15 Manfaat Akar Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

Pepaya banyak dimanfaatkan buahnya untuk dimakan secara langsung maupun digunakan sebagai sayur. Selain buahnya, pepaya juga dimanfaatkan bunganya untuk membuat tumis, dan daunnya untuk lalapan. Namun siapa sangka, bahwa akar dari tanaman pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Tentu saja sudah tidak asing lagi jika buah pepaya memiliki berbagai manfaat makan pepaya untuk kesehatan terutama untuk pencernaan dan untuk kesehatan tubuh karena vitamin dan berbagai kandungan lain di dalamnya. Tetapi, selain buahnya yang memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, akar dari pepaya juga memiliki berbagai kandungan yang juga baik untuk kesehatan.

Kandungan Dalam Akar Pepaya

Akar dalam suatu tanaman berperan penting dalam mencari makanan untuk tanaman yang ditopangnya. Sehingga memang sudah tidak diragukan lagi sebenarnya, apabila akar tanaman memiliki berbagai kandungan yang juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Seperti akar pepaya yang memiliki berbagai kandungan dianataranya:

  • Papain
  • Karpain
  • Zat glikosida
  • Sianogenetik
  • Fitokinase
  • Kimopapain
  • kalsium maleat
  • Asam Malat

Karena kandungan senyawa yang terdapat di dalam akar pepaya tersebut, akar pepaya dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai jenis penyakit.

Manfaat Akar Pepaya

Sebenarnya, dibeberapa daerah akar pepaya sudah ada yang memanfaatkan akar pepaya untuk pengobatan sejak jaman nenek koyang. Akan tetapi, secara umum memang manfaat akar pepaya untuk kesehatan belum banyak dikenal. Adapun beberapa manfaat akar pepaya untuk kesehatan, diantaranya:

  1. Mengatasi Penyakit Ginjal

Ginjal sebagai organ tubuh yang digunakan untuk menyarng darah memang harus selalu baik dan dijaga kesehatannya, agar dapat melakukan penyaringan darah secara lancar yang nantinya darah akan disirkulasikan ke seluruh bagian tubuh. Banyak cara untuk menjaga kesehatan ginjal, yang paling utama yakni dengan banyak mengkonsumsi air putih, namun ketika ginjal sudah mulai terganggu, Anda dapat mengatasinya dengan memanfaatkanair rebusan akar pepaya. Air ini akan membantu mengatasi penyakit ginjal yang terjadi.

  1. Mengatasi Penyakit Kandung Kemih

Ketika buang air kecil dan merasakan sakit, maka salah satu penyebabnya bisa jadi terkena masala pada kandung kemih. Obat alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kandung kemih yakni dengan akar pepaya. Mencampurkan bawang putih dalam rebusan akar pepaya dapat membantu mengatai masalah yang terjadi pada kandung kemih. Manfaat kelapa merah juga kerap kali digunakan untuk mengatasi gangguan kandung kemih.

  1. Mengatasi Cacingan

Penyakit cacingan merupakan penyakit yang rentang menyerang anak-anak. Cacingan meming bukan jenis penyakit yang terlihat, akan tetapi hanya dapat dilihat penderitanya yang tetap kurus meskipun sudah mengkonsumsi banyak makanan. Selain meminum obat cacing secara rutin 6 bulan sekali, mengatasi cacingan juga dapat diatasi dengan memanfaatkan air rebusan akar pepaya yang dicampur bawang putih.

  1. Sebagai Obat Rematik

Penderita rematik yang memang sebagian besar adalah kaum lanjut usia, akan merasakan nyeri pada bagian persendian. Terkadang meminum obat rematik hanya dapat meredakan sedikit rasa nyeri pada bagian persendian. Ramuan selain obat rematik yang dapat ditemukan di toko obat herbal mulai menjamur di indonesia untuk penderita rematik yakni air rebusan akar pepaya.

  1. Menyembuhkan Malaria

Malaria merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh nyamuk malaria. Jika tidak segera diatasi, malaria dapat membahayakan nyawa. Mengatasi malaria dapat dilakukan dengan memanfaatkan akar pepaya. Perasan akar pepaya yang diberikan pada pasien malaria dapat membantu proses penyembuhan sakit malaria. a

  1. Mengobati Ambeien

Ambeien yang sudah bengkak dan membesar dapat menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman ketika sedang beraktivitas pada bagian anus. Cara alami mengatasi ambeien dapat dilakukan dengan meminum rebusan campuran akar pepaya, daun sambiloto, dan juga temulawak. Konsumsi secara rutin dan ambeien akan dapat mengecil. Anda juga dapat memanfaatkan manfaat daun suji untuk wasir.

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol

Terlalu banyak kandungan kolesterol di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Salah satu cara mudah untuk mengatasi tingginya kadar kolesterol dalam tubuh yakni sama dengan mengobati ambeien, yakni dengan meminum air rebusan akar pepaya, daun sambiloto dan juga temu lawak. Cara lain adalah dengan manfaat sambiloto untuk kolesterol.

  1. Mengatasi Keputihan

Keputihan yang disebabkan oleh jamur pada area kewanitaan dapat menyebabkan area kewanitaan memiliki bau tak sedap. Mengatasi keputihan biasanya menggunakan daun sirih. Namun, selain memanfaatkan daun sirih, ada juga bahan alami lain yang juga dapat digunakan untuk mengatasi yakni akar pepaya.

  1. Mengatasi Diare

Penyembuhan diare banyak dilakukan dengan meminum obat diare. Selain meminum obat diare, diare juga dapat diatasi dengan meminum rebusan air akar pepaya. Kandungan di dalam akar pepaya dapat dengan cepat mengatasi diare. Namun, meskipun sudah dilakukan pengobatan solusi diare, kebersihan makanan dan pola makan harus tetap diperhatikan agar tidak kembali mengalami diare.

  1. Mengatasi Panas Dalam

Mengalami panas dalam memang bukan masalah yang serius, akan tetapi dapat menyebabkan berbagai aktivitas terganggu. Selain memanfaatkan minuman penyegar dan ati panas dalam, panas dalam juga dapat diatasi dengan akar pepaya. Akar pepaya memiliki kandungan yang dapat membantu meredakan panas dalam yang terjadi. Manfaat cincau hitam juga baik untuk mengatasi panas dalam.

  1. Mengatasi Gigitan Ular

Racun pada gigitan ular dapat cepat merambat ke seluruh tubuh apabila tidak segera diatasi atau ditangani. Penanganan harus membawa korban gigitan ular ke rumah sakit terkadang memakan waktu lama yang menyebabkan racun sudah menyebar. Menghambat penyebaran racun akibat gigitan ular dapat dilakukan dengan akar pepaya. Akar pepaya memang tidak dapat mengatasi racun gigitan ular dengan efektif, akna tetapi dapat menghambat penyebaran racun yang ditimbulkan akibat gigitan ular.

  1. Mengatasi Sakit Pada Saat Haid

Haid merupakan aktivitas rutin bulanan yang dialami oleh wanita. Akan tetapi, lain wanita lain pula haid yang dialami, baik tempo waktunya maupun kondisi tubuhnya. Ada yang tetap biasa saja ketika melakukan aktivitasnya, ada juga yang kesakitan karena nyeri yang ditimbulkan. Mengatasi obat nyeri haid selain menggunakan obat anti nyeri dapat dilakukan dengan obat alami yakni akar pepaya. Akar pepaya dapat membantu melancarkan peredaran darah sehingga aliran darah menjadi lancar dan tidak terasa nyeri lagi.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan stroke dan berbagai penyakit lainnya. menurunkan darah tinggi biasanya dengan mengkonsumsi obat rutin untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Selain obat, menurunkan tekanan darah tinggi biasanya juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah yang dapat menurunkan tekanan darah seperti buah melon dan buah semangka. Selain kedua cara tersebut, ada cara lain untuk menurunkan tekanan darah tinggi, yakni dengan meminum air rebusan akar pepaya dan menggunakan manfaat timun untuk darah tinggi dan manfaat pete untuk darah tinggi.

  1. Mengatasi Jerawat

Banyak orang yang rela membayar mahal untuk mengatasi jerawat yang dialami. Karena jerawat tidak hanya menjadikan penampilan kurang percaya diri namun juga terasa perih dalam beberapa keadaan tertentu. Cara hemat dan mudah untuk mengatasi jerawat sebenarnya dapat dengan memanfaatkan akar pepaya.

  1. Melancarkan Buang Air Kecil

Akar tanaman pepaya dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Dengan ginjal yang sehat, sirkulasi darah menjadi lancar dan penyaringan urin juga menjadi lancar. Secara tidak langsung, memanfaatkan akar pepaya tidak hanya dapat menjaga kesehatan ginjal saja, namun juga dapat digunakan untuk melancarkan buang air kecil, sehingga dapat terhindar dari anyang-anyangan yang disebabkan karena kurang minum air putih dan masalah yang terjadi pada ginjal. Meningkatkan kesehatan ginjal dapat dioptimalkan dengan menggunakan manfaat kumis kucing untuk batu ginjal dan manfaat peterseli untuk ginjal.

Secara ilmiah, menggunakan akar pepaya untuk mengatasi masalah kesehatan memang belum diteliti lebih jauh. Akan tetapi, berdasarkan beberapa daerah yang sudah memanfaatkan akar pepaya untuk mengatasi masalah kesehatan, dapat  membantu mencegah penggunakan obat kimia yang berlebih. Selain itu, akar pepaya juga banyak ditemukan dan mudah dicari, serta tika memerlukan biaya mahal. Semoga bermanfaat . . .