6 Manfaat Buka Puasa Dengan Air Kelapa Yang Baik Bagi Kesehatan

Bulan ramadhan merupakan salah satu bulan penuh berkah bagi pemeluk agama Islam dimana selama sebulan penuh seluruh umat muslim akan menjalani salah satu ibadah wajib yang dilakukan setiap tahunnya sebelum akhirnya nanti mendapatkan kemenangan pada hari raya idul fitri. Dalam menjalani puasa dimana tubuh tidak mendapatkan banyak asupan cairan dan makanan selama kurang lebih 12 jam pastinya menjadikan pada saat berbuka ada keinginan untuk banyak mengkonsumsi makanan maupun minuman tertentu.

Pemilihan makanan dan minuman tertentu pada saat berbuka puasa penting untuk diperhatikan agar dapat cepat mengembalikan kondisi tubuh. Salah satu jenis menu minuman yang seringkali digunakan sebagai menu berbukan puasa adalah air kelapa dengan rasa manis alami dan pastinya segar jika ditambahkan dengan es batu. Konsumsi air kelapa hanya sering dipilih karena rasa segarnya. Ternyata ada beberapa manfaat buka puasa dengan air kelapa yang dijelaskan dalam uraitan di bawah ini.

1. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Selama menjalani puasa yang berlangsung kurang lebih 12 jam tanpa adanya asupan makanan dan minuman tentu kondisi tubuh membutuhkan cairan agar cepat mengembalikan kondisi hidrasi yang baik saat berbuka puasa. Mengkonsumsi air putih memang dapat menjadi pilihan dalam mengembalikan hidrasi namun membutuhkan waktu yang cukup lama dan jumlah air yang cukup banyak. Mengkonsumsi air kelapa muda saat berpuasa ternyata dapat memberikan manfaat air kelapa dalam membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mengembalikan hidrasi dengan cepat untuk menghindari terjadinya kondisi dehidrasi di dalam tubuh.

2. Menjadikan tubuh lebih segar

Dengan kondisi tubuh yang mendapatkan hidrasi secara cepat saat mengkonsumsi air kelapa muda dapat membantu dalam menyegarkan tubuh lebih cepat juga setelah menjalani puasa seharian. Berpuasa bukan hanya soal tidak makan dan minum namun tetap harus beraktivitas dengan normal dimana cuaca di sebagian wilayah Indonesia tentu cukup terik dan panas yang dapat menyebabkan tubuh lebih lemas saat berpuasa. Dengan mengkonsumsi air kelapa muda saat berbuka puasa maka kondisi tubuh yang lemas dapat lebih segar terutama jika air kelapa dalam kondisi dingin. Rasa segar inilah yang menjadikan air kelapa salah satu menu buka puasa favorit. Dampak positif untuk buka puasa tersebut juga dapat dikombinasikan dengan manfaat buka puasa dengan kurma.

3. Mendinginkan perut dan bagian tubuh lainnya

Beberapa orang yang menjalani ibadah puasa selama satu hari penuh tentu akan sering merasakan kondisi tubuhnya yang panas dan perut juga namun bukan karena demam melainkan penyesuaian tubuh terhadap tidak adanya makanan maupun minuman yang masuk ke dalam saluran pencernaan. Manfaat buka puasa dengan air kelapa muda yang segar lainnya adalah membantu dalam mendinginkan kondisi perut dan bagian tubuh lainnya yang terjadi selama puasa seharian akibat proses di dalam tubuh serta karena adanya pengaruh dari lingkungan yang juga cukup panas cuacanya. Dampak positif ini dapat diperoleh dari manfaat air kelapa tua maupun kelapa muda.

4. Memenuhi kebutuhan nutrisi

Selama bulan puasa, makan dan minum tentu hanya dapat dilakukan saat sahur dan berbuka puasa sehingga kebutuhan akan nutrisi harian tubuh harus dipenuhi saat mengkonsumsi makanan pada waktu tersebut. Salah satu manfaat lain dari konsumsi air kelapa saat berbuka puasa adalah membantu dalam hal memenuhi setiap kebutuhan nutrisi harian tubuh yang penting untuk proses kerja di dalam tubuh secara alami. Kelapa muda memiliki kandungan gula yang rendah dengan kalori yang sedikit namun memiliki beberapa nutrisi lengkap seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin C, magnesium, kalium, sodium, bahkan kalsium yang kesemuanya dibutuhkan oleh tubuh.


5. Membantu dalam menjaga berat badan

Manfaat lainnya yang juga dapat diperoleh dari konsumsi air kelapa saat buka puasa adalah membantu dalam menjaga kondisi berat badan. Beberapa orang ketika memasuki waktu berbuka puasa setelah menjalani ibadah puasa selama seharian penuh seringkali menjadi tidak sadar dan ingin mengkonsumsi banyak makanan termasuk yang mengandung gula dan kalori tinggi. Kebiasaan tersebut dapat menyebabkan berat badan menjadi bertambah dan tidak terkontrol selama bulan puasa. Dengan konsumsi air kelapa mengantikan jenis minuman lain dengan kandungan gula tinggi dapat membantu menjaga berat badan selama bulan puasa. Dampak positif dalam menjaga berat badan ini secara spesifik diperoleh dari manfaat kelapa wulung.

6. Baik untuk penderita diabetes

Bagi penderita diabetes yang menjalani ibadah puasa tentu pengaturan pola makan harus benar benar dilakukan agar tidak menyebabkan naiknya gula di dalam darah. Salah satu manfaat buka puasa dengan air kelapa muda adalah membantu dalam menjaga agar kandungan gula darah tidak melonjak tinggi pada penderita diabetes. Air kelapa dalam penelitian bahkan mampu menurunkan kadar gula darah dan menjaga kesehatan penderita diabetes. Dampak positif tersebut dapat diperoleh dari manfaat air kelapa hijau bagi kesehatan.

Itulah beberapa manfaat buka puasa dengan air kelapa muda yang mungkin  belum banyak diketahui meskipun menjadi salah satu menu berbuka yang favorit. Meskipun bermanfaat, konsumsi air kelapa dengan kandungan elektrolit tinggi sebaiknya dihindari bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit ginjal atau penderita gagal ginjal karena dapat memberikan dampak yang buruk pada kesehatannya.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan