2 Manfaat Gula Merah Untuk Burung Kacer Peliharaan

Manfaat gula merah untuk kacer sering digunakan oleh para pecinta burung. Kacer merupakan salah satu jeni s burung hias dan memiliki andalan pada kualitas kicauannya. Makin kesini populasi burung kacer makin sedikit, hal ini dikarenakan penangkapan oleh para pemburu.

Tetapi jangan khawatir seiring dengan peminat burung kacer yang makin bertambah, saat ini telah dilakukan pembudidayaan burung kacer. Berbeda dengan manfaat kecap ikan, perlombaan kicau burung kacer sering dilakukan hal ini guna melestarikan dan menjaga dari kepunahan Pengembangbiakan burung kacer juga dapat dijadikan sebagai lahan bisnis yang mampu mendapatkan nilai ekonomis yang lumayan tinggi.

Memiliki suara dan karakteristik kicauan yang merdu serta memiliki bulu yang indah perawatan yang dilakukan memerlukan ketelitian dan ketekunan yang ekstra, langkah-langkah perawatan yang benar diperlukan agar kondisi burung kacer tetap sehat. Burung kacer memiliki karakteristik suara petarung “fighter” layaknya burung murai batu dan burung ciblek, burung kacer memiliki karakteristik bersaing. Jika disampingkan dengan burung lain yang sedang berkicau secara naluriah burung ini akan mengeluarkan kicauan guna menandingi suara burung lain.

Terdapat beberapa jenis burung kacer diantaranya kacer jawa, kacer poci, kacer madagaskar, kacer blorok dan kacer kalimantan. Kacer jawa memiliki ciri khas tubuhnya berwarna hitam dan pada bagian perutnyaa hingga dada, memiliki sayap berwarna putih dan sangat baik dalam menirukan suara burung kicau lain. Kacer poci banyak tersebar di pulau jawa, warna dari dada perut serta pantat mendominasi putih sedangnkan pada bagian atas tubuhnya berwana merah. Kacer madagaskar bukan berasal dari Indonesia, meskipun begitu ciri khasnya adlah suara kicauannya tidak jauh berbeda dengan kacer dalam negeri, kacer madagaskar memiliki warna hitam kebiruan di seluruh tubuhnya sedangkan yang terakhir yaitu kacer blorok, jenis burung ini merupakan persilangan antara kacer jawa dan kacer poci dan madagaskar, suara kicauannya sangat merdu dan keras. Tetapi dari beberapa jenis tersebut burung kacer jawa dan kacer poci merupakan kacer favorit para penggemar burung dikarenakan memiliki suara yang lantang dan keras serta mampu menirukan suara burung kicau lainnya. Berbeda dengan manfaat timun dan jeruk nipis tentunya berbagai kemampuan tersebut harus terus diasah sang pemiliki agar burung kacer mampu memiliki kualitas yang mumpuni guna mengikuti berbagai perlombaan. Perawatan perlu dilakukan seperti makanan apa yang baik untuk dikonsumsi serta ekstra food yang  disarankan, rutinitas mandi, penggunaan kerodong.

Berbeda dengan manfaat bunga air mata ibu , banyak sekali jenis makanan yang diperuntukkan bagi burung kacer salah satunya adalah ekstra food standar yaitu jangkrik, selain itu berbagai bahan alami lain juga memiliki manfaat untuk burung kacer, salah satunya adalah gula merah. Berbagai manfaat gula diantaranya sebagai berikut:


1. Mencegah Penyakit

Gula merah sangat baik guna mencegah kemungkinan burung terjangkit penyakit. Berbeda dengan mengkonsumsi manfaat makanan pahit, dosisi yang diberikan ialah dua kali dalam seminggu. Cara menggunakannya dengan melarutkan gula merah dalam air hangat. Kandungan gizi pada gula merah yakni karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, konsumsi gula merah dapat memperkuat faktor antipatogenik yang berfungsi untuk sistem imunitas tubuh. Faktor antipatogenik perlu ditingkatkan untuk mengurangi resiko faktor patogenik yang menyebabkan burung terjangkit penyakit.

2. Membuat Burung Bersemangat Berkicau

 Air gula merah mampu merangsang burung untuk berkicau. Manfaat daun nangka landa pada asam urat sangat dianjurkan. Burung yang tidak fit menjadi salah satu alasan mengapa sulit berkicau. Dengan mengkonsumsi air gula merah mampu meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh burung sehingga meningkatan volume berkicau burung.

Selain memerikan bahan-bahan alami sebagai makanan pendukung perlu juga ditambahkan beberapa suplemen seperti birdvit, birdfine dan birdshout secara teratur. Semoga bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Hewan