17 Manfaat Ikan Makarel yang Tinggi Omega 3

Ikan makarel termasuk salah satu jenis ikan yang kandungan gizinya sangat tinggi bahkan direkomendasikan untuk anak-anak usia pertumbuhan. Namun di Indonesia, ikan makarel mungkin lebih dikenal dengan istilah ikan kaleng yaitu ikan makarel yang sudah melewati proses pengalengan atau pengawetan. Ikan kaleng makarel juga tersedia dalam berbagai merek.

Manfaat Ikan Makarel

Dibanding dengan ikan makarel kalengan tentunya akan lebih banyak manfaat pada ikan makarel segar karena semua jenis ikan yang sudah melalui proses pengawetan kandungan gizinya akan menurun dengan drastis. Walaupun beberapa merek mengatakan bahwa produk mereka mengandung vitamin dan mineral baik bagi tubuh tapi kandungan tersebut sebenarnya ditambahkan dan bukannya berasal dari ikan makarel. Lalu apa saja manfaat ikan makarel bagi kesehatan manusia.

  1. Sumber Protein Hewani

Salah satu manfaat ikan bagi kesehatan manusia adalah kandungan protein hewaninya. Konsumsi protein hewani dan nabati haruslah seimbang kecuali bagi Anda yang vegetarian. Ikan makarel merupakan salah satu sumber protein hewani yang tinggi untuk mencukupi kecukupan gizi harian.

  1. Tinggi Kandungan Omega 3

Salah satu manfaat utama ikan makarel adalah ikan ini sangat tinggi kandungan omega 3-nya. Manfaat omega 3 untuk kesehatan sendiri sangat baik untuk sistem saraf dan kinerja otak.

  1. Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Ketika hamil seorang ibu mengkonsumsi makanan tidak hanya untuk dirinya sendiri. Ikan makarel yang tinggi kandungan gizinya dianggap mampu mencukupi kecukupan gizi harian ibu hamil beserta janin yang dikandungnya.

  1. Cocok untuk Campuran Makanan Bayi

Selain kaya kandungan gizinya, ikan makarel juga sangat mudah dicerna oleh sistem pencernaan. Oleh karena itu ikan makarel merupakan salah satu jenis ikan yang cocok untuk campuran makanan bayi.

  1. Mengandung Vitamin B12

Defisiensi vitamin B12 bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti anemia dan kerusakan sistem saraf. Mengkonsumsi makarel yang kaya kandungan vitamin B12 tentunya dapat mencegah hal tersebut.

  1. Salah Satu Spesies Ikan yang Rendah Merkuri

Merkuri merupakan salah satu ancaman bagi masyarakat yang biasa mengkonsumsi hasil laut. Namun khusus untuk spesies makarel atlantik termasuk salah satu jenis ikan yang aman dari kontaminasi merkuri.

  1. Sumber Selenium yang Baik

Tahukah Anda bahwa satu filet kecil ikan makarel sudah mampu memenuhi kebutuhan harian selenium Anda sampai 71%. Manfaat selenium sendiri sangat baik untuk membantu mengoptimalkan fungsi jantung dan mengurangi risiko jantung coroner.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Ada banyak alasan mengapa ikan makarel sangat baik untuk kesehatan jantung pertama adalah manfaat potasium yang terkandung di dalamnya, omega 3, magnesium, zat seng, termasuk juga selenium.

  1. Tinggi Kandungan Vitamin D

Kebanyakan orang hanya tahu bahwa vitamin D berasal dari sinar matahari. Sebenarnya ikan makarel juga mengandung vitamin D yang cukup tinggi dan cocok bagi mereka yang mengalami defisiensi vitamin D karena kurang terkena sinar matahari.

  1. Membantu Mengoptimalkan Proses Pertumbuhan

Pada anak dalam masa pertumbuhan memberikan ikan makarel secara teratur sangatlah dianjurkan. Selain itu anak-anak pasti menyukai rasanya yang gurih.

  1. Mengandung Vitamin K

Vitamin K memang dapat diproduksi oleh tubuh tapi dalam kondisi tertentu orang mungkin perlu asupan vitamin K yang optimal seperti ketika harus menghadapi opearsi besar karena manfaat vitamin K memiliki peranan penting dalam proses pembekuan darah dan ikan makarel merupakan salah satu sumber utama vitamin K.

  1. Membantu Mengurangi Level Triglyceride

Kandungan yang berperan aktif dalam membantu mengurangi level triglyceride yang terdapat pada ikan makarel adalah omega 3.

  1. Meregulasi Kolesterol dalam Darah

Ikan makarel yang rendah kandungan kolesterolnya dapat membantu meregulasi kadar kolesterol jahat dalam darah.

  1. Mengurangi Rasa Sakit Penderita Atritis

Kandungan anti inflamasi yang terdapat pada ikan makarel dapat membantu mengurangi rasa sakit yang diderita oleh penderita atritis dan rematik.

  1. Meningkatkan Kinerja Otak

Salah satu fungsi utama kandungan omega 3 dalam ikan makarel adalah dapat meningkatkan kinerja otak. Pada anak dalam masa pertumbuhan, omega 3 mampu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak mereka sehingga anak tumbuh cerdas.

  1. Mengurangi Gejala Penyakit Mental

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi omega 3 dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah penyakit mental termasuk ADHD.

  1. Cocok untuk Diet Berat Badan

Ikan makaren termasuk jenis ikan yang kandungan lemaknya sangat rendah namun kaya gizi. Oleh karena itu ikan makarel sangat cocok untuk Anda yang saat ini sedang melakukan diet penurunan berat badan. Namun tentunya tetap harus memperhatikan bagaimana ikan makarel tersebut diproses atau dimasak.

Gemar makan ikan memang sudah dicanangkan oleh Menteri perikanan kita karena memang ada banyak sekali manfaat gemar makan ikan. Ikan sendiri termasuk jenis produk alam yang cukup gampang ditemukan di Indonesia dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan dibandingkan daging ayam atau sapi. Ikan juga merupakan sumber protein hewani yang tentunya sangat baik untuk pertumbuhan generasi muda bangsa Indonesia.