6 Manfaat Bunyi Audiosonik dan Penggunaannya Dalam Kehidupan

Apakah Anda pernah mendengar tentang bunyi audiosonik? Bunyi audiosonik atau gelombang audiosonik merupakan gelombang bunyi yang bisa ditangkap dan didengar oleh manusia. Bunyi audiosonik sendiri berada pada frekuensi 20Hz hingga 20.000Hz yang mana bisa dihasilkan oleh berbagai macam sumber yang bisa mengeluarkan getaran dan bunyi seperti benturan antar benda, percakapan manusia, peralatan musik dan lain sebagainya.

Setelah pada artikel sebelumnya dibahas mengenai manfaat gelombang bunyi secara keseluruhan, maka pada artikel kali ini akan dibahas secara lebih khusus mengenai beberapa macam manfaat bunyi audiosonik beserta dengan penggunaannya di dalam kehidupan. Simak pembahasannya di bawah ini ya.

Fungsi dan manfaat gelombang bunyi audiosonik

Seperti yang telah dijelaskan di atas, gelombang audiosonik merupakan gelombang bunyi yang dapat didengar oleh telinga manusia. Di samping bermanfaat untuk manusia secara langsung dalam komunikasi sehari-hari, terdapat manfaat atau fungsi lainnya yang tidak kalah penting. Nah, berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat gelombang bunyi audiosonik di dalam kehidupan:

  • Fungsi utama gelombang bunyi audiosonik untuk manusia paling utama adalah untuk mempermudah komunikasi, baik secara langsung ataupun dengan perantara melalui macam-macam alat komunikasi yang ada.
  • Di dalam konstruksi, gelombang bunyi audiosonik memiliki fungsi untuk menentukan bagaimana tingkat homogenitas suatu material yang digunakan yaitu dengan tes pundit yang mana sudah cukup sering digunakan.
  • Gelombang bunyi audiosonik juga dipakai untuk scanning atau melihat gambaran mengenai apakah lokasi pengeboran sudah tepat atau belum, sehingga pengeboran yang dilakukan tidak mengenai tulangan atau kerangka bangunan baja yang dipasang di dalamnya.
  • Manfaat lainnya dalam bidang konstruksi adalah untuk menguji kekuatan dari beton yang telah dipasang atau digunakan atau juga disebut dengan uji core drill, sehingga dapat memaksimalkan kualitas bangunan yang menggunakan manfaat semen sebagai beton.
  • Terciptanya berbagai peralatan canggih yang bisa digunakan manusia untuk berkomunikasi pada jarak jauh atau jarak tertentu, yang mana tidak bisa dijangkau dengan berkomunikasi secara langsung.
  • Memberikan kemudahan dan meningkatkan kewaspadaan manusia dalam mengetahui apa yang ada di sekitarnya atau kejadian apa yang terjadi di sekitarnya melalui suara khas yang muncul misalnya suara nyamuk, kecelakaan, kendaraan dan lain sebagainya.

Penggunaan gelombang bunyi audiosonik dalam kehidupan

Jadi, dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya gelombang bunyi audiosonik ini cukup berbeda dibandingkan manfaat gelombang bunyi ultrasonik maupun infrasonik. Setelah mengetahui beberapa fungsi dan manfaat bunyi audiosonik di atas, tentu saja harus mengetahui apa saja atau bagaimana penggunaannya di dalam kehidupan sehari-hari. Di bawah ini adalah beberapa contoh penggunaannya, yaitu:

  • Terciptanya alat yang bisa memancarkan atau mengeraskan suara seperti speaker, toa dan lainnya.
  • Terdapat pada suara dari musik atau lagu, instrumen musik, kentongan atau lainnya untuk didengar manusia.
  • Terdapat pada peralatan yang berfungsi untuk menyalurkan komunikasi antar manusia seperti telepon genggam pada jarak jauh.

Intinya gelombang bunyi audiosonik diperuntukkan manusia untuk meningkatkan manfaat bersosialisasi dengan orang lain melalui komunikasi yang lancar, meningkatkan kewaspadaan manusia terhadap semua yang ada dan terjadi di sekitarnya dan dalam menciptakan berbagai macam peralatan atau instrumen untuk mendukung manfaatnya untuk manusia tersebut. Demikian pembahasan mengenai berbagai manfaat bunyi audiosonik dan pemanfaatannya di dalam kehidupan manusia.