6 Manfaat Gula Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh

Gula merupakan salah satu unsur yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Gula memberikan rasa manis baik untuk minuman maupun makanan. Terdapat berbagai jenis dan macam gula seperti yang telah kita ketahui, salah satunya yakni gula kelapa. Gula kelapa berbeda dengan jenis gula lain seperti gula aren dan gula tebu, karena memang gula kelapa ini berasal dari getah bunga kelapa yang dipanaskan hingga air nira dalam bunga ini menguap dan membentuk kristal gula. Kristal gula inilah yang disebut dengan gula kelapa.

artikel terkait:

Kandungan Dalam Gula Kelapa

Selain memberikan rasa manis, gula kelapa juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Dalam setiap satu ons gula kelapa terdapat beberapa kandungan nutrisi yakni 4 mg zat besi, 90 mg kalsium dan karoten serta laktoflavin. Kandungan lain yang terdapat dalam gula kelapa yakni thiamine, nicotinic acid, ribloflavin, niacin, ascorbatic acid, vitamin C, vitamin B12, vitamin A, vitamin E, asam folat, protein kasar dan garam mineral.

Gula kelapa juga dapat menjadi salah satu rekomendasi gula yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena kandungan gula dalam gula kelapa lebih rendah dibandingkan dengan jenis gula seperti gula pasir. Kandungan kolesterol dalam gula kelapa juga dapat dikatakan 0 atau tidak ada. Sehingga tidak mengandung lemak jenuh yang dapat menaikkan berat badan.

artikel terkait: manfaat kopi pahit tanpa gulamanfaat gula batu

Manfaat Gula Kelapa

Kandungan yang terdapat dalam gula kelapa memiliki khasiat dan manfaatnya masing masing untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat yang diperoleh dari konsumsi gula kelapa diantaranya yakni :

  1. Membersihkan Darah

Ketika aliran darah terganggu karena darah yang kotor, maka akan berpengaruh untuk semua kerja organ dalam tubuh. Karena darah mengalir pada semua bagian tubuh. Dengan mengkonsumsi gula kelapa, darah akan menjadi lebih bersih karena gula kelapa memiliki peran sebagai agen yang mampu membersihkan darah dari racun yang dapat merusak jaringan tubuh.

artikel terkait: manfaat gula aren

  1. Mengobati Luka

Gula kelapa memiliki sifat anti inflamasi dan juga memiliki kandungan antiseptik yang bermanfaat untuk penyembuhan luka. Ketika dalam keadaan darurat tidak terdapat obat untuk mengatasi luka, gula kelapa dapat dijadikan obat tersebut dengan menaburkan gula kelapa di atas luka. Kemudian luka tersebut diplester, agar bakteri dalam luka tersebut akan mati.

artikel terkait: manfaat ikan patin

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Gula kelapa mampu melakukan proses detoksifikasi dalam sistem pencernaan. Dengan menambahkan gula merah dalam susu atau teh atau jenis minuman lain, kandungandalam gula kelapa akan bekerja dalam proses detoksifikasi dalam pencernaan. Dengan begitu, pencernaan akan menjadi lebih sehat karena racun di dalamnya dapat berkurang dan sisitem pencernaan dapat berjalan dengan lancar.

artikel terkait: manfaat minuman isotonik

  1. Mencegah Anemia

Anemia, atau kekurangan sel darah merah akan terjadi apabila zat besi dalam tubuh tidak terpenuhi. Gula kelapa memiliki kandungan zat besi yang mampu menjaga sel darah merah dalam tubuh, terlebih pada wanita yang sedang menstruasi. Dengan begitu,akan menghindarkan kita dari penyakit anemia.

artikel terkait: manfaat tanaman sagu

  1. Mengatasi Sariawan

Mengatasi sariawan dapat dilakukan dengan menggunakan gula kelapa yang diberi campuran kunyit asam. Perpaduan keduanya dapat menghilangkan peradangan dalam sariawan serta menurunkan suhu tubuh, agar tidak terjadi panas dalam.

artikel terkait: manfaat teh afrika

  1. Meredakan Batuk dan Demam

Sifat mendinginkan yang dimiliki gula kelapa dapat berfungsi untuk meredakan batuk dan demam. Dengan menyeduh gula kelapa dengan beberapa menu makanan dan minuman, dengan begitu dapat membantu mengencerkan dahak dan meredakan batuk dengan cepat.

artikel terkait: manfaat teh manis

Tidak hanya memberikan rasa manis pada makanan, gula kelapa juga dapat memberikan rasa manis pada hidup dengan memberikan kandungan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.