengguna ponsel pintar membuka sebuah  browser atau aplikasi yang lain, maka ponsel akan dapat menyimpan gambar-gambar yang ada pada website yang telah dikunjungi sebagai berkas pada cache.

Fitur ini dapat membantu membersihkan cache secara berkala, sehingga dapat menghemat ruang memory dan bisa mempercepat performa ponsel.

4. Memory Boost

Penggunaan berbagai macam aplikasi pada ponsel dapat mengakibatkan berkurangnya sistem RAM dan juga dapat membuat baterai ponsel cepat habis. Fitur Task Killer yang ditawarkan oleh manfaat Clean Master ini, dapat membantu untuk menghentikan task proses yang tidak diinginkan. Kemudian hal tersebut akan dapat menambah ruang RAM serta dapat membuat kinerja ponsel menjadi lebih optimal.

5. CPU Cooler

Kegunaan dari fiture yang ditawarkan aplikasi Clean Master ini adalah untuk mendinginkan perangkat ponsel, yaitu dengan cara mencari dan menghentikan aplikasi yang dapat menyebabkan perangkat menjadi terlalu panas. Selain itu juga, fitur ini juga dapat membuat baterai ponsel dapat bertahan lebih lama.

6. Anti Virus

Fiture anti virus yang terdapat dalam aplikasi Clean Master merupakan fiture yang telah dipercaya dengan kualitas yang profesional dalam melakukan pemindaian perangkat dalam waktu yang relatif singkat, yaitu sekitar 8 menit saja. Fitur ini menjadi pilihan para pengguna karena dapat melakukan pemindaian virus dengan lebih akurat daripada fiture antivirus berbayar lainnya.

Fitur ini sangat berguna untuk melindungi perangkat dari berbagai jenis virus seperti trojan, vulnerabilities, adware, maupun spyware yaitu dengan memindai sistem maupun aplikasi lainnya.

7. Game Booster

Aplikasi Clean Master juga diciptakan untuk meningkatkan kecepatan permainan atau games hingga mencapai 30% maupun aplikasi lainnya. Hal ini dilakukan dengan jalan mengosongkan memory sehingga device lebih optimal.

8. Auto Start Manager

Fiture ini ditawarkan Clean Master untuk mencegah aplikasi dari autostarting serta untuk mempercepat kinerja perangkat atau device.

9. Application Manager

Fitur Application Manager yang terdapat dalam Clean mater ini dapat membantu untuk mengatur aplikasi-aplikasi yang terpasang, misalnya adalah untuk memilih aplikasi apa saja yang layak untuk dihapus.

Dari penjelasan diatas, kita bisa simpulkan bahwa Clean Master merupakan salah satu aplikasi terpercaya yang dapat membantu pengguna ponsel pintar untuk menjaga agar kinerja perangkat ponsel menjadi lebih optimal. Manfaat yang bisa kita dapatkan dari aplikasi ini antara lain adalah :

  • Dapat membantu membuang data-data yang tidak berguna (sampah) pada memori ponsel yang menyebabkan perangkat menjadi cepat panas.
  • Dapat menghapus adanya virus atau malware yang dapat mengganggu kinerja perangkat ponsel.
  • Untuk menjaga privasi atau kerahasiaan dari berbagai data maupun aplikasi yang diinginkan pengguna.
  • Menjaga perangkat dari berbagai macam kekacauan yang dapat mengakibatkan lambatnya kinerja perangkat. Sehingga nantinya perangkat akan berjalan lebih optimal.
  • Menambah ruang memory pada perangkat, yaitu dengan membebaskannya dari file-file yang tidak berguna.
  • Dapat menghemat penggunaan baterai pada perangkat ponsel.

Mengenal Aplikasi Clean Master

Clean master (speed Booster) merupakan suatu aplikasi yang telah dikembangkan oleh sebuah developer Android Cheetah Mobile, yaitu sebuah perusahaan internet mobile terkemuka yang telah memiliki lebih dari 362 juta pengguna aktif. Perusahaan ini merupakan penyedia layanan berbagai produk platform seperti Duba.com, Cheetah Browser, pusat permainan, dan toko aplikasi mobile untuk konten global bagi mitra bisnisnya. Aplikasi Clean master diciptakan dengan tujuan untuk mempercepat sistem kerja perangkat android agar tidak mengalami gangguan atau lelet. Aplikasi ini telah didownload oleh ratusan juta pengguna Android. Dimana kapasitas dari aplikasi tersebut adalah 7.8 MB.

Aplikasi ini didukung dalam beberapa bahasa seperti bahasa Inggris, Belanda, Arab, Bulgaria, Cina, Kroasia, Ceko, Perancis, Jerman, Yunani, Ibrani, Hungaria, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Norwegia, Polandia, Portugis, Rumania, Rusia, Serbia, Slovakia, Spanyol, Thailand, Turki, Ukraina, Vietnam, serta bahasa Melayu.