12 Manfaat Dance Cardio untuk Kesehatan Jantung dan Paru-Paru

Sekarang ini banyak sekali pilihan untuk berolahraga. Ada yang lebih memilih untuk melakukan jogging di pagi hari, ada yang lebih suka melakukan olahraga intensif di gym tapi sepertinya kebanyakan wanita saat ini lebih tertarik dengan jenis olahraga yang menggabungkan tarian dengan gerakan senam dan salah satunya adalah dance cardio. Jenis olahraga ini dianggap cukup menyenangkan sehingga mereka yang melakukannya tidak merasa terpaksa malah sebaliknya mereka akan merasa enjoy dan dengan senang hati melakukannya.

Apa Itu Dance Cardio?

Cardio sebenarnya berasal dari kata cardiovascular yang artinya berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Jadi awalnya senam cardio ini memang ditujukan untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Namun dalam perkembangannya banyak penelitian lanjutan yang menunjukkan manfaat dance cardio yang lebih dari sekedar untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Seperti namanya, cardio yang berasal dari kata cardiovascular yang berarti senam ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Karena salah tujuan gerakan-gerakan senam cardio adalah untuk melatih otot-otot jantung agar dapat berfungsi optimal. Selain itu juga dalam proses senam berlangsung akan mempercepat detak jantung dan melatih jantung.

  1. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Tak hanya baik untuk kesehatan jantung, ketika fungsi jantung bekerja secara optimal maka sistem pembuluh darahpun akan bekerja secara maksimal.

  1. Membantu Membakar Lemak Secara Optimal

Gerakan-gerakan dance cardio memang dapat membantu mengoptimalkan pembakaran lemak. Namun tentunya untuk hasil yang optimal harus dilakukan secara rutin dalam jangka panjang.

  1. Cocok Bagi Anda yang Sedang Menjalankan Diet Penurunan Berat Badan

Jika Anda sedang dalam proses menjalankan diet penurunan berat badan melakukan dance cardio bisa membantu mengoptimalkan proses penurunan berat badan. Namun seperti yang disebutkan di poin sebelumnya harus dilakukan secara rutin setidaknya 2 sampai tiga kali seminggu selama kurang lebih 1 jam setiap sesinya.

  1. Membentuk Otot

Memiliki tubuh yang ideal tentunya adalah impian semua orang. Berat badan yang turun saja tidak cukup harus diikuti dengan otot-otot yang terbentuk dengan baik. Kebanyakan gerakan dance cardio bertumpu pada otot-otot besar terutama bagian kaki dan lengan sehingga memang cocok untuk pembentukan otot.

  1. Memperbaiki Kondisi Paru-paru

Jika selama ini Anda sering terterpa debu, polusi bahkan mungkin asap rokok melakukan dance cardio bisa membantu memperbaiki kondisi paru-paru karena dalam prosesnya Anda diharuskan untuk bergerak dengan aktif sehingga sistem pernapasan juga harus ikut bekerja keras.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Ketika fungsi jantung dan pembuluh darah bekerja secara optimal maka dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Ketika sirkulasi darah bekerja secara optimal maka nutrisi dapat didistribusikan dengan maksimal dan tidak menyisakan zat-zat yang dapat menyebabkan kegemukan.

  1. Mengoptimalkan Distribusi Oksigen ke Seluruh Tubuh

Selain nutrisi untuk mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh, darah juga mengangkut oksigen ke seluruh sel tubuh. Fungsi oksigen dalam sistem metabolisme sangatlah penting.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat dance cardio adalah membuat Anda memiliki massa otot yang lebih kuat tapi dengan kandungan lemak yang lebih rendah. Secara medis orang yang memiliki kondisi seperti itu akan terlihat lebih sehat dan lebih muda dengan sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih baik.

  1. Memperbaiki Mood

Memang ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi mood seseorang mulai dari tekanan pekerjaan di kantor ataupun masalah keluarga di rumah. Namun apapun itu, jika Anda mulai merasa tertekan cobalah luangkan waktu untuk melakukan dance cardio dan nikmati hasilnya karena ternyata beberapa penelitian ketika Anda bergerak aktif dapat menurunkan hormone yang menyebabkan stress sehingga Anda akan merasa lebih rileks.

  1. Menyehatkan Kulit

Jika saat ini Anda sedang mengalami beberapa masalah kulit mulai dari jerawat sampai kulit kusam cobalah melakukan olahraga secara rutin. Saat berolahraga tubuh akan menghasilkan keringat untuk membantu menyeimbangkan suhu tubuh. Ketika berkeringat, butir-butir keringat akan membawa semua kotoran yang menumpuk di pori-pori kulit yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan kulit seperti jerawat dan kulit kusam.

  1. Cocok untuk Pemula

Jika ini adalah pertama kalinya Anda melakukan olahraga karena memang Anda menyadari bahwa olahraga itu sangat penting untuk kesehatan Anda tapi bingung jenis olahraga seperti apa yang cocok untuk Anda, cobalah untuk melakukan dance cardio karena secara gerakan cukup mudah diikuti bahkan oleh para pemula sekalipun.

Dance cardio sudah cukup populer di Indonesia sehingga jika Anda tertarik untuk melakukannya tidak sulit untuk menemukan sanggar-sanggar senam yang menyediakan jadwal dance cardio. Perlu diingat jika Anda sedang melakukan diet, sebaiknya lakukan dance cardio di pagi hari kurang lebih dua jam setelah sarapan pagi yang bergizi, sehingga Anda bisa lebih leluasa untuk mengkonsumsi makanan dengan kadar seimbang di siang harinya. Sementara jika dilakukan di malam hari, sebaiknya hanya boleh mengkonsumsi buah-buahan saja.

,
Oleh :
Kategori : Olahraga