10 Manfaat Buah Yang Berwarna Merah Tinggi Akan Antioksidan

Seperti yang kita ketahui jika cara terbaik untuk mendapatkan banyak nutrisi sehat dari makanan berasal dari buah serta sayuran seperti salah satunya buah buahan yang berwarna merah. Buah berwarna merah seperti semangka, strawberry, bit, apel, plum, jambu merah, manfaat buah anggur merah, raspberry, tomat dan buah merah lainnya tidak hanya nikmat dan segar untuk dinikmati, namun juga memberikan banyak nutrisi penting seperti serat, vitamin C, vitamin A, asam ellagic, hesperidin dan sebagainya yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Ada banyak manfaat buah yang berwarna merah dan beberapa diantaranya akan kami ungkap dalam artikel dibawah ini.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Buah berwarna merah seperti ceri memiliki kandungan serat tinggi khususnya bagian kulit. Selain itu, ceri juga mengandung vitamin C serta potasium yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi sehingga sangat disarankan dikonsumsi setiap hari.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Strawberry yang termasuk buah berwarna merah sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan juga berkhasiat untuk wanita di masa subur. Kandungan asam folat dalam buah ini akan menurunkan risiko bayi lahir cacat yang disebut dengan cacat tabung saraf. Selain itu buah merah seperti strawberry juga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik yakni vitamin C sehingga bisa meningkatkan imunitas tubuh secara alami.

  1. Membunuh Sel Kanker

Berbagai buah buahan berwarna merah seperti cranberries sudah terbukti sebagai buah solusi kanker sekaligus menghentikan bakteri menempel pada dinding perut sekaligus mencegah bakteri H pylori yang bertanggung jawab pada banyak jenis penyakit seperti maag, luka lambung dan sebagainya.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Buah merah seperti raspberry mengandung serat tinggi sehingga sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi sehingga juga disarankan untuk dikonsumsi sesering mungkin.

  1. Membuat Perut Kenyang Lebih Lama

Buah merah seperti apel dan semangka sangat tinggi akan manfaat antioksidan, flavonoid dna juga serat makanan yang sangat penting untuk membuat perut terasa kenyang lebih lama. Fitonutrien dan antioksidan dalam buah merah juga sangat baik untuk menurunkan risiko hipertensi serta diabetes.

  1. Mengurangi Radang

Buah merah seperti ceri, anggur merah, bit dan sebagainya juga sangat baik dikonsumsi karena mengandung kadar asam sedang untuk digunakan sebagai sumber energi. Antioksidan dalam buah merah juga baik untuk mengurangi rasa sakit karena artitis, membangun kepadatan tulang dan mengatasi berbagai radang.

  1. Menurunkan Risiko Gangguan Mata

Dalam buah merah juga mengandung likopen yang merupakan karotenoid pemberi warna merah pada buah serta sayuran. Ini sangat ampuh untuk menurunkan risiko beberapa jenis kanker, penyakit jantung sekaligus menurunkan risiko degenerasi makula atau gangguan mata terkait usia.

  1. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Buah merah juga mengandung quercetin yang merupakan flavonoid pemberi warna merah pada buah dan sayur dengan khasiat sebagai penurun beberapa jenis kanker seperti kanker usus besar sekaligus mengurangi gejala alergi pernapasan seperti solusi batuk dan asma dengan cara mencegah pelepasan histamin dari sistem kekebalan tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Buah merah juga mengandung vitamin B6 yang sangat baik dalam meningkatkan transmisi sinyal saraf dan membantu kelancaran sistem saraf. Selain itu, buah merah juga membantu pertumbuhan otak secara normal dan memperbaiki mood yang mempengaruhi hormon. Tryptophan yang merupakan senyawa asam amino dalam buah berwarna merah akan membantu dalam produksi serotonin neurotransmitter untuk memperbaiki kualitas tidur dan meningkatkan konsentrasi.

  1. Mencegah Osteoporosis

Mengkonsumsi buah buahan berwarna merah akan memberikan tindakan anabolik serta anti resorptuf yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Buah berwarna merah juga akan menghambat kerusakan jaringan tulang sekaligus mencegah penyakit osteoporosis, mendorong pembentukan tulang dan juga memperbaiki kepadatan tulang.

Tidak hanya nikmat dan segar ternyata ada begitu banyak manfaat buah yang berwarna merah untuk tubuh bahkan untuk mengatasi berbagai penyakit kronis yang dihasilkan dari antioksidan tinggi penghasil warna merah pada beberapa jenis buah berwarna merah serta sayuran berwarna merah.