6 Manfaat Daun Cabai Untuk Payudara Wanita

Jika daun paprika yang memiliki kandungan racun didalamnya sehingga harus diolah lebih hati hati, daun cabai terbilang lebih mudah diolah dan efek sampingnya juga tidak terlalu banyak untuk pengobatan. Meski kandungan di dalam daun cabai tidak sebanyak buah cabai, namun tetap ampuh digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit termasuk juga untuk perawatan kecantikan. Beberapa kandungan dalam daun cabai yang sangat baik untuk kesehatan diantaranya adalah manfaat zat besi, kalsium, serat, mengandung antiseptik untuk membunuh bakteri, tanin, antiseptik untuk mengatasi keracunan makanan, capsaicin untuk mengatasi penyakit jantung dan beberapa kandungan kimia lain didalamnya. Dari sekian banyak manfaat daun cabai, ternyata ada juga manfaat daun cabai untuk payudara yang beberapa diantaranya akan kami jelaskan berikut ini.

  1. Mencegah Kanker Payudara

Dalam penelitian sudah dibuktikan jika kandungan capsaicin yang ada di dalam daun cabai jika digunakan secara teratur bisa digunakan sebagai solusi kanker payudara. Bahan aktif yang terkandung dalam daun cabai akan mengatur beberapa proses dalam sel yang menjaga jaringan agar tetap sehat. Salah satu mekanisme penting dari sel adalah kemampuan untuk mengatur aktivitas telomerase yakni enzim yang bertanggung jawab pada perpanjangan umur sel sehingga memungkinkan sel tersebut untuk bereplikasi sebanyak beberapa kali dan kandungan di dalam daun cabai bisa mengatur telomerase karena kandungan anti inflamasi dan sumber antioksidan untuk memperkuat sel jaringan payudara.

  1. Meningkatkan Kekebalan

Dalam daun cabai mengandung manfaat antioksidan yang sangat penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Daun ini juga mengandung anti bakteri, anti jamur dan juga anti virus yang sangat penting untuk melindungi tubuh dari batuk, pilek dan flu selama sedang menyusui.

  1. Mengurangi Peradangan

Banyak wanita yang tidak bisa menyusui bayi karena kelenjar susu tersumbat dan mengalami pembengkakan sehingga akan terasa sangat sakit ketika menyusui. Kandungan dalam daun cabai ini sangat baik untuk mengurangi rasa sakit pada payudara termasuk juga untuk peradangan yang terjadi di seluruh tubuh sehingga nantinya proses menyusui bisa dilakukan dengan baik.

  1. Mengatasi Stretch Mark dan Kendur

Seiring dengan pertambahan usia dan fluktuasi berat badan, stretch mark akan sering terjadi di beberapa bagian tubuh termasuk area payudara yang sekaligus juga membuat payudara jadi mengendur. Untuk mengatasi ini, berbagai produk yang mengandung manfaat kolagen bisa digunakan untuk mengatasi masalah payudara tersebut dan salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan daun cabai.

  1. Mencegah Fibrosis

Fibrosis adalah pertumbuhan jaringan berlebih yang membentuk benjolan kecil pada payudara. Biasanya, benjolan ini akan terasa kenyal, keras dan juga padat ketika disentuh. Masalah ini biasanya terjadi pada wanita berumur antara 20 hingga 50 tahun. Sama halnya seperti kista, fibrosis ini tidak akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara namun tetap harus diatasi untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang bisa dilakukan dengan menggunakan daun cabai karena sumber antioksidan yang ada didalamnya.

  1. Mengatasi Peradangan Payudara

Peradangan payudara atau dalam istilah kedokteran disebut dengan mastitis juga bisa diatasi dengan menggunakan daun cabai. Mastitis tersebut bisa terjadi karena infeksi payudara disebabkan bakteri yang masuk ke saluran payudara. Penyakit payudara ini bisa disembuhkan salah satunya dengan menggunakan antibiotik seperti yang juga terkandung dalam daun cabai sekaligus mengurangi rasa sakit di area payudara anda. Meski mastitis ini memang tidak akan meningkatkan risiko lebih besar seperti kanker payudara, akan tetapi kanker payudara inflamasi dengan gejala sama seperti mastitis tetap harus diwaspadai dan sebaiknya segera periksakan ke dokter jika tidak pulih sesudah lebih dari seminggu menggunakan daun cabai namun mastitis belum juga sembuh.