8 Manfaat Gemar Menabung Setiap Hari Sejak Dini

Memperkenalkan anak untuk menabung sejak dini seperti saat usia taman kanan-kanak atau usia Sekolah Dasar dengan menyisihkan sebagian uang jajan yang diberikan orang tua, akan melatih anak untuk gemar menabung.

Gemar menabung memiliki dampak positive dan banyak manfaatnya, terutama manfaat menabung akan berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan anak ketika dewasa kelak, karena hampir di setiap lini kehidupan memiliki unsur keuangan, manfaat uang dalam perekonomian sangat besar sehingga memiliki kemampuan pengelolaan keuangan yang baik akan sangat menguntungkan.

Selain bermanfaat untuk pengelolaan keuangan yang baik, gemar menabung juga memiliki manfaat lain diantaranya:

1. Melatih kedisiplinan

Membiasakan menabung sehari Rp 30.000, ketika  menabung 1 bulan akan terkumpul Rp 900.000 dan dalam 1 tahun anda memiliki tabungan sebesar Rp 10.800.000 ilustrasi tersebut sepertinya mudah untuk dilakukan, dan uang yang terkumpul cukup besar untuk simpanan dana darurat atau investasi buat biaya sekolah anak dan lain-lain, namun ternyata dalam pelaksanaanya tidak lah semudah yang kita bayangkan. Dibutuhkan konsistensi, tekad yang kuat dan kedisiplinan untuk menyisihkan uang sebesar Rp 30.000 setiap hari, dan memprioritaskannya sebagai suatu kewajiban.

Dalam penerapan konsistensi dan kedisiplinan menabung perlu latihan agar tidak sulit. Melatih anak menabung sejak dini akan membiasakan anak untuk disiplin dan  menyisihkan uang nya secara rutin, sehingga anak tidak akan kesulitan lagi menyisihkan uang nya setiap hari untuk menabung seperti di celengan, atau di Bank.

2. Membiasakan hidup hemat.

Membiasakan menabung sejak dini akan mengajarkan anak untuk lebih hemat, dengan menyisih kan sebagian uang jajan nya, mengajarkan untuk mengumpulkan sejumlah uang dan memberikan target untuk membeli barang yang diinginkannya, akan memberikan memotivasi kapada anak untuk terus menabung tidak akan menghabiskan uangnya untuk jajannya atau untuk membeli barang-barang yang tidak penting.

3. Mempunyai dana cadangan yang bisa dimanfaatkan saat darurat.

Ibarat pepatah “sedia payung sebelum hujan” pepatah tersebut cocok untuk anda yang memiliki sejumlah tabungan yang bisa dimanfaatkan kapan saja terutama pada saat-saat genting dan darurat.

 

4. Menghindari berhutang.

Memiliki tabungan akan sangat bermanfaat ketika ada kebutuhan tak terduga, sehingga tidak perlu pinjam saudara atau ke Bank untuk mendapatkan dana, andapun terbebas dari hutang.

5. Sebagai Investasi.

Menabung secara konsisten dan disiplin semakin lama tabungan anda pun semakin besar, menyimpan uang di Bank menjadi solusi yang tepat, salah satunya adalah manfaat deposito berjangka, selain dijamin keamanan nya, Manfaat menabung di bank  merupakan salah satu investasi  yang menguntungkan karena mendapatkan manfaat bunga bank yang kompetitif dan akan menambah saldo tabungan anda, tabungan anda juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan baik kebutuhan jangka pendek atau kebutuhan jangka panjang.

6. Mengajarkan anak untuk menghargai uang.

Membiasakan anak menabung perlahan-lahan akan mengubah mindset anak untuk lebih menghargai uang, karena anak merasakan susahnya mengumpulkan dan mendapatkan uang.

7. Belajar mengatur keuangan.

Pola hidup konsumtif akan membuat anda kesulitan dalam mengatur keuangan, apalagi jika anda pecinta barang-barang branded, sehingga sangat dianjurkan untuk belajar mengatur keuangan sejak dini, seperti dengan membiasakan menyisihkan uang jajan untuk menabung, dengan begitu anak akan terdidik untuk mengatur keuangan, sehingga anak sudah tau mana untuk disimpan mana untuk jajan.

8. Melatih Perkembangan otak.

Dengan mengajarkan menabung sejak dini anak akan terbiasa mengatur keuangan, yang secara tidak langsung akan berdampak pada perkembangan otak anak.

 

 

, ,
Post Date: Tuesday 31st, October 2017 / 22:25 Oleh :
Kategori : Kebiasaan