4 Manfaat Pohon Ciplukan untuk Kesehatan

Pohon ciplukan memiliki nama latin physallis peruvinia. Pohon ini termasuk kedalam suku terong – terongan. Kelebihan dari pohon ciplukan adalah kemampuan adaptasinya yang muda. Pohon ini dapat tumbuh subur di tempat yang lembap, satu lagi pohon ini juga termasuk kedalam jenis pohon semak atau dikenal juga dengan tanaman liar. Pohon ciplukan dapat tumbuh pada tanah dengan ketinggian maksimal 1.800 meter diatas permukaan laut.

Adapun tinggi dari batang pohon ciplukan ini bisa mencapai sekitar 30 sampai dengan 50 sentimeter. Dan warna batang yang dimilikinya adalah warna hijau sama seperti warna daunnya. Bentuk dari daun pohon ini berbentuk bundar dan ujungnya lancip. Panjang untuk daunnya adalah 3,5 sampai 10 senti meter dan memiliki lebar 2,5 senti meter. Aslinya pohon ciplukan berasal dari negara Brazil. Ditambah lagi pohon ciplukan ini juga memiliki buah yang dpat dimakan. Rasa dari buahnya adalah asam manis dan enak.

Dalam bidang kesehatan pohon ciplukan ternyata kerap dijadikan sebagai salah satu obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Ini tidak lain karena obat herbal tergolong aman dan tidak memerlukan biaya yang besar untuk mendapatinya. Terlebih pohon ciplukan ini mudah sekali ditemukan. Pohon ini mudah ditemukan di tepi – tepi sungai karena pohon ini cocok dengan tanah yang lembap. Nah, berikut ini manfaat pohon ciplukan untuk kesehatan antara lain :

1.Detoksifikasi

Manfaat detoksifikasi berguna untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh. Proses detoksifikasi yang berhasil biasanya tampak dari kulit yang berangsur menjadi bebas dari berbagai masalah dan cerah merona. Detoksifikasi dapat dilakukan dengan menggunakan manfaat pohon ciplukan. Disini bagian yang kita gunakan adalah buah dari pohon ciplukan. Adapun cara untuk membuat ramuan herbal ini adalah sebagai berikut :

  • Ambil beberapa buah ciplukan yang sudah matang kemudian bersihkan terlebih dahulu. Setelah itu baru dimakan langsung.
  • Jika tidak suka dengan rasanya maka buah ini dapat direbus bersama dengan air dan tunggu hingga mendidih.

Setelah dingin baru kemudian saring airnya dan minum sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Mengobati batuk

Manfaat pohon ciplukan yang kedua adalah mengobati batuk. Batuk dibagi menjadi dua jenis yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Untuk kedua jenis batuk ini dapat menggunakan daun pohon ciplukan sebagai solusi batuk. Dan batuk umumnya terjadi saat musim penghujan dimana kondisi tubuh sedang menurun sehingga rentan untuk demam dan kemudian mulai mengalami batuk. Cara mengobati batuk dengan pohon ciplukan ini adalah dengan menggunakan daunnya. Rebus daun ciplukan kemudian saring airnya untuk diminum. Ada juga manfaat bawang merah untuk batuk dan manfaat lemon dan madu untuk madu.

3. Kudis

Kudis merupakan salah satu penyakit kulit yang dapat pindah melalui sentuhan langsung. Penyebab dari kudis ini adalah tungau yang masuk kedalam kulit. Tungau ini memiliki ukuran kecil sehingga tidak kasat mata. Setelah tungau masuk maka dalam beberapa jam akan muncul ruam pada kulit. Ruam ini terjadi kainat feses dari tungau tersebut. Ditambah lagi kudis dapat membuat kulit Anda terasa sangat gatal dan hal ini tentu sangat menganggu sekali. Untuk itu penanganan kudis harus segera dan cepat dilakukan. Adapun cara alaminya adalah dengan pohon ciplukan. Gunakan daunnya dan balurkan pada bagian kulit yang ruam tersebut. Sebelum dibalurkan pastikan Anda telah menghaluskan daun ciplukan terlebih dahulu.

4. Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang terjadi akibat produksi kelenjar minyak yang banyak dan aktif. Karena itu pori – pori menjadi  tertutup sehingga menimbulkan peradangan yang kemudian dikenal dengan jerawat. Umumnya jerawat juga sering terjadi pada para remaja. Sebenarnya jerawat bukanlah suatu penyakit kulit yang serius. Namun jerawat dapat menganggu penampilan seseorang. Mulai dari jerawat itu sendiri hingga bekas jerawat. Terkadang jerawat meninggalkan bekas hitam pada kulit dan bekasnya tersebut sulit sekali untuk dihilangkan. Butuh waktu bertahun untuk memudarkannya. Selain itu ada juga jaringan parut yang tinggal dikulit. Dimana dikenal dengan istilah bopeng. Bopeng ditandai dengan adanya cekungan pada kulit sehingga kulit menjadi tidak mulus.

Cara penanganan yang tepat untuk mengatasi jerawat ada baiknya menggunakan bahan alami. Tujuannya adalah untuk mencegah ketergantungan pemakaian obat untuk kulit. Salah satu bahan alaminya adalah pohon ciplukan. Pohon ini dapat dimanfaatkan daunnya dengan cara dihaluskan terlebih dahulu. Setelah itu gunakan sebagai masker untuk wajah yang berjerawat. Dan diamkan selama beberapa menit baru kemudian dibilas. Ada juga bahan alami lainnya seperti manfaat nature e dan manfaat baking soda untuk mengatasi jerawat.

Nah, itulah beberapa manfat pohon ciplukan untuk mengatasi masalah kesehatan. Anda dapat memanfaatkannya dengan cara yang tepat seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Selamat mencoba dan semoga sesuai dengan yang di harapkan.

, ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.