11 Manfaat Evening Primrose Oil – Wanita – Kulit

Evening Primrose Oil adalah salah satu jenis minyak yang dihasilkan dari tanaman Evening Primrose. Tanaman ini termasuk dalam tanaman liar yang banyak ditemukan di kawasan Amerika Timur dan juga Amerika Utara. Tanaman ini sudah dikenal sebagai tanaman obat sejak jaman nenek moyang mereka. Pemakaian tanaman masih secara tradisional dengan menempelkan bunga dan daun pada bagian tubuh yang terluka. Selain itu, penduduk asli juga menggunakan tanaman ini untuk dikonsumsi sebagai manfaat sayuran yang tidak memiliki efek samping.

Fakta Tentang Khasiat Evening Primrose

Perkembangan ilmu pengetahuan mulai menyelidiki bahwa tanaman evening primrose memang memiliki manfaat yang sangat besar. Setelah berbagai jenis manfaatnya diakui maka sekarang tanaman ini banyak diproduksi menjadi minyak yang bermanfaat untuk mengatasi rasa sakit. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan oleh minyak ini adalah jenis penyakit yang berhubungan dengan perubahan hormon seperti ketika wanita sedang menghadapi menstruasi, seperti manfaat daun sirih bagi wanita di Indonesia.

manfaat evening primrose oil

Berikut ini adalah beberapa fakta tentang kandungan evening primrose oil.

  • Tanaman evening primrose mengandung asam lemak esensial yang sangat tinggi. Salah satu jenis minyak yang paling banyak ditemukan adalah asam gamma linoleat. Hampir dari semua tanaman ini mengandung sekitar 65% asam linoleat.
  • Kandungan asam gamma linoleat ternyata bermanfaat untuk merubah hormon yang berpengaruh pada tingkat perasaat saat perempuan sedang haid.
  • Manfaat evening primrose oil juga sangat efektif untuk mengatasi berbagai jenis penyakit peradangan atau gangguan imunitas.

Manfaat minyak yang dihasilkan oleh tanaman evening primrose memang sudah dibuktikan sejak lama. Bahkan pada jaman dahulu nenek moyang memakai tanaman ini untuk mengatasi rasa sakit karena tergores atau rasa tidak nyaman.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari evening primrose oil :

1. Mengobati Penyakit Eksim

Eksim adalah salah satu jenis penyakit gatal pada kulit yang bisa menyebabkan ruam parah, gatal parah hingga infeksi. Eksim adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi jamur dan bakteri yang masuk ke bagian lapisan bawah kulit. Bila tidak diobati maka bisa menjadi infeksi. Manfaat minyak evening primrose berpotensi mengurangi rasa gatal yang berlebihan dan mencegah infeksi.

2. Nyeri Payudara

Wanita yang mengalami menstruasi biasanya merasakan nyeri payudara yang disebabkan karena perubahan hormon reproduksi. Masyarakat Amerika Utara memakai minyak dari manfaat evening primrose untuk membantu mengatasi nyeri payudara. Minyak evening primrose memberikan efek nyaman dan menyegarkan sehingga mengurangi rasa sakit.

3. Mengurangi Sakit PMS

PMS atau premenstrual syndrome adalah rasa sakit pada wanita yang disebabkan karena menstruasi. Rasa sakit biasanya muncul pada bagian punggung, pinggang, sakit kepala hingga sakit perut. Kandungan GLA dalam minyak evening primrose bisa menyeimbangkan masalah hormon yang menyebabkan rasa sakit saat menstruasi.

Tanaman herbal lainnya yang mampu mengatasi masalah ini yaitu :

4. Menyembuhkan Sakit Sendi

Sakit persendian atau reumatik biasanya dialami oleh manula. Penyakit ini bisa disebabkan karena masalah pada tulang seperti kepadatan dan massa tulang. Manfaat evening primrose oil, telah masuk dalam sebuah uji coba untuk mengatasi rasa sakit tersebut. Dalam uji coba tersebut dibuktikan bahwa minyak evening primrose bisa mengurangi rasa sakit pada pagi hari dan nyeri sendi yang sering muncul.

5. Menurunkan Potensi Penyakit Jantung dan Stroke

Penyakit jantung dan stroke banyak disebabkan karena masalah pada pembuluh darah dan tekanan darah tinggi. Selain itu, kolesterol tinggi juga bisa menjadi penyebab yang sangat tinggi. Untuk mengurangi semua potensi penyakit ini maka bisa mengkonsumsi manfaat minyak evening primrose secara rutin.

6. Mengurangi Rasa Lelah

Perasaan lelah bisa muncul karena tekanan pekerjaan atau kelelahan fisik yang terjadi secara beruntun. Untuk mengurangi rasa lelah yang berlebihan maka bisa memakai minyak evening primrose. Minyak ini bisa membuat otot tubuh menjadi lebih baik. Selain itu minyak yang memberikan aroma khas ini mampu memberikan perasaan tenang sehingga perasaan juga menjadi lebih baik.

Khasiat ini juga terdapt pada :

7. Mengatur Berat Badan

Memiliki berat badan yang ideal akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Namun ketika kita tidak mengikuti pola makan yang baik maka bisa menyebabkan masalah berat badan. Minyak evening primrose memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu mengatur berat badan, mengatasi kelebihan kolesterol dan mengurangi potensi tekanan darah tinggi. Minyak ini bisa digunakan sebagai obat maupun bantuan untuk terapi.

8. Mencegah Jerawat

Jerawat yang muncul pada remaja biasanya terjadi karena masalah hormon reproduksi. Gangguan hormon bisa menimbulkan jerawat menjelang dan sesudah menstruasi. Meskipun jerawat yang berhubungan dengan masa puber juga bisa terjadi pada remaja laki-laki. Minyak evening efektif untuk membantu mengatasi jerawat dari dalam dan luar tubuh. Kemampuan minyak evening primrose mampu membuat tubuh membentuk keseimbangan hormon sehingga mencegah munculnya jerawat.

Minyak evening primrose akan mengatasi masalah penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga membuat tumpukan bakteri mati secara perlahan. Minyak ini juga membantu mengatasi peradangan dan menghilangkan bekas jerawat.

9. Mengurangi Rasa Sakit Kepala

Rasa sakit kepala yang disebabkan karena perasaan tertekan, kelelahan dan gangguan flu. Masalah ini juga ternyata juga bisa disembuhkan dengan manfaat evening primrose oil. Minyaknya mengandung senyawa fenilalanin yang bisa mengatasi rasa tertekan dan mengendurkan syaraf di bagian kepala. Dosis yang tepat akan mengurangi rasa sakit kepala secara efektif.

Khasiat seperti ini juga didapat dari :

10. Mengurangi Kerusakan Syaraf pada Diabetes

Kandungan asam gamma linoleat dalam minyak evening primrose ternyata bisa bermanfaat untuk mencegah kerusakan syaraf yang biasanya terjadi pada penderita diabetes. Kerusakan syaraf ini bisa menyebabkan anggota tubuh harus diamputasi. Bahkan beberapa penderita bisa merasakan kesemutan dan mati rasa ringan. Masalah ini bisa diatasi dengan terapi aktif memakai minyak evening primrose.

11. Mengurangi Kerusakan Syaraf

Salah satu gangguan yang paling tidak nyaman untuk orang tua adalah gangguan syaraf. Hal ini bisa disebabkan karena kepadatan tulang yang terus menurun. Untuk mengatasi hal ini maka bisa memakai terapi dengan manfaat evening primrose oil yang mengandung asam esensial. Asam esensial ini bisa mengatasi masalah peradangan dan rasa sakit karena gangguan syaraf.

Hal ini juga ditemui pada :

Efek Samping Evening Primrose

Evening primrose oil bisa digunakan oleh pria dan wanita baik anak-anak hingga manula. Hingga saat ini memang masih belum ditemukan efek samping yang berlebihan. Pemakaian dengan dosis yang tepat yaitu sekitar 6 gram per pemakaian maka tidak menimbulkan masalah atau efek samping.
Pemakaian yang berlebihan bisa menyebabkan beberapa gejala tertentu seperti perasaan kurang nyaman, diare, mual, kemerahan pada kulit dan iritasi.

Kondisi Dilarang untuk Pemakaian Evening Primrose Oil

Meskipun manfaat evening primrose oil bisa digunakan oleh semua orang, namun pada dasarnya ada beberapa kasus yang sangat dilarang. Beberapa orang yang dilarang untuk menggunakan evening primrose oil adalah:

  • Wanita hamil
  • Bayi
  • Penderita Epilepsi
  • Ibu Menyusui
  • Orang yang mengkonsumsi obat anti pembekuan darah